Home / Berita Utama / PSGA UIN SUSKA RIAU LAKSANAKAN PELATIHAN PEMBUATAN MASKER BERSULAM
22

PSGA UIN SUSKA RIAU LAKSANAKAN PELATIHAN PEMBUATAN MASKER BERSULAM

uin-suska.ac.id Menyikapi situasi pandemi Covid 19,  yang mengakibatkan kegiatan berkumpul tidak dianjurkan, Pusat Studi gender dan Anak (PSGA) UIN Suska Riau tetap bergerak memberdayakan masyarakat lewat pelatihan-pelatihan yang bersifat virtual/online.  Seiring dengan kebutuhan sekarang ini, kegiatan pemberdayaan masyarakat  yang dilaksanakan adalah pelatihan membuat masker yang berhias sulaman tangan (handmade). Menurut Sukma Erni, Ketua PSGA UIN Suska Riau kegiatan ini dipilih adalah untuk meningkatkan keterampilan khususnya perempuan  untuk membuat dan mendesain sendiri hiasan masker yang disukainya. Pada masa pandemi  covid 19 masker adalah bagian dari kebutuhan hidup untuk tetap menjaga kesehatan, tegas erni.

Kegiatan ini diikuti oleh  50 orang peerta perempuan yang sebagian besar adalah ibu rumah tangga dan tersebar di seluruh kecamatan yang ada kota pekanbaru. Harapannya kegiatan ini dapat  membantu masyarakat meningkatkan kreativitas yang berpeluang ekonomi. Dengan modal yang murah dapat dan dikerjakan dari rumah disela waktu pekerjaan yang ada, ibu-ibu rumahtangga yang telah ikut pelatihan dapat memiliki produk bermanfaat.

Dalam pelaksanaannya, PSGA UIN Suska Ria bekerjasama dengan Anak Kreatif Gallery dibawah pimpinan ibu Rima. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 minggu dimulai sejak Oktober kemaren dengan pola online. Pertemuan virtual melalui zoom meeting hanya dilakukan 2 kali ketika pembukaan dan penutupan kegiatan. Sedangkan proses kegiatan lebih banyak dilaksanakan melalui Whatsap Group untuk memantau hasil yang telah dikerjaan oleh pada peserta.

Bu Rima sebagai tutor kegiatan menyatakan kegembiraannnya dengan hasil yang posting oleh para peserta.  Beliau  juga mengharapkan kegiatan pelatihan seperti ini dapat lebih banyak lagi diselenggarakan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, sehingga  masyarakat tetap memiliki peluang usaha dan meningkatkan penghasilan dalam rumah tangga meski ditengah pandemic seperti sekarang.

11

Dari beberapa hasil pelatihan yang tampak, pihak pengabdi dan anak kreatif gallery akhirnya memberi doorprize bagi karya terpilih. Menutup kegiatan pelatihan, Sukma Erni menegaskan bahwa kendati kita berada pada situasi khusus kegiatan pemberdayaan tetap harus dilaksanakan. Harapan besar tentunya semakin intens kita memberdayakan masyarakat lewat sejumlah kegiatan maka semakin muncul kreativitas masyarakat kita,  “saya juga mengucapkan terimakasih yang tak terhingga pada semua peserta tertutama bu Rima dari  Anak kreatif  gallery yang telah membantu  keterlaksanaan kegiatan pelatihan ini, mudah2an usaha kita ini  mendatangkan manfaat besar dan menjadi ibadah, aamiin, tutup erni.

 

Sumber : Humas UIN Suska Riau

Penulis : Salmiah (Tim Pengabdi PSGA UIN Suska Riau

Editor    : M. Huzaini

About Jasnida Jasnida

Check Also

WhatsApp Image 2020-10-22 at 13.19.08 (1)

FTK Virtual Conference Series 11 : Pengembangan Model Penciptaan Suasana Keberagamaan di SDIT Pekanbaru

uin-suska.ac.id,  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska Riau kembali mengadakan Virtual Conference Series 11 …