Home / Berita Utama / Webinar Nasional Predatech: Dari Ilmu Data, Bioinformatics Hingga User Experience Hadir di UIN Suska Riau pada Masa Pandemi
IMG-20201016-WA0012

Webinar Nasional Predatech: Dari Ilmu Data, Bioinformatics Hingga User Experience Hadir di UIN Suska Riau pada Masa Pandemi

 

uin-suska.ac.id – Puzzle Research Data Technology (PREDATECH) Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUSKA Riau merupakan sebuah organisasi yang bergerak dibidang Machine Learning yang hingga saat ini terus berkembang. Pada tahun 2020, Predatech sudah melaksanakan beberapa kegiatan, diantaranya adalah Predatech Creation and Inspiration of Technology (Precision). Precision saat ini telah memasuki tahun ke-empat, dimana pada tahun ini teknis pelaksanaan kegiatan Precision berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu dilaksanakan secara online karena bertepatan dengan kondisi pandemi Covid-19. Salah satu kegiatan yang ada di Precision 2020 diantaranya adalah kegiatan Webinar Nasional yang dilaksanakan sebanyak 5 tema berbeda-beda dan Pembicara yang berasal dari berbagai instansi dan perguruan tinggi terkemuka yang ada di Indonesia.

IMG-20201016-WA0011

Precision 2020 tahun ini suskses menyelenggarakan webinar dengan total peserta sebanyak 7.005 peserta yang terdaftar untuk 5 Webinar Nasional yang telah diselengarakan. Pendaftaran dilakukan melalui Google Form maupun Dicoding yang berasal dari kalangan Mahasiswa/i dan Dosen dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia serta kalangan masyarakat umum dari berbagai Provinsi di seluruh Indonesia. Webinar perdana dilaksanakan pada tanggal 08 September 2020 dengan tema “Machine Learning and Deep Learning”, Pada Webinar ini, Tim Predatech mengundang Ismail Fahmi, Ph.D yang merupakan Pencipta Drone Empirit Indonesia dan praktisi akademik Surya Agustian, S.T., M.Kom dari UIN Sultan Syarif Kasim Riau dan juga Doctoral Students di Tokyo Institute of Teknology, Japan. Webinar yang selanjutnya yang dilaksanakan pada tanggal 15 September 2020, Tim Predatech mengundang Narasumber yang berasal dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr. Eng. Wisnu Ananta Putra, M.T. dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Efendi Zaenudin, M.T., Ph.D (C), dengan tema “Big Data and Bioinformatics Research” dimana dalam webinar ini dibahas mengenai Isu yang terkait dengan perkembangan riset – riset virus SARS-Cov-2 atau disebut wabah COVID-19.

IMG-20201016-WA0008

Diminggu yang ketiga webinar yang dilaksanakan pada tanggal 22 September 2020, Tim Predatech mengundang Pemateri yaitu Dr. Masayu Leylia Khodra, S.T., M.T. dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Dr. Yeni Herdiyeni, S.Si., M.Komp. dari Institut Pertanian Bogor (IPB), dengan tema Webinar “Research and Applied Artificial Intelligence and Data Mining”. Minggu ke-4 atau pada tanggal 29 September 2020 Tim Predatech mengundang Narasumber yaitu Dr. Ir. Yaya Heryadi, M.Sc. yang merupakan Dosen dari Universitas Bina Nusantara dan Dr. Eng. Ayu Purwarianti, S.T., M.T. dari Associate Professor ITB serta Head of AI Center (PUI-PT AI-VLB) ITB dengan tema webinar “Fundamental and Research Big Data Analytic”. Adapun pada webinar terakhir yang dilaksanakan pada tanggal 06 Oktober 2020 dengan Narasumber pertama Hafiz Budi Firmansyah, ST., M.Sc. yang merupakan Dosen di Institut Teknologi Sumatera dan Narasumber kedua Rezky Mai Candra, ST., M.Sc. UX Researcher di HyNusantara serta Dosen Teknik Informatika UIN Sultan Syarif Kasim Riau yang bertemakan “UX Design Research”.

IMG-20201016-WA0010

Kelima Webinar ini dapat dikatakan sukses, karena dilihat dari antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan ini. Diharapkan dengan adanya kegiatan Webinar ini, seluruh peserta yang berasal dari kalangan Mahasiswa/i dan Dosen serta masyarakat umum dari berbagai Provinsi di seluruh Indonesia, dapat meningkatkan pengetahuan serta wawasan terkait dengan masing-masing tema yang ada pada webinar. Bagi peserta yang tidak mengikuti kegiatan ini dari awal, maka peserta dapat melihat tayangan ulang pada YouTube Channel Predatech Official.

Kegiatan yang dilaksanakan secara full online ini mampu menarik simpati dari beberapa dosen dan praktisi di Indonesia, terutama narasumber yang dihadirkan memiliki kapasatas keilmuan yang mumpuni serta pakar dibidangnya masing-masing. Mustakim selaku ketua predatech mengucapkan terima kasih kepada para narasumber yang telah meluangkan waktu untuk memberikan sharing ilmunya di UIN Suska Riau terutama Komunitas Riset Predatech. Perguruan tinggi ternama seperti IPB, ITB, Binus, UIN Suska Riau dan Itera, Mahasiswa doktoral dari kampus Jepang serta Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, memiliki peran penting dalam kegiatan webinar nasional ini, terbukti dalam setiap sesi webinar mecapai sedikitnya 1.200 peserta. Dekan fakultas sains dan teknologi UIN Suska Riau yang diwakili oleh WD 1 Dr. Alex Wenda meyatakan bahwa kegiatan seperti ini menjadi nilai jual tersendiri bagi UIN Suska Riau untuk lebih dikenal di Indonesia. Predatech hadir mengisi disetiap agenda kegiatan meski masa pandemi belum usai.

Wakil dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Zaitun juga menuturkan, komunitas yang beranggotakan Dosen dan Mahasiswa FST ini selalu mempunyai warna tersendiri di Fakultas Sains dan Teknologi. Selain kegitan webinar, komunitas ini selalu memberikan sumbangsih kepada UIN Suska Riau seperti publiaski ilmiah, perlombaan dan berbagai kegiatan sosial. Zaitun menuturkan, dengan dilaksanakannya webinar nasional ini menjadi daya dobrak lagi FST untuk kedepannya sehingga para dosen dan mahasiswa untuk tetap aktif dalam melaksankan kegiatan Tri Dharma.

 

Penulis : Mustakim

Editor : Jasnida

 

About Jasnida Jasnida

Check Also

WhatsApp Image 2020-10-20 at 10.51.00 (1)

UIN Suska Riau : Adakan Pembinaan ASN Secara Virtual

uin-suska.ac.id,  Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah profesi bagi Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Pemerintah dengan …