Home / Berita Utama / BAN-PT : ASSESMEN LAPANGAN PRODI BAHASA INDONESIA FTK UIN SUSKA RIAU
WhatsApp Image 2021-04-19 at 14.58.22 (1)

BAN-PT : ASSESMEN LAPANGAN PRODI BAHASA INDONESIA FTK UIN SUSKA RIAU

uin-suska.ac.id. Senin, 19 April 2021 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan  (FTK) khususnya Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia mendapat kesempatan untuk divisitasi  melalui Assesmen Lapanga (AL) selama 2 hari kedepan. Kegiatan AL yang akan dilaksanakan sejak tanggal 19 sampai 20 April dilakukan secara daring dan untuk pusatnya bertempat diruang hijau lantai 2 Fakultas tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Assesmen Lapangan (AL) ini di hadiri oleh Plt. Rektor UIN Suska Riau secara daring, Dekan Fakultas Tarbiyah dan keguruan(FTK), Wakil Dekan I, II dan III, semua panitia yang terlibat dalam penyusunan borang hingga pelaksanaan Assesmen Lapangan.

WhatsApp Image 2021-04-19 at 14.58.23WhatsApp Image 2021-04-19 at 14.58.22WhatsApp Image 2021-04-19 at 14.58.22 (2)WhatsApp Image 2021-04-19 at 14.58.21 (1)

Assesmen Lapangan ini dibuka langsung oleh Plt. Rektor secara zoom dan dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa UIN Riau sejak dari awal berdirinya sudah cukup dikenal, sudah punya prestasi yang cukup bagus dan masuk 10 besar, kepada Assesor sebagai sesama  BAN-PT dari kawasan  Sumatera  agar bisa saling menguatkan dan saling bersinergi bukan saja hanya dalam rentang waktu yang sifatnya singkat melalui aplikasi tetapi juga dalam konteks yang lain, mari kita membanggakan Sumatera bahwa kita tidak kalah dengan perguruan tinggi yang lain, Jelas Plt. Rektor. Harapannya agar semua tim diberikan  kesehatan  sehingga bisa melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik baiknya.

WhatsApp Image 2021-04-19 at 14.57.19

Prof, Dr, Nurhayati, M.Pd selaku Tim assesor dari Universitas Sriwijaya Palembang, dalam sambutannya mengatakan bahwa beliau bukan mewakili Universitas tetapi mewakili  BAN-PT dalam rangka melakukan Assesmen Lapangan yang akan kita dilaksanakan dari tanggal 19 hingga 20 April 2021, biasanya BAN-PT melakukan visitasi secara lansung tetapi selama 2 tahun belakangan ini karena masa pandemi maka dilakukan secara online. Pada hakikatnya Assesmen Lapangan ini, selaku BAN-PT akan memberi arahan, diibaratkan kita ini mitra, ingin membina bukan membinasakan, tidak boleh ada pola superior dan interior tetapi sama-sama jadi, kalau duduk sama rendah berdiri sama tinggi, jadi nanti sistemnya kita berdiskusi dan disesi diskusi akan ada tanya jawab.

Kami dari Tim Assessor sudah memotret data kwantitatif dan kwalitatif serta sudah diverifikasi, bisa jadi datanya bertambah ataupun berkurang, jika ada data yang berubah boleh menyusul. Mudah mudahan potretnya objektif, Nurhayati memastikan akan baik baik saja, tidak ada rasa ingin menggurui tapi bersama sama saling menguatkan.

WhatsApp Image 2021-04-19 at 14.58.18

Sementara itu Dr, Gumono, M.Pd  Tim assesor kedua dari universitas Bengkulu  juga menambahkan bahwa yang datang sebagai tim assesor  adalah sejawat sesama dosen  Pendidikan  Bahasa Indonesia, yang akan melakukan veriferiveu, bukan untuk meng-audit tapi untuk mencocokan apa yang ditulis didokumen dan yang didukung dengan fakta  dilapangan yang mencukupi. Kita berharap tim dari Prodi Pendidikan bahasa Indonesia tidak perlu terlalu galau dan risau serta jangan merasa menjadi terdakwa. Dr. Gumono juga menjelaskan bahwa Validator adalah yang akan menyepakati apa yang dilaporkan pada saat visitasi, para validator akan sepakat jika lampiran data pendukungnya mencukupi, oleh karena itu Tim assesor  akan menulis apa yang difhoto apa yang ada dilapangan, terakhir Gumono mengucapkan terimakasih kepada Tim Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia membuat dokumen secara maksimal, dan juga meminta maaf jika nanti dalam konfirmasi data Tim Prodi merasa terintimidasi karena kita perlu data yang lengkap, Tegas Gumono.

WhatsApp Image 2021-04-19 at 14.58.24

Penulis : Muzaiyanah

Foto : Nurazmi

Editor : M. Huzaini

About Jasnida Jasnida

Check Also

WhatsApp Image 2021-05-07 at 10.04.20 (1)

Prodi Tadris IPA dan Prodi BKPI Taja Lomba Essai Populer Nasional

uin-suska.ac.id Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 yang jatuh setiap tanggal 2 Mei, …