UIN SUSKA RIAU SUKSES MELAKSANAAN WISUDA ONLINE DAN OFFLINE DALAM WAKTU SATU PEKAN

uin-suska.ac.id Meskipun dalam masa Pandemik Covid 19, UIN Suska Riau tetap berkomitmen untuk melaksanakan wisuda secara online dan offline. Dalam waktu sepekan saja UIN Suska Riau telah sukses melaksanakan prosesi wisuda sebanyak enam priode dengan total peserta wisudawan/ti sebanyak 4800 orang. Dua priode merupakan peserta yang pelaksanaan wisudanya sudah tertunda yakni wisuda priode III, IV dan V tahun akademik 2020/2021 yang sehahrusnya dilakanakan di bulan Februari dan April 2021 lalu sementara tiga priode merupakan peserta wisuda yang pelaksanaan wisudanya dimajukan. Kegiatan wisuda secara online dan offline ini dipusatkan di Auditorium lantai V gedung Rektorat UIN Suska Riau mulai tanggal 21 hingga 26 Juni 2021.

IMG_8191Pelaksanaan wisuda secara offline tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dan yang diperbolehkan hadir secara tatap muka hanya Rektor, Ketua Senat dan Sekretaris serta perwakilan anggota senat, panitia, pemuncak masing-masing Fakultas dan Program Pascasarjana serta wisudawan/ti dari Program Dotor. Selama pelaksaaan wisuda online dan offline ini para wisudawan/ti juga diberikan pencerahan ilmu dalam menghadapi dunia kerja dan masyarakat umum dalam bentuk orasi ilmiah dengan narasumber dari berbagai kalangan dan institusi yang berbeda.

Dimana pada hari pertama pelaksanaan wisuda orasi ilmiah disampaikan oleh K.H. Yahya Cholil Staquf yang merupakan Katib Aam Syuriah PBNU dengan tema “Moderasi Beragama Untuk Kebangsaan dan Ke Indonesian”. Hari kedua Wakil Gubernur Riau (Wagubri)  Brigadir Jendral (Purn) Edy Natar Nasution, S.I.P. dengan  tema orasi ilmiah “Moderasi Beragama untuk Kebangsaan dan ke Indonesian”. Hari Ketiga orasi ilmiah disampaikan oleh Komandan Korem (Danrem) 031 Wira Bima, Brigadir Jenderal TNI M. Syech Ismed, SE, M. Han dengan tema “Moderasi Beragama untuk Kebangsaan dan Ke-Indonesiaan”. Sementara itu hari Keempat orasi ilmiah disampaikan oleh Campus Relation Manager PT RAPP bapak Tengku Kespandiar, ST, MM dengan tema “Mempersiapkan Lulusan Perguruan Tinggi yang Kompeten dan Berdaya Saing”. Hari Kelima orasi disampaikan oleh Presiden Direktor Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari dengan tema “Menciptakan Kader Pemimpin Masa Depan yang Unggul dalam Persaingan Global Melalui Beasiswa Pertamina”. Dan hari Keenam orasi ilmiah disampaikan oleh Voce President Bisnis Suppor Pertamina Hulu Rokan Regional I Sumatera Saptiadi Nugroho dengan tema “Peran Pertamina Hulu Rokon  membangun  pendidikan Riau”.

Suksesnya pelaksanaan wisuda dalam satu pekan ini tidak terlepas kerjasama yang baik dari seluruh bagian yang terkait diantaranya Bagian Akademik sebagai pelaksana administrasi, Bagian Umum sebagai perlengkapan dan Pusat Teknologi Informasi dan Pengolahan Data (PTIPD) serta Humas pada bagian pelaksanaan onlinenya. Sehingga Rektor UIN Suska Riau memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas suksesnya pelaksanaan wisuda online dan offline selama sepekan ini.

Sementara itu Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. Khairunnas Rajab, M.Ag dalam wawancara dengan Tim Humas mengatakan Greget wisuda perdana pada masa pandemik Covid-19 yang dilaksanakam secara marathon tentu memberikan nilai tersendiri untuk melanjitkan azam kita yang sudah menjadi cita-cita leluhur dari seliruh civitas akademika bahwa UIN Suska Riau menjadi Universitas yang gemilang dan terbilang, jelas Rektor.

Oleh kerena itu kepada para wisudawan/ti harus bisa mengambil bagian untuk kemajuan UIN Suska Riau kedepan dengan cara melakukan hal-hal yang strategis ditengah-tengah masyarakat global yang syarat dengan tantangan dan persaingan. Para alumni kita adalah orang-orang yang terdepan yang bukan saja sebagai lulsan yang terbaik melainkan lebih dari itu, maka senantiasalah menjadi agen perubahan untuk kemajuan Indonesia pada masa mendatang, tegas Rektor.

Penulis : M. Huzaini

Foto : Sukmawati

Editor : Kasubag Humas

IMG_8181

IMG_7999

IMG_8191

 

About Jasnida Jasnida

Check Also

REKTOR SERAHKAN SECARA SIMBOLIS PEMBAYARAN SELISIH TUNJANGAN KINERJA DOSEN UIN SUSKA RIAU

uin-suska.ac.id  Suasana gembira bercampur haru terlihat pada wajah beberapa orang dosen yang sudah menjalani masa pensiun …