Home / Berita Utama / Fakultas Psikologi UIN Suska Riau Taja Kuliah Umum virtual dengan tema “Self Regulated Learning Mahasiswa dalam Menghadapi Pembelajaran Daring”
WhatsApp Image 2020-10-13 at 08.50.38

Fakultas Psikologi UIN Suska Riau Taja Kuliah Umum virtual dengan tema “Self Regulated Learning Mahasiswa dalam Menghadapi Pembelajaran Daring”

uin-suska.ac.id  Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau selalu berupaya memberikan layanan akademik dan non-akademik dengan sungguh-sungguh di masa pandemi Covid-19. Salah satu layanan akademik yang dilakukan yaitu pelaksanaan Kuliah Umum secara virtual menandai dimulainya perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2020/2021 oleh Fakultas Psikologi UIN Suska Riau, Selasa (13/10/2020).

Kuliah Umum via aplikasi Zoom di tautan https://zoom.us/j/93590912011?pwd=dUIwU0t0a2pmU2x2bUFBQVdCczhHZz09 yang wajib diikuti seluruh mahasiswa baru Fakultas Psikologi ini,  mengangkat tema “Self Regulated Learning Mahasiswa dalam Menghadapi Pembelajaran Daring” dengan narasumber  Yulita Kurniawaty Asra, S.Psi., M.Psi., Psikolog (Kandidat Doktor dari UIN Suska Riau).

WhatsApp Image 2020-10-13 at 15.48.40 (1)

Wakil Dekan I Fakultas Psikologi bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Yasmaruddin, Lc, MA saat membuka kuliah umum memperkenalkan para pimpinan fakultas serta para dosen dan program studi yang ada di Fakultas Psikologi dan meminta para mahasiswa baru agar dapat mengikuti acara kuliah umum ini sampai selesai karena berisi penjelasan mengenai prodi dan tata cara perkulihan secara daring. “Saya berharap  mahasiswa baru dapat mengikuti Kuliah umum sampai dengan selesai agar ananda sekalian bisa mengetahui proses belajar secara daring itu seperti apa“, tutur Yasmaruddin.

WhatsApp Image 2020-10-13 at 15.48.41 (1)

Sementara itu, Yulita Kurniawaty Asra, S.Psi., M.Psi., Psikolog selaku narasumber menjelaskan bahwa self regulated learning adalah usaha aktif dan mandiri mahasiswa dalam proses biasanya dengan cara memantau, mengatur dan mengontrol kognisi, motivasi dan perilaku yang diorientasikan atau diarahkan pada tujuan belajar. “Kuliah daring merupakan perkuliahan dengan menggunakan akses internet. Media pembelajaran dibuat dan dirancang untuk dapat diberikan kepada mahasiswa secara online. Materi  dibuat dalam bentuk soft file, video atau audio. Satu hal yang pasti adalah setiap mahasiswa harus dipastikan memiliki kemampuan untuk mengakses setiap materi yang akan disampaikan”, jelas narasumber kuliah umum tersebut.

WhatsApp Image 2020-10-13 at 15.48.40

WhatsApp Image 2020-10-13 at 15.48.41

Diharapkan seluruh mahasiswa baru bisa mengikuti Perkuliahan secara daring untuk menghindari penyebaran Covid-19. Hal ini mengikuti anjuran Pemerintah tentang Bencana Nasional penyebaran virus corona.Semoga pandemi ini cepat berlalu dan proses perkulihan bisa berjalan normal kembali seperti sediakala.

Penulis             : Sukmawati

Photographer   : Sukmawati

Editing                        : kasubag humas

About Jasnida Jasnida

Check Also

WhatsApp Image 2020-10-20 at 10.51.00 (1)

UIN Suska Riau : Adakan Pembinaan ASN Secara Virtual

uin-suska.ac.id,  Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah profesi bagi Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Pemerintah dengan …