Home / Berita Utama / Prodi Tadris IPA dan Prodi BKPI Taja Lomba Essai Populer Nasional
WhatsApp Image 2021-05-07 at 10.04.20 (1)

Prodi Tadris IPA dan Prodi BKPI Taja Lomba Essai Populer Nasional

uin-suska.ac.id Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 yang jatuh setiap tanggal 2 Mei, Prodi Tadris IPA dan Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska Riau taja Lomba Essai Populer Nasional tingkat siswa Sekolah Menengah, Mahasiswa hingga guru dan Dosen dengan tidak dibatasi oleh status lembaga milik swasta atau pemerintah.

Kegiatan ini bertujuan untuk menarik minat siswa, mahasiswa, guru dan dosen mengembangkan potensi dan skill menulis sehingga meningkatkan kemampuan literasi dan budaya akademik di lingkungan masyarakat pendidikan khususnya dan masyarakat pada umumnya, mencari dan menemukan ide-ide kreatif pengalaman selama melakukan pembelajaran jarak jauh yang dimiliki siswa, mahasiswa, guru, dan dosen untuk dapat didokumentasikan menjadi sebuah buku dan dapat dibaca oleh masyarakat luas serta siswa, mahasiswa, guru dan dosen mampu menyampaikan secara lisan pengalaman menarik untuk dijadikan contoh dan teladan dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dimasa datang.

WhatsApp Image 2021-05-07 at 10.04.20

Pada puncak acara Lomba Essai Populer Nasional, Kamis (6/5/2021), kegiatan diisi dengan pengumuman finalis, presentasi artikel terbaik oleh para finalis, pengumuman pemenang dan  talkshow dengan narasumber pemenang setiap kategori serta tanya jawab dengan audiens.

Hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan secara virtual via aplikasi Zoom ini Dekan FTK, Wakil Dekan I, II dan III FTK, Ketua dan Sekretaris Prodi FTK, para Juri dan peserta lomba Essai Populer Nasional.

Dekan FTK, Dr. Syaifuddin, S.Ag., M.Ag dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara kegiatan. “Selaku pimpinan, kami mengapresiasi gagasan dan kreatifitas Bu Amirah dan Susilawati yang telah menginisiasi kegiatan ini. Saya yakin dan percaya kegiatan ini benar-benar mandiri, tidak dibiayai negara dan hal ini tidak menjadi halangan terselenggaranya kegiatan ini”. Ujar Syaifuddin.

WhatsApp Image 2021-05-07 at 10.04.21

WhatsApp Image 2021-05-07 at 10.04.21 (1)

Selain itu, Syaifuddin juga mengucapkan terima kasih kepada peserta lomba, dewan juri dan BSI Cabang Sudirman Pekanbaru sebagai sponsor kegiatan ini. “Tentu tidak gampang menjadi penilai, ini juga menjadi torehan sejarah yang melahirkan jawara-jawara dibidang essai yang akan menjadi karya-karya untuk dibaca dan dirujuk oleh orang-orang terkini dan di masa yang akan datang”. Tegasnya.

Terakhir,  Syaifuddin berharap mudah-mudahan karya yang dikeluarkan dari kegiatan ini bisa senantiasa menjadi peninggalan lil khazanah untuk generasi mendatang.

Berdasarkan hasil keputusan dewan juri, Kategori pelajar dimenangkan oleh Azzahra Putri Khairadari SMP Al azhar 37 Pekanbaru sebagai juara I, diikuti Raina Aidahayu Chaya Azis dari SMAN 1 Trengalek/Jawa Timur dan Fatika Ageng Sekar Taji 10.05 dari  SMAN 1 Pulung Ponorogo jawa Timur. Untuk Kategori mahasiswa dimenangkan oleh Nadifa Salsabila Nizar dari Universitas Sebelas Maret Solo Jawa Tengah sebagai juara I, diikuti oleh Wandi Saputra dari Universitas Jambi dan Anisa Siti Nur Jannah dari Universitas negeri Yogyakarta. Sedangkan Kategori Pendidik dimenangkan oleh  Afdhal Kusumanegara dari UIN Suska Riau sebagai Juara I, diikuti oleh Hamidullah Ibda, M.Pd dari STAINU Temanggung Jawa tengah dan Sumarni, M.Psi dari SMPN 45 Pekanbaru.

WhatsApp Image 2021-05-07 at 10.04.20 (1)

Semua karya essai yang masuk akan dibukukan menjadi dokumentasi sejarah tentang pengalaman belajar dan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi, sehingga dapat dibaca oleh masyarakat secara luas, yang akan dilauncing dalam kegiatan ulang tahun prodi Tadris IPA FTK UIN Suska pada tanggal 10 Mei 2021.

 

Penulis : Azmi

Editor : Kasubag Humas

About Jasnida Jasnida

Check Also

WhatsApp Image 2021-06-09 at 13.47.19

FGD FORUM WAKIL REKTOR III/WAKIL KETUA III PTKIN SE-SUMATERA HADIRKAN KASUBDIT SARPRAS DAN KASI KEMAHASISWAAN KEMENAG RI

uin-suska.ac.id Hari terakhir kegiatan Focus Grup Discussion (FGD) Forum Wakil Rektor III/Wakil Ketua III menghadirkan …