web analytics

Prof. Dr. Khairunnas, M.Ag, Rektor UIN Suska Riau Periode 2021-2025

uin-suska.ac.id Prof. Dr. Khairunnas, M.Ag resmi dilantik menjadi Rektor UIN Suska Riau periode 2021-2025 oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas di Kantor Kementerian Agama RI Jalan Lapangan Banteng Barat No. 3-4 Jakarta, Rabu (19/5/2021). Hadir sebagai saksi Sekjen Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Nizar Ali, MA dan Dirjen Pendis, Muhammad Ali Ramdhani.

aa

aaaa

Dalam sambutannya, Menteri Agama RI menegaskan bahwa suatu kemunduran apabila Perguruan Tinggi justru dikelola dengan basis primordial, suatu kemunduran apabila Perguruan Tinggi  lebih banyak mengedepankan kekuasaan birokrasi ketimbang sikap akademis.

Beliau juga mengharapkan agar Rektor terpilih memantapkan moderasi beragama di kampus. “Civitas Academica tidak boleh diubah menjadi Civitas Familia, apalagi diubah menjadi Civitas Potestas yang mengandalkan kekuasaan pribadi.  Di dalam Perguruan Tinggi yang baik, segala percakapan di dalamnya mesti berbasis pada logika keilmuan,” tutur Yaqut Cholil.

IMG-20210519-WA0041

IMG-20210519-WA0039

Selain Itu, Menag juga mengajak pimpinan PTKN untuk  terus menggelorakan semangat baru pengelolaan perguruan tinggi keagamaan seiring dengan semangat baru Kementerian Agama. “Jauhkan perguruan tinggi dari perilaku plagiarisme dan praktik-praktik transaksional dalam penempatan jabatan maupun pelaksanaan program. Jaga baik-baik institusi dengan komitmen keilmuan, moral, dan tanggung jawab kepada Tuhan,” pesan Menag.

Untuk diketahui, Prof. Dr. Khairunnas, M.A telah melewati berbagai tahapan seleksi. Mulai dari verifikasi kelengkapan bahan oleh panitia penjaringan Balon Rektor UIN Suska Riau, penilaian kualitatif oleh senat universitas dan wawancara oleh Komisi Seleksi (Komsel) Kemenag RI hingga keluar nama yang diputuskan oleh Menteri Agama RI.

IMG-20210519-WA0040

Sebelumnya ada enam calon  rektor yang lulus tahap penilaian kualitatif di senat Universitas yang diserahkan ke Kementerian Agama RI. Keenam calon rektor tersebut adalah Prof. Dr. H. Salfen Hasri, M.Pd, Prof. Dr. Khairunas, M.Ag, Prof. Dr. H. Ilyas Husti, M.Ag, Prof. Dr. H. Akbarizan, M.Ag., M.Pd, Prof. H. Raihani, MEd. PhD, dan Prof. Dr. Muhajirin, MA.

WhatsApp Image 2021-05-19 at 14.14.32

WhatsApp Image 2021-05-19 at 11.24.29

Proses Pelantikan berlangsung hikmat dan dihadiri sejumlah pejabat di Kementerian Agama RI dan Prof Khairunnas dalam pelantikan tersebut hadir bersama istrinya.

Penulis : Azmi

Editor : M. Huzaini