Home / Berita Utama / FTK VIRTUAL CONFRENCES SERIES–10 ; ENGLISH LEARNERS CHARACTER BUILDING IN THE ERA COVID-19 PANDEMIK
WhatsApp Image 2020-10-08 at 13.17.27

FTK VIRTUAL CONFRENCES SERIES–10 ; ENGLISH LEARNERS CHARACTER BUILDING IN THE ERA COVID-19 PANDEMIK

uin-suska.ac.id Bertempat di Pisang Goreng Kipas Kuantan II Café, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska Riau kembali mengadakan Virtual Conference Series 10 (VC-10). Tema yang di usung pada Virtual  Conferences kali ini : “ English Learners Character Building In The Era Covid-19 Pandemik” via Zoom, Kamis (08/10/2020). Moderator pada Virtual Conferences kali ini adalah Rizky Gushendra, S.Pdi., M.Ed. Discussant yakni Abdul Hadi, S.Pd., M.A, Ph.D. sedangkan Key Not Speaker dalam VC ini ada tiga orang narasumber yakni: Dr. Faurina Anastasia, S.S., M.Hum, Drs. H. Kaloyo Hasibuan, M.Ed Tesol dan Muhammad Fauzan Ansyari, S.Pdi., M.Sc. Acara ini secara langsung dibuka oleh Dekan FTK, Dr. H.M. Syaifuddin, S.Ag, M.Ag. yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Walaupun kondisi sekarang ini seluruh dunia dilanda pandemik Covid-19, hendaknya kita sebagai insan berpendidikan terus aktif belajar walaupun menggunakan sarana media belajar melalui online”e. ungkap Syaifuddin.

WhatsApp Image 2020-10-08 at 13.17.28 (1) WhatsApp Image 2020-10-08 at 13.17.29

Sementara itu narasumber pertama yakni Ibu Dr. Faurina Anastasia, S.S., M.Hum dengan topik “Character Education Remote Learning During The Covid 19 Pandemic”. Dalam penjelasannya menyampaikan bahwa dengan adanya penerapan peraturan lockdown di hampir seluruh penjuru dunia dikarenakan penyebaran virus pandemic covid-19, maka proses pembelajaran memaksa kita semua untuk terus belajar dengan menggunakan aplikasi secara online yang ada, sehingga proses pembelajaran dapat terus berjalan. Ungkapnya

Narasumber kedua Bapak Drs. H. Kaloyo Hasibuan, M.Ed Tesol dengan Tema: “ Membangun Karakter Mahasiswa Dalam Belajar Selama Pandemi Covid-19 Melalui Pengembangan Pembelajaran Digital Berbasis LMS”. Dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwa kemunculan wabah pandemi Covid-19 menyebabkan penerapan metode pembelajaran daring tidak terelekkan, Peralihan ke pembelajaran daring mendadak menuntut tenaga pendidik dan peserta didik mengembangkan literasi digital mereka, dan pembelajaran secara daring membuat sebagian peserta didik termasuk mahasiswa belum menunjukkan perilaku yang positif terhadap pembelajaran daring selama wabah Covid-19 ini. Penerapan pembelajaran daring membutuhkan kesiapan kompetensi literasi digital tenaga pendidik dan peserta didik, ketersediaan infrastruktur dan media pembelajaran digital secara online. Ketidaksiapan tersebut mengakibatkan peserta didik/mahasiswa memiliki karakter yang kurang positif dalam belajar yang ditandai dengan karakter mereka yang kurang percaya diri,  kurang semangat, kurang sungguh-sungguh, kurang aktif, kurang disiplin, kurang partisipatif, dan kurang bertanggung jawab dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Sedangkan narasumber ketiga yakni Bapak Muhammad Fauzan Ansyari, S.Pdi., M.Sc dengan tema “Googlification and Web Skills For Language Learning” dalam paparan materinya menyampaikan bahwa “seluruh penduduk di dunia sekarang ini sebagian besar sudah memiliki handphone yang dapat digunakan sebagai sarana dalam pembelajaran baik itu melalui Google Resoursis, zoom, dan lain-lain”, sehingga dapat memudahkan dalam proses pembalajaran”.Ungkapnya.

WhatsApp Image 2020-10-08 at 13.18.04 WhatsApp Image 2020-10-08 at 13.18.05 WhatsApp Image 2020-10-08 at 13.18.04 (1)

Penlis : Mukhtarsyah, S.Hi
Editor : M. Huzaini

About Jasnida Jasnida

Check Also

WhatsApp Image 2020-10-20 at 10.51.00 (1)

UIN Suska Riau : Adakan Pembinaan ASN Secara Virtual

uin-suska.ac.id,  Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah profesi bagi Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Pemerintah dengan …