UIN SUSKA DAN PEMPROV RIAU LAKUKAN PENGARAHAN DAN PEMBINAAN KARAKTER MAHASISWA PENERIMA BEASISWA

uin-suska.ac.id Dalam mewujudkan tujuan serta terciptanya hasil yang maksimal dalam rangka realisasi penerimaan beasiswa dari Dinas Pendidikan Provinsri Riau, sesuai dengan MoU antara Pemerintah Provinsi Riau dengan UIN Suska Riau bahwa mahasiswa penerima beasiswa dari Dinas Pendidikan Provinsi harus mengikuti pengarahan dan pembinaan karakter. Dari kegiatan ini diharapkan akan terciptanya pribadi matang yang akan berkontribusi pada bangsa dan Negara serta membawa banyak dampak postif bagi generasi penerus bangsa. Kegiatan yang dilakukan pada Rabu, {07/07/2021) bertempat di Auditorium lantai V gedung Rektorat UIN Suska Riau UIN Suska Riau. Mengingat kita masih berada pada masa pandemik Covid-19 maka kegiatan ini dilaksanakan secara online dan offline. Secara offline tampak dihadiri Wakil Rektor I, II dan III, Dekan dan Wakil Dekan dilingkungan UIN Suska Riau serta Kepala Biro AUPK UIN Suska Riau.

Dalam laporannya, ketua panitia pelaksana yang diwakili oleh ibu Hana Mairita S.Pi sebagai Kasubag Kemahasiswaan pada bagian kemahasiswaan dan Alumni UIN Suska Riau menyampaikana bahwa pengarahan dan pembinaan karakter mahasiswa penerima beasiswa ini diikuti oleh 733 orang dari mahasiswa S.1,  15 orang mahasiswa S.2 dan 5 orang mahasiswa S.3. Mahasiwa dari program strata satu (S.1) merupakan mahasiwa penerima beasiwa mulai dari tahun akademik 2017/2018 hingga 2020/2021. Lebih lanjut Hana menyampaikan bahwa kegiatan pengarahan dan Pembinaan bagi penerima beasiswa ini dilakukan dalam 3 tahap kegiatan, yakni Pertama kegiatan pembinaan karakter mahasiswa, Kedua kegiatan pembinaan peningkatan mutu akademik dan Ketiga kegiatan pembinaan mental dan spiritual dengan tujuan diperoleh kualitas Mental dan Spiritual yang kuat sehingga dapat membantu tercapainya tujuan pendidikan di lingkungan UIN Suska Riau.

Sementara itu Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. Hairunnas, M.Ag dalam sambutannya mengucapkan salam hormat dan terimakasih kepada Bapak Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Zul Ikram, S.Pd., M.Pd Yang telah mempercayakan dan memberikan beasiswa kepada mahasiswa UIN Suska Riau dengan harapan kedepannya bisa memberikan beasiswa yang lebih banyak lagi serta bisa bersinergi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan mutu pendidikan di Riau sehingga bisa menjadi provinsi percontohan di tingkat nasional. Kedepan kita harus mampu mencari sumber lain mendapatkan beasiswa baik dari perusahaan maupun pemerintah kabupaten kota di Riau, demi UIN Suska Riau gemilang dan terbilang, harapan Rektor.

Sementara itu untuk pembinaan karakter, Rektor menyatakan bahwa karakter kebangsaan kita itu terukur dan teruji, jadi sikap kita dalam bernegara untuk kebangsaan dan ke Indonesiaan harus mengikuti bagaimana kita sesungguhnya bermoderasi. Moderasi dalam arti bahwa kita tidak ekstrim kanan dan tidak ekstrim kiri. Sehingga kedepannya kita berharap bahwa mahasiswa-mahasiswa sekarang harus bisa menjadi agen perubahan yang akan menyampaikan secara moderat  kepada seluruh elemen masyarakat bahwa kita saat ini hidup sebagai bangsa yang plural, heterogen dan multi etnik serta multi agama yang kita mesti sama-sama toleransi agar kita bisa hidup berdampingan dengan siapapun, jelas Rektor.

Rektor juga berharap dengan program beasiswa ini, bahwa mahasiswa tidak hanya mempertaruhkan almamater dan kredibilitas kita sebagai mahasiswa tapi lebih dari pada itu bagaimana penerima beasiswa itu memposisikan diri sebagai orang-orang yang patut menerima beasiswa tersebut. Artinya harus mampu meningkatkan kemampuannya sesuai dengan bidang beasiswa yang didapatkan baik prestasi maupun tahfiz, tegas Rektor.

 

Penulis : M. Huzaini

Foto     : Sukmawati

Editor : Kasubag Humas

1 2 3 4 5 6

About Jasnida Jasnida

Check Also

REKTOR SERAHKAN SECARA SIMBOLIS PEMBAYARAN SELISIH TUNJANGAN KINERJA DOSEN UIN SUSKA RIAU

uin-suska.ac.id  Suasana gembira bercampur haru terlihat pada wajah beberapa orang dosen yang sudah menjalani masa pensiun …