Home / Berita Utama / UIN Suska Riau adakan Pembekalan Aplikasi Penguji SKB CPNS Tahun 2019
WhatsApp Image 2020-09-10 at 12.26.34 (1)

UIN Suska Riau adakan Pembekalan Aplikasi Penguji SKB CPNS Tahun 2019

uin-suska.ac.id Kamis (10/09/2020) UIN Suska Riau adakan Pembekalan Aplikasi Penguji SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) CPNS( Calon Pegawai Negeri Sipil) tahun 2019 di lantai III gedung PTIPD UIN Suska Riau. Pembekalan ini di lakukan untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan yang mungkin timbul pada saat ujian berlangsung agar tidak merugikan peserta ujian. Ujian SKB ini rencananya akan di selenggarakan pada tanggal 14-24 September 2020. Peserta Ujian akan di uji oleh 2 orang penguji dengan 20 soal dan di berikan waktu 30 menit untuk menyelesaikan jawaban. Setelah peserta menyelesaikan soal dan lansung dikoreksi oleh penguji.

Pelaksanaan  SKB ini terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama test  praktik kerja, yang kedua test psikotes dan yang ketiga test wawancara. Test praktik kerja ini membutuhkan waktu 4 hari yaitu dari tanggal 14-17 september 2020. Test psikotes dilaksanakan 1 hari yakni pada tanggal 18 September 2020. Test wawancara dilaksanakan 3 hari mulai dari tanggal 19-21 september 2020. Sedangkan pada tanggal 23 – 24 September 2020 itu adalah hari cadangan yang disediakan oleh pemerintah pusat jika terjadi force majeure atau keadaan yang terjadi di luar kemampuan manusia.

Untuk UIN Suska Riau sendiri Peserta SKB berjumlah 100 orang, 86 orang untuk Calon Dosen/Tenaga Pendidik dan 14 Peserta sebagai calon Tenaga Kependidikkan.  Untuk Penguji dari UIN Suska Riau ada lima Team penguji untuk praktik kerja dan tujuh team penguji untuk wawancara. Setiap satu team terdiri dari dua orang penguji.

WhatsApp Image 2020-09-10 at 12.26.34 (4)

Karena dalam masa pandemik covid 19 pelaksanaan peserta ujian SKB di serahkan oleh pemerintah pusat kepada Kementrian Agama Kabupaten Kota. Untuk 100 orang peserta SKB UIN Suska Riau tersebar di beberapa lokasi di seluruh Indonesia, dan yang terbesar ada di Kementrian Agama kota Pekanbaru. Kementrian agama Kota Pekanbaru menunjuk MAN 3 sebagai titik  lokasi peserta SKB. Peserta SKB di MAN 3 Pekanbaru berjumlah 62 orang dan 38 orang lagi tersebar di beberapa kabupaten Kota atau Provinsi lainya.

WhatsApp Image 2020-09-10 at 12.26.34 (2)

Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin S.Ag, M.Ag sebagai salah satu Team penguji sangat mengapresiasi aplikasi yang telah di sediakan oleh pemerintah pusat ini “ Aplikasi nya sudah sangat bagus dan para penguji sudah sangat terbantu dalam memberikan penilaian apabila di berikan nilai sangat bagus maka range nilai otomatis muncul 80-100 jadi penguji  sangat mudah memberikan nilai dan tidak terjadi kekeliruan” ujar beliau. Rektor juga memberikan pesan kepada peserta ujian agar peserta ujian bisa menghadapi ujian dengan sebaik-baiknya” Untuk peserta ujian agar meningkatkan kompetensinya, kemudian agar melakukan kegiatan-kegiatan yang positif untuk kesiapan mental terutam, jangan lupa berdo’a saya rasa semua peserta do’any sama yaitu pengen sukses karena saingan untuk merebutkan satu kursi ada tiga orang berdo’a dengan khusyuk semoga Allah SWT memilih anda sebagai abdi Negara tahun ini” tambah Rektor UIN suska Riau.

Dengan diadakan pembekalan aplikasi ini semoga tidak ada terjadi kesalahan teknis ketika ujian berlangsung sehingga tidak ada pihak yang di rugikan dan ujian berjalan dengan lancar’’’

Penulis                 : Sukmawati

Photographer   : Indah Puspita Sari

Editor                   : Kasubag Humas

About Jasnida Jasnida

Check Also

IMG-20200825-WA0014

Simulasi Ujian CAT PMb Jalur Mandiri Tahap II

uin-suska.ac.id UIN Suska Riau kembali menggelar simulasi ujian CAT tahap II dalam rangka persiapan Ujian …