Home / Berita Utama / ISAIS DAN REKTOR BINCANG SANTAI RUMAH MODERSI UIN SUSKA RIAU
WhatsApp Image 2021-05-29 at 10.11.48

ISAIS DAN REKTOR BINCANG SANTAI RUMAH MODERSI UIN SUSKA RIAU

uin-suska.ac.id Institute for Southeast Asian Islamic Studies (ISAIS) yang merupakan pusat lembaga kajian Islam Asia Tenggara di UIN Suska Riau adakan diskusi atau bincangan santai bersama Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. Khairunnas Rajab, M.Ag. Kegiatan yang diadakan di Hotel Ayola (Rabu, 20/05/2021) malam dengan mengangkat tema “Menatap Masa Depan Rumah Moderasi UIN Suska Riau”. Dalam diskusi tersebut tampak hadir oleh Wakil Rektor I Dr. Drs. H. Suryan A. Jamrah, MA, Anggota DPD RI Dr. Misharti S.Ag., M.Si, Direktur ISAIS UIN Suska Riau,  Dr. Alimuddin Hassan, MA, Ketua GP Ansor Riau Purwaji, serta sejumlah dosen UIN Suska Riau.

Dalam sambutannya Prof. Hairunnas menyampaikan bahwa UIN Suska Riau bukan sekedar turut serta dalam moderasi beragama tetapi harus berbaji baku untuk menjadikan terutama UIN Suska Riau menjadi basis moderasi beragama agar kiranya apa yang sudah menjadi opini publik bahwa UIN Suska Riau adalah kawasan Zona merah dalam hal Radikalizem, akan menjadi bomerang apabila kita tidak bisa menjadi agen perubahan. Di tambahkan Prof. Hairunnas bahwa moderasi beragama penting  artinya untuk kita mewujudkan secara baik dan benar agar mindset kita semua tidak ternodai oleh primordial, fanatisme atau sikap ta’asuf yang berlebihan sehingga memunculkan esktremisme kiri dan kanan, maka dari itu kita coba mencari formulasi bagaimana menyelesaikan dan menyampaikan kepada masyarakat luas bahwa UIN Suska Riau sudah bebas dari Radikalizem dan kita ubah dari zona merah menjadi zona hijau.

Sementara itu, Direktur ISAIS juga menyampaikan bahwa kegiatan diskusi atau bincang santai ini memiliki dua makna syukuran yang pertama yaitu syukuran atas terpilihnya Rektor baru kita, dan yang kedua syukuran atas upaya yang telah di lakukan oleh ISAIS yang bekerja sama atau ISAIS dijadikan mitra oleh The Asia Foundation selama dua tahun terakhir. Dalam dua tahun terakhir ini memang kita banyak melaksanakan kegiatan-kegiatan terkait secara spesifik bagaimana kita mengutamakan moderasi beragama. Dan ini merupakan sambutan ataupun pemaknaan respon kita terhadap upaya Kementrian Agama RI dua dan ketiga tahun terakhir ini amat sangat baik. Dan mohon maaf kalau tidak salah pesan Mentri Agama terhadap Rektor baru kita bagaimana untuk terus mengupayakan kehidupan moderasi beragama di UIN Suska Riau khususnya di Riau ucapnya.

 

Penulis : Lasma Sari
Foto      : Lasma Sari
Editor   : M. Huzaini

About Jasnida Jasnida

Check Also

WhatsApp Image 2021-06-09 at 13.47.19

FGD FORUM WAKIL REKTOR III/WAKIL KETUA III PTKIN SE-SUMATERA HADIRKAN KASUBDIT SARPRAS DAN KASI KEMAHASISWAAN KEMENAG RI

uin-suska.ac.id Hari terakhir kegiatan Focus Grup Discussion (FGD) Forum Wakil Rektor III/Wakil Ketua III menghadirkan …