Home / Berita Utama / SEMBILAN PRODI DI FTK UIN SUSKA RIAU MoA DENGAN FTIK IAIN BATUSANGKAR
IMG-20210219-WA0020

SEMBILAN PRODI DI FTK UIN SUSKA RIAU MoA DENGAN FTIK IAIN BATUSANGKAR

uin-suska.ac.id Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska Riau kembali menjalin kerjasama dengan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Batusangkar Sumatera Barat, Kamis (18/2/2021). Kerjasama dalam bentuk Memorandum of Agreement (MoA) ini melibatkan seluruh Program Studi (Prodi) yang memiliki kesamaan di masing-masing institusi. Tampak hadir pada  kegiatan yang dilaksanakan di lantai II gedung FTK UIN Suska Riau ini segenap pimpinan kedua institusi mulai dari Dekan, Wakil Dekan, Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi  protokol Covid-19.

 

Kegiatan yang  dilaksanakan pada Kamis (18/02/2021) bertempat di lantai dua gedung FTK UIN Suska Riau ini Tampak hadir segenap pimpinan kedua institusi mulai dari Dekan, Wakil Dekan, Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi.  Meskipun dalam kondisi Covid 19 kegiatan ini tetap dilaksnakan secara offline dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid 19.

Dekan FTIK IAIN Batusangkar Dr. Adripen, M. Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa pertemuan ini bukan hanya sekedar MoA, namun lebih kepada forum rembuk yakni apa lagi yang bisa kita kerjakan secara bersama berikutnya karena kerjasama kita sudah lama terjalin. Lebih lanjut Adripen menjelaskan bahwa secara nasional IAIN Batusangkar sudah masuk nominasi ke tiga dari seluruh IAIN terutama  diantara IAIN Bukit Tinggi dan IAIN Cirebon. “Kami berharap kepada pihak UIN Suska Riau untuk dapat membina dan membantu kami sehingga IAIN Batusangkar bisa juga menjadi UIN. Diantara usaha-usaha yang kami lakukan menuju ketingkat yang lebih tinggi tersebut tergambar dalam mimpi besar IAIN Batusangkar yang tertuang dalam Visi “Integratif, Interkonegtif dalam keilmuan, berkearifan lokal dan bereputasi global tahun 2040”, yang dibagi dalam Rencana Induk Pengembangan (RIP) dalam 5 tahapan yakni Learning Institut tahun 2016 – 2020, Exelent Learning Institut tahun 2021 – 2025, Prediserts Institut tahun 2026 – 2030, Riset University tahun 2031 – 2035,  dan Bereputasi Global tahun 2036-2040”. Tegasnya Adripen.

Diakhir sambutan Adripen berharap dari MoA hari ini FTIK Batusangkar dan FTK UIN Suska Riau bisa berkolaborasi dalam konferensi seminar internasional yang akan dilaksanakan di IAIN Batusangkar,  Join Riset di masing-masing program studi yang hasilnya milik kedua institusi, tukar menukar artikel atau jurnal dan join kegiatan kemahasiswaan.

Sementara itu, Dekan FTK UIN Suska Riau, Dr. H. M. Syaifuddin, S.Ag., M.Ag dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan FTIK Batusangkar. “Semoga kekeluargaan dan silaturrahmi antara FTK UIN Suska Riau dan FTIK IAIN Batusangkar tetap terjaga. Kami juga mendo’akan dan  punya keyakinan yang kuat dengan usaha-usaha yang telah dilakukan, IAIN Batusangkar akan secepatnya menjadi UIN”. Tegas Syaifuddin.

Lebih lanjut Syaifuddin mengatakan bahwa dari MoA hari ini kita juga bisa realisasikan dalam bentuk kegiatan Webinar bersama, dimana selama tahun 2020 FTK UIN Suska Riau sudah mengadakan puluhan kali webinar, tukar menukar mahasiswa dan Dosen. Demikian juga mari kita saling berbagi dan saling sharing inforamasi dan ilmu agar bisa saling melengkapi.

Diakhir acara dilaksanakan penandatanganan MoA oleh masing-masing Dekan dan dilanjutkan dengan masing-masing Ketua Prodi. Setidaknya ada sembilan Ketua Prodi yang melakukan penandatanganan. Adapun sembilan Prodi tersebut yakni : Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Pendidikan Kimia, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam dan Bimbingan Konseling Pendidikan Islam.

 

 

Penulis : M. Huzaini

Editor :  Nurazmi

 

About Jasnida Jasnida

Check Also

IMG-20210301-WA0019

Penyemprotan Disinfektan Rektorat UIN Suska Riau

uin-suska.ac.id Pekanbaru , salah satu  langkah pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19), UIN Suska Riau kembali …