WEBINAR BAHASA ARAB INTERNASIONAL : PBA UIN SUSKA RIAU KERJASAMA DENGAN IKATAN PENGAJAR BAHASA ARAB (IMLA) INDONESIA

uin-suska.ac.id.Dalam rangka memperingati hari bahasa Arab se-Dunia yang jatuh pada tanggal 18 Desember, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Susk Riau Taja seminar Internasioal dengan Tema “Bahasa Arab di Indonesia : Pandangan dari Luar’. Seminar yang dilaksanakan Rabu (16/12/2020) merupakan rangkaian dari beberapa kegiatan yang diselenggarakan IMLA Indonesia pusat, yang pelaksanaanya diamanahkan kepada beberapa IMLA wilayah bekerja sama dengan jurusan Bahasa Arab setempat, dimana salah satu yang mendapat amanah tersebut adalah IMLA Riau bekerjasama dengan jurusan PBA UIN Suska Riau.

Ac13ara yang diselenggarakan secara virtual tersebut dibuka lansung oleh ketua IMLA Indonesia Dr. Thulus Musthafa, dosen bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Jogyakarta. Dalam sambutannya Dr. Thulus Mushtafa menyampaikan langkah-langkah strategis menuju kebangkitan bahasa Arab di Indonesia.

Seminar yang diikuti hampir tiga ratus peserta ini, menghadirkan tiga orang pembicara yang semuanya dari manca negara. Pembicara pertema adalah Dr. Ali Abdullah Musa, Sekretaris Jendral Persatuan Bahasa Arab Internsional yang berpusat di Dubai yang juga Sekretaris Jendral Majlis Bahasa Arab Internasional yang berpusat di Beirut. Dalam presentasinya, orang nomor satu pada dua lembaga bahasa Arab Internasional tersebut  mengatakan bahwa Indonesia dengan ribuan Madrasah dan pondok pesantrennya yang mengajarkan bahasa Arab, merupakan negara dengan potensi pengembangan bahasa Arab yang luar biasa. Maka untuk mengoptimalkan petensi tersebut Dr. Ali menyarankan beberapa hal, diantaranya pengkaderan secara serius anak-anak muda yang menguasa Bahasa Arab dengan baik untuk menjadi model dan teladan bagi yang lain. Selain itu, perlu pelatihan bagi para guru dengan terlebih dahulu dilakukan uji kompetensi.

WhatsApp Image 2020-12-18 at 09.38.52

Pembicara kedua Dr. Sayyid Mushtofa Ubeid, Dosen linguistik pada Fakultas Adab dan Ilmu-ilmu Humaniora Universitas Qanat Suez Mesir. Dalam penyampainannya Dr. Sayyed mengatakan bahwa bangsa Indonesia merupakan diantara bangsa yang sangat mencintai bahasa Arab. Ditambahkannya bahwa dalam konteks peningkatan bahasa Arab di Indonesia, Dr. Sayyid melihat perlunya politik bahasa.

WhatsApp Image 2020-12-18 at 09.38.52 (1)

Sedangkan pembicara ketiga Dr. Abang Hazimin bin Abang Toha, Direktur Pusat Bahasa Universitas Sri Begawan dan ketua Lembaga Bahasa Arab Brunai Darusslam. Pria yang merupakan alumni Sudan ini mempresentasikan peluang kerjasama antara Indoenesia dengan Brunei Darussalam dalam mengembangkan bahasa Arab dan pembelajarannya. Beliau juga menyampaikan bahwa akademisi-akademisi yang berperan dalam pengembangan bahasa Arab di Brunai Darussalam, banyak yang berasal dari Indonesia. Salah satunya adalah Dr. Gamal Abdul Naser yang merupakan Alumni jurusan PBA IAIN Suska sendiri.

2 - Copy

Di penghujung Acara, Ketua IMLA Riau yang juga Ketua Jurusan PBA UIN Suska Riau, Dr. H. Jon Pamil, S.Ag., MA diberi kesempatan oleh moderator Za’imul Umam yang merupakan mahasiswa Pascasarjana PBA UIN Suska Riau, untuk menyampaikan sekapur sirih. Dalam sambutannya Kajur PBA selain meyampaikan ucapan terimakasih dan permohonan ma’af, juga memperkenalkan sekilas kampus UIN Suska Riau. Diantara yang diperkenalkan adalah bahwa nama kampus ini terambil dari nama Raja terakhir kesultanan Siak Sri Indrapura yang juga salah satu pahlawan RI. Kajur PBA juga memperkenalkan bahwa UIN Suska Riaub terdiri dari Delapan Fakultas disamping Fakultas Pasca sarjana, dengan enam puluh lebih jurusan serta tiga puluh ribu lebih mahasiswa.

WhatsApp Image 2020-12-18 at 09.38.52 (2) 12

2

Penulis          : Jon Pamil

Fhotografer  : Nurazmi

Editor           : M. Huzaini

About Jasnida Jasnida

Check Also

Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau dan UIN SGD Bandung Taja Webinar Internasional bekerjasama dengan universitas di Abu Dhabi dan Jerman

uin-suska.ac.id Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sultan Syarif  Kasim (Suska) Riau dan FST UIN …