Home / Berita Utama / Rumah Moderasi Beragama UIN Suska Riau Ujung Tombak Implementasi Moderasi Beragama di UIN Suska riau
20201209_152305

Rumah Moderasi Beragama UIN Suska Riau Ujung Tombak Implementasi Moderasi Beragama di UIN Suska riau

uin-suska.ac.id Launching Rumah Moderasi Beragama UIN Suska Riau pada Selasa (8/12/2020) adalah sejarah baru dalam kelembagaan UIN Suska Riau yang memberikan penegasan bahwa civitas akademika dan kabiro serta jajaran sudah dinyatakan clear secara persoalan moderasi beragama. Rumah Moderasi Beragama UIN Suska Riau sebagai instrumen moderasi beragama sudah selesai dan menjadi ujung tombak bagaimana menginplementasikan moderasi beragama di UIN Suska Riau.
Hal ini disampaikan Plt Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. Suyitno, M.Ag saat menjadi narasumber pada FGD Launching dan Penguatan Program Kerja Rumah Moderasi Beragama UIN Suska Riau di Hotel Pangeran Pekanbaru.
“Semua unsur civitas akademika mulai hari ini akan kita screening dipastikan moderat termasuk mahasiswa baru harus dipastikan clear secara moderasi beragama”. Ungkap Suyitno.
Menurut beliau, untuk memajukan Fakultas islamic studies juknis pola penerimaan mahasiswa baru selain dengan tetap Computer Based Test (CBT) perlu ditambah dengan pola undangan khusus untuk alumni Pondok Pesantren dan Madrasah Aliyah yang berprestasi. ¬¬¬¬“Dengan adanya bibit yang tafaqquh fiddin dan penetapan pengurus Rumah Moderasi Beragama, disinilah masa depan Rumah Moderasi Beragama yang akan mendiklat bibit-bibit untuk penguatan Islam Wasathiyah”, Ujar Suyitno.
Beliau juga mengajak civitas akademika untuk menerapkan prinsip-prinsip moderasi yaitu dengan saling mengenal (Taaruf), menciptakan suasana, saling menyayangi (Tahabbu), berterima kasih (Tashaddaqu), saling memahami (Tafahabu), mudah berempati dan toleran (tasabbu) yang tidak mudah emosional.
“Mudah-mudahan Rumah Moderasi Beragama UIN Suska Riau menjadi icon dan contoh. Kita bercita-cita seluruh PTKIN yang ingin studi banding Rumah Moderasi Beragama, datangnya ke UIN Suska Riau”. Tutupnya.
Dua narasumber lain yang juga tampil pada FGD ini yaitu Dr. H. Suryan A Jamrah, MA menyampaikan materi Optimalisasi Nilai-nilai Budaya yang Moderat dan Toleran dan Dr. H. Mahrus Elmawa, MA dengan materi Penguatan Program Kerja Rumah Moderasi Beragama di PTKI.
Penulis : Nurazmi, S.Si
Editor : Jasnida
Foto : M. Huzaini

About Jasnida Jasnida

Check Also

1

Pelantikan Ormawa… Fakultas Tarbiyah dan keguruan awali tahun baru 2021

uin-suska.ac.id  Senin 18/01/2021 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan melantik Sema (Senat Mahasiswa ,) Dema (Dewan Mahasiswa …