Home / Berita Utama / PENDAFTARAN JALUR MASUK UM-PTKIN TAHUN 2021 RESMI DIMULAI
WhatsApp Image 2021-04-01 at 13.02.01

PENDAFTARAN JALUR MASUK UM-PTKIN TAHUN 2021 RESMI DIMULAI

uin-suska.ac.id Panitia Nasional SPAN-UM PTKIN melaksanakan sosialisasi  pendaftaran UM-PTKIN secara virtual melalui aplikasi Zoom, Rabu (31/3/2021). Kegiatan ini diikuti oleh Bagian Akademik dan Humas PTKIN di seluruh Indonesia. Dalam paparan panitia nasional SPAN-UM PTKIN menjelaskan bahwa pendaftaran UM-PTKIN sudah dimulai hari ini Kamis (1/4/2021) s.d Jumat (30/4/2021). Pendaftaran dilakukan dengan mengunjungi laman UM-PTKIN di https://um-ptkin.ac.id/. Proses pendaftarannya, peserta akan diminta untuk melengkapi biodata sesuai dokumen resmi, data pendidikan, data nilai rapor dan survey pelaksanaan UM-PTKIN.

WhatsApp Image 2021-04-01 at 13.06.31

Selanjutnya, Jika data sudah lengkap, peserta akan diarahkan ke proses pembayaran. Proses pembayaran ada dua metode yang disediakan yaitu melalui BNI dan Bank lain (Virtual Account). Selanjutnya, peserta diminta untuk mencetak Slip Instruksi Pembayaran (SIP) yang akan digunakan sebagai login pendaftaran. Setelah melakukan pembayaran uang pendaftaran, peserta bisa memilih program studi dan universitas di laman  https://um-ptkin.ac.id/. Adapun berkas-berkas yang perlu dipersiapkan yaitu nomor SIP dan PIN, phas foto berlatar Merah/Biru ukuran 3×4 dengan size minimal 1 MB dan foto ijazah/ Rapor/ Kartu Pelajar.

Dalam pemilihan Program Studi, peserta dapat memilih tiga program studi pada PTKIN yang berbeda ada 58 PTKIN dan 1 PTN yang ada di bawah koordinasi Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama. Setelah melakukan pendaftaran, peserta wajib mencetak kartu peserta ujian dan mengikuti semua petunjuk yang ada pada kartu ujian, mulai tahapan installasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE), Tata tertib mengikuti SSE UM-PTKIN 2021, mengikuti jadwal ujian ujicoba SSE sampai dengan Ujian SSE.

WhatsApp Image 2021-04-01 at 13.04.20

Pandemi COVID-19 menyebabkan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis SSE tidak bisa dilaksanakan pada PTKIN tempat ujian maka peserta diharapkan menyiapkan minimal smartphone dangan jaringan seluler minimal H+ atau laptop atau netbook atau notebook atau personal komputer atau PC Dektop dengan min OS Windows 10 yang memiliki dan berfungsi dengan baik webcam/kamera depan guna melaksanakan Ujian Tulis Berbasis SSE di tempat tinggal masing-masing atau PTKIN yang tercantum pada lokasi tempat Ujian yang tidak dilaksanakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) oleh pemerintah daerah dan mematuhi Protokol Pencegahan COVID-19.

UIN Suska Riau merupakan salah satu universitas yang menerima mahasiswa baru tahun 2021 melalui jalur UM-PTKIN dengan Daya Tampung Peserta Tes SSE sebanyak 3600 peserta.

Penulis : Azmi

Fotografer : Robil Alam Nur

Editor  : M. Huzaini

About Jasnida Jasnida

Check Also

WhatsApp Image 2021-04-08 at 15.03.07 (1)

Kunjungan Silaturahmi dan Sosialisasi BSI Pekanbaru ke UIN Suska Riau

uin-suska.ac.id Bank Syariah Indonesia (BSI) Wilayah Riau lakukan kunjungan silaturahmi dan sosialisasi ke UIN Suska …