Home / Berita Utama / UIN SUSKA RIAU LAUNCHING RUMAH MODERASI BERAGAMA KE 23 SE-PTKIN
IMG-20201209-WA0015

UIN SUSKA RIAU LAUNCHING RUMAH MODERASI BERAGAMA KE 23 SE-PTKIN

 

uin-suska.ac.id Moderasi beragama yang selalu di dengung-dengungkan oleh pemerintah terutama Kementerian Agama Republik Indonesia. Sehingga Kementerian Agama terus melakukan diseminasasi moderasi pada seluruh elemen masyarakat dan menggesah untuk membentuk dan mendirikan Rumah Moderasi Beragama (RMB) diperguruan tinggi. Selasa (08/12/2020) bertempat di Hotel Pangeran Pekanbaru UIN Suska Riau melalui kegiatan Focus Group Discussion (FGD) melakukan Launching Rumah Moderasi Beragama. Launching ini sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Struktur Kepengurusan Rumah Modesari Beragama UIN Suska Riau No. 0615/R/2020 pada bulan januari 2020.

IMG-20201209-WA0006
Ketua panitia Dr. Azni, M.Ag dalam laporannya menyampaikan bahwa launching Rumah Moderasi Beragam untuk UIN Suska ini sebenar sudah lama tertunda akibat pandemic Covid-19, karena secara de jure januari 2020 sudah dikeluarkan SK-nya oleh Rektor. Untuk kegiatan hari ini kita laksanakan llaunching sekaligus seminar dalam bentuk FGD dengan empat orang narasumber yang handal dan berpengalaman diantaranya Wakil Menteri Agama Drs. H. Zainut Tauhid Sa’adi, MA, Prof. Dr. Suyitno, M.Ag, Dr. Suryan A. Jamrah, MA dan Dr. Mahrus, MA. Sedangkan peserta terdiri dari Pimpinan UIN Suska Riau, perwakilan organisasi keislaman, Organisasi Kemasyarakatan, Pemerintahan, Akademisi, dan media.

 

IMG-20201209-WA0004
Sementara itu Plt. Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. Suyitno, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal Pertama bahwa launching RMB di UIN Suska Riau merupakan bentuk komitmennya dengan kementerian Agama yang salah satu menstrimnya menjadi corbisnis dalam memastikan RMB tersebut bejalan dengan lancar dan launching ini merupakanan yang ke 23 se-PTKIN. Kedua bahwa launching RMB ini merupakan komitmen civitas akademika UIN Suska Riau akan pentingnya RMB ini hadir dalam rangka kepentingan akademik dan realitas sosial yang beragam ditengah-tengah masyarakat. Ketiga bahwa hari ini selain launching RMB kita juga akan melakukan MoU dengan beberapa jajaran yang kita harapkan setelah launching nanti RMB lansung action, namun yang lebih penting adalah adanya program yang riil dan follow up yang jelas dari RMB, tegas Prof. Suyitno. Lebih lanjut Prof. Suyitno menyampaikan bahwa sesuai dengan konsep diktis setidaknya RMB ini ada tiga visi yakni berorientasi pada kajian riset moderasi beragama, pendampingan dengan beberapa forum keagamaan dan RMB bisa digunakan sebagai tempat diklat tentang moderasi beragama bagi semua tenaga pendidik dan kependidikan ASN dan khususnya masyarakat provinsi riau.

IMG-20201209-WA0014
Wakil Menteri Agama Drs. H. Zainud Tauhid Sa’adi, MA dalam arahannya menegaskan kembali peran perguruan tinggi keagaam Islam sebagai institusi akademik yang sejatinya mengembangkan islam washathiyah yakni Islam yang toleran, damai atau Islam Rahmatan Lil’alamin oleh sebab itu kehadiran RMB ini dapat menjadi tempat penyelesaian terhadap problem-problem kemasyarakatan dan kebangsaaan. Lebih lanjut wakil menteri agama berharap dengan RMB ini akan lahir riset-riset yang akan menjadikan rujukan bagi masyarakat bagaimana cara berpikir, bersikap dan berperilaku yang moderat, serta riset-riset yang keagamaan terapan yang akan memandu masyarakat hidup ditenga-tengah pluralitas bangsa. Dipenghujung sambutan wakil menteri agama menyampaikan bahwa dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohin RMB UIN Suska Riau Resmi dibuka.
Dipenghujung kegiatan pembukaan launching RMB UIN Suska Riau yang menerapkan protokol kesehatan mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak, Plt. Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. Suyitni, M.Ag langsung melaksanakan penanda tanganan MoU dengan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau dan Kesbangpol Riau.

20201208_093945(0)
Penulis : M. Huzaini
Editor : jasnida
Foto : Azmi

About Jasnida Jasnida

Check Also

1

Pelantikan Ormawa… Fakultas Tarbiyah dan keguruan awali tahun baru 2021

uin-suska.ac.id  Senin 18/01/2021 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan melantik Sema (Senat Mahasiswa ,) Dema (Dewan Mahasiswa …