Home / Berita Utama / KOMISI APARATUR SIPIL NEGARA (KASN) PUSAT BINA APARATUR SIPIL NEGARA DI LINGKUNGAN UIN SUSKA RIAU
Untitled

KOMISI APARATUR SIPIL NEGARA (KASN) PUSAT BINA APARATUR SIPIL NEGARA DI LINGKUNGAN UIN SUSKA RIAU

uin-suska.ac.id Dalam rangka peningkatan SDM di lingkungan UIN Suska Riau terutama bagi ASN, UIN Suska Riau kembali mendapat pembinaan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) RI, Jumat (23/10/2020). Hadir dalam kegiatan yang digelar secara vitual via Zoom ini, Rektor UIN Suska Riau, Ketua Senat, Sekretaris Senat, Ketua dan Sekretaris Dewan Kehormatan, Wakil Rektor I, II dan III, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas, Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana, Kepala Biro AUPK dan AAKK, Ketua/Kepala LPPM, LPM dan SPI, Wakor Kopertais Wilayah XII Riau-Kepri, Para Kepala UPT, Para Ketua dan Sekretaris Jurusan Serta Para Kabag dan Kasubag di lingkungan UIN Suska Riau.

Acara yang dibuka langsung oleh Rektor UIN Suska Riau ini menghadirkan Asisten Komisioner – KASN, Sumardi, SE, CA, M.Si sebagai narasumber yang memaparkan materi tentang Sistem Manajemen ASN, SDM Aparatur dan Nilai Dasar, Kode Etik ASN.

WhatsApp Image 2020-10-23 at 15.58.33

Menurut Sumardi, ASN mempunyai peran yang sangat mulia dalam menyonsong government effectiveness sehingga Sumber Daya Manusia (SDM) ASN harus ditingkatkan. “SDM menjadi titik berat, menjadi penekanan pemerintah saat ini. Pemerintah ingin sekali membangun Indonesia dengan SDM yang unggul”, ujarnya.

WhatsApp Image 2020-10-23 at 15.59.41 WhatsApp Image 2020-10-23 at 16.02.22

Selain itu, Sumardi juga menjelaskan ada 15 pokok  nilai dasar, 12 pokok kode etik dan kode perilaku yang harus dipedomani ASN. Adapun 15 nilai dasar tersebut yaitu memegang teguh ideologi Pancasila, setia dan mempertahankan UUD 1945 serta pemerintah yang sah, mengabdi kepada negara dan rakyat Indonesia,menjalankan tugas secara profesional dan tidak memihak, menciptakan ligkungan kerja yang nondiskriminatif, kepastian hukum, memelihara dan menjunjung tinggi standar dan etika yang luhur, mempertanggungjawabkan tindakan dan kinerjanya kepada publik, memiliki kemampuan  dalam melaksanakan kebijakan dan program pemerintah, memberikan layanan kepada publik secara jujur, tanggap, cepat, tepat, akurat berhasil guna dan santun, mengutamakan kepemimpinan berkualitas tinggi, menghargai komunikasi, konsultasi dan kerjasama, mengutamakan pencapaian hasil dan mendorong kinerja pegawai, mendorong kesetaraan dalam pekerjaan dan meningkatkan efektifitas sistem pemerintah yang demokratis. “Terang Sumardi”.

Untitled. Untitled..

Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin, S.Ag., M.Ag dalam arahannya berharap dengan adanya acara ini, semua ASN mendapatkan pencerahan  tentang sistem manajemen ASN untuk dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas sehingga bisa melaksanakan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku. “Titik fokus kita ada pada bagaimana SDM ASN, nilai dasar dan kode etik ASN, dengan pencerahan ini semoga diakhir masa tugas kita sebagai ASN dengan jabatan yang diamanahkan, kita selamat dunia dan akhirat”, Ujar Mujahidin.

Penulis : Azmi

Foto : Lasma Sari

Editor : M. Huzaini

About Jasnida Jasnida

Check Also

WhatsApp Image 2020-10-22 at 13.19.08 (1)

FTK Virtual Conference Series 11 : Pengembangan Model Penciptaan Suasana Keberagamaan di SDIT Pekanbaru

uin-suska.ac.id,  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska Riau kembali mengadakan Virtual Conference Series 11 …