Home / Berita Utama / Selamat dan Sukses atas Akreditasi A Prodi PGMI UIN Suska Riau
akreditasi

Selamat dan Sukses atas Akreditasi A Prodi PGMI UIN Suska Riau

uin-suska.ac.id Setelah melalui proses yang panjang dan perjuangan yang luar biasa dari tim akreditasi Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah ( PGMI ) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau akhirnya berbuah manis dengan berhasil meraih akreditasi “ A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan SK NOMOR : 1127/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2021

Subhan, S.Ag, M.Ag  selaku ketua jurusan PGMI mengatakan bahwa perjuangan prodi PGMI untuk mendapatkan akreditasi ini sangat luar biasa karna sudah menunggu dua tahun barulah sekarang bisa diakreditasi. “Pada saat asesmen lapangan para unsur pimpinan semuanya turut hadir baik secara daring maupun secara langsung.  Tak lupa pula support dari kawan-kawan juga sangat membantu dalam perjuangan kami sehingga alhamdulillah pada akhirnya  berkat do’a dari semua proses penilaiannya berjalan lancar dan asesornya juga tidak menyulitkan. Asesor juga mengatakan pembukaan asessmen lapangan yang di hadiri oleh seluruh pimpinan juga merupakan nilai plus pagi penilaian ini”. ujar Subhan

Ketua Jurusan PGMI Subhan, S.Ag, M.Ag
Ketua Jurusan PGMI Subhan, S.Ag, M.Ag

 

Sekretaris Jurusan PGMI Melly Andriani, M.Pd
Sekretaris Jurusan PGMI Melly Andriani, M.Pd

Ada dua point penting yang disampaikan oleh asesor BAN PT. Pertama, agar lembaga penjamin mutu itu tidak hanya ditingkat universitas saja tetapi juga ditingkat fakultas dan jurusan karna aksinya itu ditingkat fakultas. Kedua, dosen homebase itu sebaiknya harus linear.

“Salah satu keuntungan dari akreditasi A ini kedepanya kita akan bisa melaksanankan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Mandiri dan alumni PGMI atau PGSD bisa melakukan PPG di FTK UIN Suska Riau. Alumni dari PGMI juga akan mudah untuk mendaftar kerja kemana saja karna sudah terakreditasi A”. Sambung Subhan.

WhatsApp Image 2021-03-04 at 11.21.12

“Kedepanya untuk terus menjaga nilai A ini ada lima point yang akan kami lakukan yang pertama kami akan mengadakan review kurikulum, yang kedua kami akan melakuan penempatan dosen yang sesuai atau linear dibidangnya, yang ketiga penjaminan mutunya harus ditingkatkan lagi ditingkat fakultas, yang keempat kami akan lebih meningkatkan kerjasama dengan alumni dan stakeholder karena bagaimanapun akreditasi A tidak ada gunanya jika alumni kita banyak yang menganggur. Kita berharap ada kerjasama diluar berkolaborasi dalam kegiatan pembinaan sekolah-sekolah baik itu Sekolah Dasar (SD) maupun Madrasah Ibtidaiyah (MI) baik melalui PPL ataupun dalam kegiatan pendampingan penelitian masyarakat jadi ketika alumni PGMI selesai bisa menampung di sekolah-sekolah ini”. Ungkap Subhan.

WhatsApp Image 2021-03-04 at 11.21.49

Dr.H.Muhammad Syaifuddin,S.Ag.,M.Ag  selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan juga menyampaikan Tahniah kepada prodi PGMI yang telah mendapat akreditasi A. “Saya selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan beserta segenap Keluarga Besar FTK UIN SUSKA RIAU menyampaikan tahniah kepada Prodi PGMI FTK UIN Suska Riau yang telah meraih akreditasi A .Semoga dapat bersaing di pasar internasional bersama 4 prodi lainnya yaitu: Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI). selain itu juga dapat menjadi pemicu dan pemacu prodi lainnya untuk meningkatkan akreditasi nya. Untuk itu, terima kasih yang tiada terhingga kami sampaikan kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan doa untuk kesuksesan ini. Jazakumullah khairan katsiran”. ujar Syaifuddin.

Penulis             : Sukmawati

Photografer     : Indah Puspita Sari

Editor              : Azmi

About Jasnida Jasnida

Check Also

WhatsApp Image 2021-04-08 at 15.03.07 (1)

Kunjungan Silaturahmi dan Sosialisasi BSI Pekanbaru ke UIN Suska Riau

uin-suska.ac.id Bank Syariah Indonesia (BSI) Wilayah Riau lakukan kunjungan silaturahmi dan sosialisasi ke UIN Suska …