Home / Berita Utama / PERTEMUAN LP2M DAN LP3M SE-SUMATERA AGENDA SEMINAR KKN MELAYU SERUMPUN KAWASAN ASIA TENGGARA
aaa

PERTEMUAN LP2M DAN LP3M SE-SUMATERA AGENDA SEMINAR KKN MELAYU SERUMPUN KAWASAN ASIA TENGGARA

uin-suska.ac.id Dalam Rapat Koordinasi (Rakor) LP2M dan LP3M Se-Sumatera di Grand Central Hotel Pekanbaru di sesi ke dua dan ketiga mengagenda seminar. Kegiatan seminar menghadirkan narasumber Bapak Dr. Suwendi., M.Ag yang merupakan Kasubdit Analis Kebijakan Ahli Madya dit.PTKI dengan menyampaikan materi Arah dan Kebijakan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di PTKIN, dan narasmber kedua Kapus LP3M UIN Imam Bonjol Padang Bapak Dr. Zulfis., MA dengan materi Teknis Pelaksanaan KKN Melayu Serumpun Tahun 2021 di Padang & Agenda bersama LP2M/LP3M Se-Sumatera.

1 aaa

Narasumber pertama dalam pemaparannya menyampaikan bahwa sesuai dengan agenda yang telah bersama kita tetapkan pada Tahun 2021 ini KKN mahasiswa khususnya di wilayah sumatera akan melaksanakan agenda KKN melayu serumpun di kawasan asia tenggara. dengan melihat kondisi terkini yang terjadi di Negara kita, diantaranya suasana covid-19 dan banyak  kejadian yang kita tidak inginkan, sehingga hal tersebut hendaknya pemahaman mengenai nilai-nilai moderasi antar umat beragama sudah ditanamkan sejak dini. Momentum KKN ini merupakan momentum yang tepat dalam memberikan pemahaman moderasi beragama kepada mahasiswa yang hendak melaksanakan KKN. Tujuan memberikan pemahaman moderasi  antara umat beragama untuk menciptakan persatuan, kemajemukan serta kebinekaan di Indonesia. apabila pemahaman mengenai moderasi beragama sudah diajarkan, akan tercipta saling menghormat dan menghargai antar umat beragam.  Ujar Suwandi.

IMG_3084 IMG_3086

Sedangkan narasumber kedua Bapak Dr. Zulfis., MA dalam penyampaian materinya beliau bahwa di bulan Juni atau Agustus yang akan datang para mahasiswa akan melangsungkan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan untuk tahun ini pelaksanaan KKN melibatkan mahasiswa yang berasal dari negara melayu serumpun seperti Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura.  Kegiatan KKN Negara melayu serumpun yg dipusatkan di IAIN Bonjol Padang Sumatera Barat dan secara teknis pelaksanaan KKN melayu serumpun se kawasan asia tenggara IAIN IB sudah siap untuk melaksanakannya. Tegas Zulfi.

WhatsApp Image 2021-04-01 at 15.28.21 (1) IMG_3109 IMG_3049

 

Penulis: Mukhtarsyah., S.Hi

Fotografer: Robil Alam Nur

Edito : M. Huzaini

About Jasnida Jasnida

Check Also

WhatsApp Image 2021-04-08 at 15.03.07 (1)

Kunjungan Silaturahmi dan Sosialisasi BSI Pekanbaru ke UIN Suska Riau

uin-suska.ac.id Bank Syariah Indonesia (BSI) Wilayah Riau lakukan kunjungan silaturahmi dan sosialisasi ke UIN Suska …