Home / Berita Utama / PRODI TADRIS IPA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUSKA RIAU LAKUKANA REVIEW KURIKULUM
WhatsApp Image 2020-11-14 at 09.19.43

PRODI TADRIS IPA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUSKA RIAU LAKUKANA REVIEW KURIKULUM

uin-suska.ac.id dalam rangka pengembangan dan peningkatan kualitas pengajaran di tingkat perguruan tinggi Program Studi Tadris IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau mengadakan review kurikulum pada Jum’at (13/11/2020) dengan tema “Evaluasi Kurikulum Prodi Tadris IPA untuk Mencetak Lulusan Unggul dan Berkualitas” dengan narasumber  Dr. Insih Wilujeng, M.Pd. Dosen Universitas Negeri Yogyakarta. Review Kurikulum dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dengan meeting ID : 841 7136 1900 Passcode: tipa. Selain lewat zoom meeting Review kurikulum juga bisa di lihat di yotube Tadris IPA.

Kegiatan review kurikulum ini di buka langsung oleh Wakil dekan I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Drs. Alimuddin, M.Ag., “review kurikulum ini adalah siklus lima tahunan seharusnya review kurikulum ini seharusnya kita lakukan pada tahun 2019 namun karena ada sesuatu hal makanya baru bisa kita adakan tahun 2020 ini namun di balik keterlambatan itu ada hikmah di balik itu semua sehingga menguntungkan bagi kita untuk ini mereview kurikulum ini. Kurikulum ini Insyallah akan kita berlakukan pada tahun ajaran 2021-2022” ujar Alimuddin dalam sambutanya.

WhatsApp Image 2020-11-14 at 09.19.44 (1) WhatsApp Image 2020-11-14 at 07.49.51

Review kurikulum ini juga dihadiri oleh Kepala Kementrian Agama provinsi Riau yang di wakili oleh bapak Drs. H. Asmuni, MA selaku Kepala Bidang Pendidikan Madrasah di Riau, dalam sambutannya menyampaikan bahwa “kami menyambut baik review kurikulum yang di adakan oleh prodi Tadris IPA UIN Suska Riau untuk memajukan pendidikan madrasah khususnya IPA di Provinsi Riau’”ujar Asmuni.

Narasumber Dr. Insih Wilujeng, M.Pd dalam paparannya mengatakan bahwa “Struktur kurikulum berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) untuk setiap program studi itu struktur nya harus ada visi dan misi dan saya lihat pada prodi tadris IPA sudah ada bahkan sudah di lengkapi dengan visi misi fakultas dan universitas. Tetapi sebaiknya visi misi fakultas dan universitas di halaman terpisah karena dalam satu fakultas itu memiliki beberapa program studi jadi format kurikulum di setiap program studi itu langsung masuk ke visi misi program studi. Kemudian landasan teologi, landasan yuridis, dan landasan umum di dalam pengembangan kurikulum itu miliknya fakultas saja karena fakultas memiliki beberapa program studi. Jadi yang sifat nya pendahuluan visi misi fakultas terpisah kemudian baru masuk ke visi misi program studi’ ujar wilujeng.

WhatsApp Image 2020-11-14 at 09.19.43 (1) WhatsApp Image 2020-11-14 at 09.19.44

Untuk melihat lebih jelas lagi review kurikulum yang di lakukan Prodi Tadris IPA ini bisa di buka di yutube Tadris IPA. Pelaksanaan review kurikulum ini diharapkan dapat membuat kurikulum yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan para stakeholders.

Penulis             : Sukmawati

Photografer     : Indah Puspita Sari

Edditing           : M. Huzaini

About Jasnida Jasnida

Check Also

WhatsApp Image 2020-10-22 at 13.19.08 (1)

FTK Virtual Conference Series 11 : Pengembangan Model Penciptaan Suasana Keberagamaan di SDIT Pekanbaru

uin-suska.ac.id,  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska Riau kembali mengadakan Virtual Conference Series 11 …