web analytics

UIN SUSKA RIAU DALAM PENILAIAN WEBOMETRICS 2021

uin-suska.ac.id Mengawali Tahun 2021, UIN Suska Riau menempati rangking ke-7 di lingkungan PTKIN yang berjumlah 58 Perguruan Tinggi yang terdiri dari 17 UIN 34 IAIN dan 7 STAIN dan peringkat ke 84 dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia dari 2.136 Perguruan Tinggi (Dikti. Kemendikbud.go.id). versi perangkingan webometrics yang dirilis Januari lalu.

Baca : UIN Suska dalam Penilaian Webometrics 2020

Webometrics merupakan sistem perankingan perguruan tinggi se-dunia berbasis website yang didirikan sejak 2004. Lembaga ini menerbitkan peringkat universitas setiap 2 kali setahun, yaitu pada Januari dan Juli. Pemeringkatan di Webometrics dilakukan oleh Cybermetrics Lab yang merupakan kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones CientĂ­ficas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol. Sementara itu, para editornya adalah para ilmuwan yang bekerja di satu lembaga penelitian publik kelas dunia dengan pengalaman panjang dalam evaluasi yang dipandu metrik.

Ada 4 indikator yang digunakan webometrics dalam penilaian untuk pemeringkatan PTS dan PTN: 1. Presence (bobot 5%) Kriteria ini merupakan jumlah halaman website dari domain web utama–termasuk seluruh subdomain yang ada di perguruan tinggi. Sumbernya dari Google. 2. Visibility (bobot 50%) Visibility merupakan jumlah eksternal link unik yang terhubung ke domain web perguruan tinggi (dinormalisasi dan kemudian nilai rata-rata). Sumber datanya dari Ahrefs Majestic. 3. Transparency/Openness (bobot 10%) Kriteria ini merupakan jumlah kutipan dari 210 penulis teratas. Datanya bersumber dari Google Scholar. 4. Excellence or Scholar (bobot 35%) Kriteria ini merupakan jumlah 10 persen makalah teratas yang paling banyak dikutip dari masing-masing 26 disiplin ilmu, dilihat dari seluruh database untuk periode 5 tahun (2014-2018). Sumbernya dari Scimago.

 

Penulis : Azmi

Editor : Kasubag Humas