Kepala Sub Direktorat KKN, DPKM Universitas Gajah Mada Yogyakarta : Merancang PKM Secara Daring dan Bimbingan KKN

uin-suska.ac.id  Kepala Sub Direktorat KKN, DPKM Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Dr. Ir Ambar. Kusumandari, M. ES mejadi narasumber secara daring via aplikasi Zoom. Dalam kegiatan Refreshment Dosen Pembimbing Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan ke-45 tahun 2021 yang di laksanakan di Grand Suka Hotel Pekanbaru, Rabu (7/7/2021).

kkn8

Adapun tema yang diangkat pada kesempatan ini yaitu Merancang PKM Secara Daring dan Bimbingan KKN. Dalam paparanya beliau menyampaikan bahwa Pandemi Covid-19 berdampak bagi masyarakat dan mempengaruhi berbagai sektor seperti sosial, ekonomi, pendidikan, budaya, penggunaan internet teknologi, dll. Dampak pandemi Covid-19 menyebabkan terjadinya perubahan perilaku dalam berbagai tatanan kehidupan, sehingga memerlukan penanganan yang tepat. Peran serta perguruan tinggi sangat diharapkan dalam pemulihan dampak pandemi Covid-19. PT berperan serta dalam upaya pemulihan dampak Covid-19 salah satunya melalui KKN-PPM yang disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku. Kesehatan dan keselamatan bersama menjadi prioritas. PT harus berpartisipasi untuk berperan aktif dan positif dalam membantu mengendalikan pandemi Covid-19

KKN yang dilaksanakan UIN Suska Riau saya yakin nantinya memberikan hasil yang jauh lebih baik dibandingkan dengan perguruan tinggi yang lain karna dengan visi yang sangat baik ini dan juga dari dukungan fakultas yang ada di UIN Suska Riau dengan meng KKN kan Mahasiswa sebanyak 4441 orang. Kalau saya lihat Fakultas Fakultas yang ada ini sangat mendukung untuk pelaksanaan KKN sehingga tidak ada fakultas yang tidak ikut KKN karna semuanya merupakan ilmu ilmu yang didapat di bangku perkuliahan sangat di perlukan oleh masyarakat, tinggal nantinya bagaimana bapak ibuk ini membagi mahasiswa kedalam kelompok kelompok yang bisa saling bersinegri, saling bekerja sama di lapangan sehingga visi dan misi UIN Suska Riau dapat dilaksanakan dengan baik di lapangan. Mudah mudahan pandemi segera berakhir sehingga kita bisa lebih leluasa dalam berkarya dan beribadah. Meskipun kondisi seperti ini kita sebagai Akademisi Perguruan Tinggi tetap harus melanjutkan program program yang ada pada setiap  perkuliahan harus jalan terus, KKN juga terus berlanjut karna kalau ini dihentikan mahasiswa bisa terlambat lulus kemudian terlambat untuk memperoleh atau menggapai cita cita dalam merajut masa depan, kehilangan kesempatan kerja, membayar spp lebih banyak lagi. Untuk itu maka KKN tetap  diselenggarakan secara daring “ujar Ambar”.

Bahwa Tri Darma kita itu Pendidikan, Penelitian, Pengabdian itu dapat dipertemukan hanya melalui KKN, jadi di dalam KKN kita punya energi yang sangat luar biasa karna empat ribu lebih mahasiswa berkumpul disini dari berbagai disiplin ilmu. Sementara itu KKN ini merupakan penerapan hasil penelitian. Dalam KKN kita melakukan pengabdian pada masyarakat. Sepulang dari KKN, DPL dapat memperoleh bagaimana cara memecahkan permasalahan dilapangan dan dapat di jadikan sebagai bahan untuk penelitian dalam menyelesaikan tugas akhir dalam perkuliahan. Maka kita tidak pernah akan kehabisan tema tema penelitian dan kita tidak akan pernah berhenti melaksanakan pengabdian.”tegasnya.

 

Penulis             : Robil

Fotografer       : Azmi

Editor              : Kasubag Humas

 

About Jasnida Jasnida

Check Also

REKTOR SERAHKAN SECARA SIMBOLIS PEMBAYARAN SELISIH TUNJANGAN KINERJA DOSEN UIN SUSKA RIAU

uin-suska.ac.id  Suasana gembira bercampur haru terlihat pada wajah beberapa orang dosen yang sudah menjalani masa pensiun …