web analytics

FGD FORUM WAKIL REKTOR III/WAKIL KETUA III PTKIN SE-SUMATERA HADIRKAN KASUBDIT SARPRAS DAN KASI KEMAHASISWAAN KEMENAG RI

uin-suska.ac.id Hari terakhir kegiatan Focus Grup Discussion (FGD) Forum Wakil Rektor III/Wakil Ketua III menghadirkan Kasubdit Sarpras, Rukhman Basori dan Kasi Kemahasiswaan, Amiruddin Kuba dari Kementerian Agama (Kemenag) RI Jakarta. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang rapat Senat Rektorat UIN Imam Bonjol Padang berlangsung pada Rabu (09/06/2021). FGD hari terakhir ini lebih fokus membahas bagaimana PTKIN kedepan membangkitkan minat dan bakat mahasiswa dalam berbagai lomba dan cabang.

WhatsApp Image 2021-06-09 at 13.46.40

WhatsApp Image 2021-06-09 at 13.46.04

Kasubdit Sarpras, Rukhman Basori dalam arahannya menyampaikan kegiatan Pekan Kreativitas ini beriringan juga dengan kegiatan yang diadakan di zona Jawa dan zona Indonesia Timur (Poros Intim). “Wakil Rektor III dan Wakil Ketua III PTKIN se-Sumatera diharapkan menjadi wajah baru PTKIN dimana Wakil Rektor III dan Wakil Ketua III adalah ibu bapaknya Mahasiswa. Kami dari Kemanag sangat berbahagia bisa bertemu dengan anak-anak Sumatera dan memantapkan desain-desain pengembangan PTKIN, salah satunya pemantapan PTKIN pasca pengembangan IAIN menjadi UIN. Sekarang kita ingin memperbanyak Guru Besar, menciptakan  Kampus Merdeka berarti merdeka dalam bidang keuangan, kurikulum dan hal lain. Kedepannya kita buat Grand Desain Pembinaan Kemahasiswaan dimana setiap mahasiswa baru wajib masuk Ma’had Al-Jami’ah”. jelas Rakhman.

WhatsApp Image 2021-06-09 at 13.47.19

Selanjutnya kampus juga harus memfasilitasi Kemandirian Ekonomi yaitu memberikan kesempatan mahasiswa untuk berwirausaha dalam berbagai bidang. “Beri mereka Pelatihan dan Magang ke Perusahaan atau UMKM serta Pusat Kreativitas Mahasiswa (PKM) harus ada di setiap PTKIN. Sedangkan masalah Sarpras Mahasiswa harus diupayakan dengan lengkap untuk memfasilitasi minat dan bakat mahasiswa dalam berbagai cabang lomba dan Pertandingan”. Tegas Rakhman.  Kedepan Rakhman berharap PIONIR akan dipecah menjadi dua bentuk, dimana tahun 2022 akan dilaksanakan Olimpiade Agama dan Riset (OASE) khusus bidang Akademik yang direncanakan Bulan Oktober 2022, sementara itu untuk bidang Seni dan Olahraga (PESONA) akan dibuat tahun berikutnya.

WhatsApp Image 2021-06-09 at 13.59.09

WhatsApp Image 2021-06-09 at 13.59.50

Sementara itu, Kasi Kemahasiswaan Amiruddin Kuba dalam sambutannya mengatakan kedepannya berencana akan mengadakan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Mahasiswa PTKIN, pemberian Apresiasi Prestasi Mahasiswa yakni pemberian reward atas prestasi-prestasi yang diperoleh mahasiswa secara Nasional. Lebih lanjut Kasi Kemahasiswaan melihat Publikasi secara massif di PKM ini masih kurang, kedepan kegiatan besar seperti ini harus dipublikasikan secara besar-besaran agar diketaui masyarakat secara Internasional. “Kita juga adakan Pelatihan Moderasi Beragama untuk mahasiswa secara Tingkat Nasional serta setiap prestasi mahasiswa harus dibuatkan daftarnya (list) menggunakan Google form guna diajukan untuk memperoleh penghargaan”, tegas Amiruddin.

 

Penulis : M. Huzaini

Editing  : Nurazmi