Home / Berita Utama / PKM II PTKIN  SE-SUMATERA RESMI DITUTUP OLEH REKTOR UIN IMAM BONJOL PADANG
IMG_5866

PKM II PTKIN  SE-SUMATERA RESMI DITUTUP OLEH REKTOR UIN IMAM BONJOL PADANG

uin-suska.ac.id Semenjak dibukanya Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) II PTKIN se-Sumatera secara daring pada Jumat, (28/05/2021) dan dilanjutkan dengan luring 4-10 Juni 2021, hari ini Kamis (10/06/2021) resmi ditutup oleh Rektor UIN Imam Bonjol Padang. Penutupan kegiatan PKM II se-Sumatera ini dhadiri oleh Kasubdit Sarpras, Rukhman Basori dan Kasi Kemahasiswaan, Amiruddin Kuba dari Kementerian Agama (Kemenag) RI Jakarta, Ketua Forum Rektor Se-Sumatera dan Ketua Forum WR III se-Sumatera.  Kegiatan yang dilaksanakan di Auditorim Prof. Mahmud Yunus UIN Imam Bonjol Padang dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19.

IMG_5843

IMG_5845

IMG_5844

Ketua panitia PKM II se-Sumatera Dr. H. Ikhwan Matondang, M.Ag yang juga Wakil Rektor UIN Imam Bonjol Padang dalam sambutannya menyatakan bahwa pelaksanaan PKM ini relatif baik dan suskses namun kekurangan juga tak bisa dihindari. “Kami sebagai pelaksana mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalah selama pelaksanaan PKM ini dan kami berharap hasil ini mesti kita tingkatkan secara terus menerus karna PKM ini merupakan PIONIR mini”, terang Ikhwan. Lebih lanjut Ikhwan menjelaskan bahwa jumlah PTKIN yang ikut dalam PKM II ini hanya 20 PTKIN dengan jumlah kontingen sebanyak 727 orang dan Official sebanyak 202 orang. Diakhir sambutan Ikhwan menyampaikan bahwa juara umum dalam kegiatan PKM II ini adalah UIN Imam Bonjol Padang dengan 10 emas, 9 perak dan 3 perunggu. Peringkat kedua adalah UIN Raden Intan Lampung dengan 4 emas, 6 perak dan 4  perunggu serta peringkat ketiga UIN Sultan Thaha Syaifuddin Jambi dengan 3 emas, 4 perak dan 2 perunggu.

IMG_5850

Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan, Rukhman Basori dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada PTKIN wilayah Sumatera yang telah menyukseskan kegiatan PKM ini terutama kepada tuan rumah. “Selanjutnya kami berpesan kepada semua pimpinan PTKIN wilayah Sumatera kiranya memberikan apresiasi, hadiah dan penghargaan kepada semua kontingen yang meraih juara maupun harapan sesuai dengan kemampuan PTKIN masing-masing. Kepada kontingen yang belum meraih juara jangan pesimis, mari semangat lagi untuk berlatih kembali semoga di ajang PKM berikutnya bisa meraih prestasi yang cemerlang”. Tegas Rukhman.

IMG_5851

Ketua Forum Rektor/Pimpinan PTKIN se-Sumatera, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Ag dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada UIN Imam Bonjol Padang yang telah sukses melaksanakan PKM II ini dengan dual system yakni daring dan luring. “Selamat kepada tuan rumah yang menjadi juara umum dengan capaian yang baik dalam PKM II ini dan selamat kepada semua para juara serta kontingen yang belum berkesempatan menjadi juara. Karna sesungguhnya yang belum menjadi juara merupakan kemenangan yang tertunda”, ungkap Ngayu. Perlu dipahami bersama bahwa PKM II ini bukan hanya sekedar kompetisi dan aktualisasi atlit semata namun ini merupakan ajang silaturrahmi dan saling memotivasi serta mendukung semua PTKIN yang ada di Sumatera ini.

IMG_5857

Sementara itu Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Prof. Dr. Eka Putra Wirman mengucapkan selamat datang kepada semua PTKIN yang hadir dan selamat jalan untuk menuju tempat masing-masing, semoga selama berada di Sumatera Barat ini mendapat hal-hal yang baik. Bak kata orang minang “Kalau dapat yang baik ceritakan pada orang lain dan kalau dapat yang buruk tinggalkanlah di sini”, celoteh Rektor. Beliau mendo’akan semoga dalam perjalanan menuju tujuan mendapat perlindungan Allah SWT.

IMG_5866

“Kami juga mengucapkan selamat PTKIN yang hadir, kita semua sesungguhnya pemenang karena sudah sanggup menghadapi kompetisi dengan jiwa besar. Karena tujuan utama kegiatan kita adalah menjalin silaturahmi, meningkatkan kreatifitas, seni, skill, olahraga dan kompetensi. Kita tanamkan sportifitas, kompetisi dan semangat juang. Kalah menang itu hal yang biasa yang penting jangan sampai ada yang kalah dalam sprortifitas dan semangat juang. Insya Allah kita akan dipertemukan kembali dalam PKM berikutnya yang akan laksanakan di UIN Sultan Thaha Syaifuddin Jambi”, terang Rektor.

IMG_5875

 

IMG_5881

IMG_5885

IMG_5894

IMG_5900

IMG_5909

IMG_5913

IMG_5915

Acara penutupan diakhiri dengan pembagian medali dan sertifikat kepada pemenang setiap cabang yang diperlombakan.

 

Penulis : M. Huzaini

Foto : Robil

Editor : Azmi

About Jasnida Jasnida

Check Also

IMG_5578

MELAN PRATIWI PENYUMBANG MEDALI PERUNGGU CABANG BADMINTON PUTRI

uin-suska.ac.id Melan Pratiwi, merupakan mahasiswi Jurusan Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi merupakan atlet Badminton …