web analytics

AKADEMIK DAN PTIPD UIN SUSKA RIAU LAKSANAKAN SIMULASI UIJIAN SSE

uin-suska.ac.id Guna mendukung pelaksanaan ujian UMPTKIN Tahun 2021 Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska Riau) selenggarakan uji coba ujian MELALUI Aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE). Simulasi dilaksanakan di ruang labor komputer  gedung PTIPD UIN Suska Riau. Pelaksanakan uji coba ujian ini bertujuan untuk persiapan pelaksanaan ujian UMPTKIN berlangsung yang akan berlangsung secara online pada Senin s/d Rabu tanggal 17 S.d 19 Mei Tahun 2021.

Dalam proses penerimaan mahasiswa baru UIN Suska Riau melalui jalur ujian UMPTKIN Tahun 2021 UIN Suska Riau sendiri akan melaksanakan ujian melalui Aplikasi SSE pada Senin, tanggal 24-26 Mei 2021. Peserta ujian dapat mengikuti ujian melalui aplikasi yang sudah tersedia secara online melaui PC, Smartphone (hp) dan Laptop dari rumah masing-masing dan diawasi oleh panitia ujian lokal UIN Suska Riau yang dipusatkan di gedung PTIPD Uin Suska Riau melalui Aplikasi SSE. Kebijakan ujian online diambil dalam rangka pencegahan penyebaran virus covid-19

7 4

Sesuai informasi yang diperoleh melalui wawancara Tim Humas dengan Panitia lokal UIN Suska Riau yakni Koordintor Teknologi Informasi SMPTKIN  Bapak Purwanto, ST beliau menyampaikan bahwa: Untuk jalur penerimaan mahasiswa baru UIN Suska Riau ada enam jalur penerimaan yang mana tiga jalur pertama melalui jalur undangan berdasarkan nilai lapor, jalur keempat melalui UMPTKIN, jalur kelima melalui SPANPTKIN, jalur keenam melalui mandiri.

Peserta yang mengikuti ujian UMPTKIN UIN Suska Riau yang berada di bawah panitia lokal UMPTKIN UIN Suska Riau Tahun 2021 berjumlah 2.320 yang terbagi menjadi 9 sesi. Satu hari ujian ada tiga sesi, dimana satu sesi ada 20 org dan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 24 s/d 26 Mei 2021 dan untuk sesi pertama jam 07.30, sesi kedua jam 10.30 sesi ketiga jam 13.30.

6 1

Sedangkan untuk soal ujian bagian IPS sebanyak 120 soal dan bagian IPA berjumlah 125 soal. Apabila peserta ujian melakukan kecurangan dalam tahapan pelaksanaan ujian UMPTKIN 2021 akan ada tiga tahapan sanksi hukuman yakni tahapan pertama dan kedua sanksinya adalah peringatan dan apabila peserta ujian masih juga melanggar maka sanksi ketiga adalah peserta ujian langsung dikeluarkan dari system ujian online SMPTKIN 2021.

Sementara itu Kepala PTIPD UIN Suska Riau Beni Sukma Negara, ST MT dalam keterangannya menyampaikan bahwa “ Untuk pelaksanaan ujian UMPTKIN Tahun 2021 dari segi persiapan teknologi informasi tidak terlalu banyak mengalami kendala karena panitia sudah mempersiapkan segala sesuatunya, dan apabila peserta mengalami kendala dalam pelaksanaan ujian UMPTKIN Tahun 2021 secara online di rumah masing-masing dapat mengajukan permasalahannya di aplikasi SAPA yang disediakan oleh panitai pusat untuk dapat kemudian di tindak lanjuti permasalahannya.  Sehingga diprediksi bahwa semua peserta ujian tidak ada lagi yang akan mendapatkan kendala yang berarti dalam mengikuti ujiannya,” Ujarnya Beny

2 5

Penulis : Mukhtasyah
Foto : Robil Alam Nur
Editor : M. Huzaini