Vice President Pertamina Hulu Rokan : Korelasi Dunia Pendidikan dengan Dunia Industri sangat Erat

uin-suska.ac.id Vice President Bisnis Support Pertamina Hulu Rokan Regional I Sumatera, Saptiadi Nugroho menjadi narasumber pilihan yang menyampaikan orasi pada acara Wisuda Program Doktor ke-35, Program Magister ke-65, Program Sarjana dan Diploma ke-85 Periode III Tahun Akademik 2021/2022 di UIN Suska Riausecara virtual melalui aplikasi Zoom, Sabtu (26/5/2021).

WhatsApp Image 2021-06-28 at 13.00.43 (1)

Adapun tema yang diangkat pada kesempatan ini yaitu Peran Pertamina Hulu Rokan Membangun Pendidikan Riau.

Dalam pemaparannya Saptiadi menjelaskan bahwa hubungan dunia pendidikan dengan dunia industri amat erat. Dunia industri akan menggunakan lulusan dunia pendidikan untuk mengembangkan bisnis, menjalankan koperasi, expansi serta mencapai target-target yang telah ditetapkan. “Sebagai bagian dari dunia industri, Pertamina akan mendukung dunia pendidikan di Riau sehingga tercipta sinergi antara pengembangan masyarakat Riau dan produksi minyak dan gas serta kesejahteraan yang semakin meningkat”. Tegas Saptiadi.

WhatsApp Image 2021-06-28 at 13.00.43 (2)

Lebih lanjut Saptiadi memaparkan bahwa Pertamina Hulu Rokan merupakan bagian dari Pertamina Hulu Energi sangat konsen terhadap dunia pendidikan yang dibuktikan dengan telah berdirinya Universitas Pertamina di Jakarta pada 11 Februari 2016. Selain itu, Pertamina juga memiliki beberapa program untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia diantaranya program link and match yang dibuat untuk mensinergikan antara dunia pendidikan vokasi dengan dunia insdustri, program internship yang bertujuan untuk memberikan pengalaman bekerja kepada lulusan Sarjana sehingga dapat membangun kompetensi, memperluas wawasan dan mendapat pengalaman nyata di dunia kerja, terlibat dalam kegiatan bisnis sehari-hari serta bekerja pada proyek-proyek tertentu dan akhirnya akan mendapat surat keterangan internship. Selanjutnya ada program Magang Mahasiswa Bersertifikat yang bertujuan untuk menjawab tantangan kebutuhan sumber daya manusia dimasa mendatang, menciptakan sumber daya manusia unggul dan berdaya saing dan Program  Pertamina Foundation  berprestasi yang memberikan beasiswa kepada putra putri terbaik Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. Hairunas, M.Ag berharap agar mahasiswa dan lulusan UIN Suska Riau bisa memanfaatkan program-program pendidikan yang telah disediakan oleh Pertamina Hulu Rokan.

 

Penulis : Azmi

Foto : Muzai

Editor : Kasubag Humas

 

 

About Jasnida Jasnida

Check Also

REKTOR SERAHKAN SECARA SIMBOLIS PEMBAYARAN SELISIH TUNJANGAN KINERJA DOSEN UIN SUSKA RIAU

uin-suska.ac.id  Suasana gembira bercampur haru terlihat pada wajah beberapa orang dosen yang sudah menjalani masa pensiun …