Literasi Digital Gelar Webinar “ Tips Mengenali Berita Hoax Atau Fakta”

uin-suska.ac.id Bagi sebagian besar orang, literasi digital kerap dianggap sebagai kemampuan untuk mengoperasikan suatu teknologi pada kehidupan sehari-hari. Namun, pemahaman tersebut kurang tepat. Sebab, selain kemahiran dalam menjelajahi internet, para pengguna teknologi juga dituntut untuk bisa bertanggung jawab ketika menggunakannya.
Kominfo kembali bekerjasama dengan UIN Suska Riau mengadakan Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital Rabu, 7/7/2021 dengan tema “Tips Mengenali Berita Hoax atau Fakta”. Dengan menghadirkan narasumber Usman. M.Ikom.C.PS.C.PI.C.MPI (CEO EO Zevky) dan Firdaus EL Hadi, S.Sos M.Soc.Sc keduanya adalah merupakan Dosen Komunikasi pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau kegiatan dilaksanakan dengan link zoom dimulai pukul 14.00 – 17.00 WIB.

WhatsApp Image 2021-07-08 at 15.14.53

Diskusi ilmiah ini di pandu oleh moderator Hikmatun Hassana, selanjutnya di teruskan dengan pemaparan materi narasumber pertama Dr. Gushevinalti, M.Si dengan mengangkat tema” Verifikasi sebelum Berbagi’ . Narasumber kedua Anwar Sadat St., MT. dengan mengangkat Tema “Aspek Keamanan Dari Hoax“ .Narasumber ketiga Usman. M.Ikom.C.PS.C.PI.C.MPI dengan tema “Digital Ethic : Penerapan Etika Komunikasi Di Media Sosial Dalam Menyikapi Penyebaran Hoax “. Narasumber keempat Firdaus EL Hadi, S.Sos M.Soc.Sc dengan tema “Budaya Digital Vs Budaya Offline”.

WhatsApp Image 2021-07-08 at 15.12.26

WhatsApp Image 2021-07-08 at 15.16.32

Etika digital seringkali disebut network etiquette (netiquette), yaitu tata krama atau aturan dalam menggunakan internet. Agar meninggalkan jejak digital yang baik, pengguna media digital membutuhkan kesadaran, kebajikan, integritas atau kejujuran dan harus bertanggung jawab saat menggunakan internet. Untuk mencegah terpapar informasi hoax  ada beberapa hal yang harus di ingat, yaitu : dengan mencari informasi terkait kabar yang di dapatkan, Biasakan untuk berpikir kritis terhadap informasi, cek lagi sumber yang terpercaya supaya jangan samapai menyebar kembali berita hoax.

WhatsApp Image 2021-07-08 at 15.16.55

WhatsApp Image 2021-07-08 at 15.17.25

Kegiatan webinar ini berjalan dengan lancar dan bagi para peserta yang mendaftarkan diri dan mengikuti rangkaian acara hingga selesai kominfo akan memberikan e-certificate sebagai bukti  ke ikut sertaan dan memberikan vocer emonay kepada 6 enam penanya terpilih.

 

Penulis             : S/L

Photografer     : L/S

Editor              : Kasubag Humas

 

About Jasnida Jasnida

Check Also

REKTOR SERAHKAN SECARA SIMBOLIS PEMBAYARAN SELISIH TUNJANGAN KINERJA DOSEN UIN SUSKA RIAU

uin-suska.ac.id  Suasana gembira bercampur haru terlihat pada wajah beberapa orang dosen yang sudah menjalani masa pensiun …