Rektor UIN Riau Beri Kuliah Umum Santri Baru Perguruan Thawalib

Meski santri baru Perguruan Thawalib jenjang pendidikan Tsanawiyah Thawalib  setara SMP dan Kuliyatul Ulum El Islamiyah (KUI) setara SMA untuk  tahun ajaran 2021-2022 mendapatkan  kuliah umum oleh Rektor UIN Suska Riau Prof Dr Khairunnas Rajab, MAg. Kuliah Umum tersebut sebagai pengantar dimulainya tahun ajaran baru 2021-2022 bagi santri putra dan putri Perguruan Thawalib Padang Panjang.  “Ini langkah awal yang diperkenalkan kepada seluruh santri baru Perguruan Thawalib bahwa mereka diberikan kuliah umum oleh seorang rektor perguruan tinggi negeri Islam,” kata Sekretaris Umum Yayasan Thawalib Irwan Natsir, Senin (12/7/2021).

Menurut Irwan Natsir, kegiatan kuliah umum bagi santri tersebut merupakan agenda yang ditetapkan sebagai pra proses belajar mengajar di lingkungan Perguruan Thawalib.  “Jadi sebelum masuk sekolah secara resmi maka para santri baru diberikan kuliah umum dan tak tanggung tanggung yang menyampaikan kuliah umum adalah rektor,” katanya. Dengan dihadirkan Rektor UIN Suska Riau menyampaikan kuliah umum agar para santri baru mendapatkan wawasan dan pengetahuan serta untuk membiasakan bahwa santri juga bisa menerima kuliah umum dari level tertinggi yakni seorang rektor.  “Alhamdulillah kesediaan Rektor UIN Suska Riau menyampaikan kuliah umum menjadi energi positif bagi santri baru Perguruan Thawalib,” jelas Irwan Natsir. Dalam paparan kuliah umumnya, Khairunnas Rajab mengajak para santri untuk bersikap optimis dan untuk bisa menguasai berbagai perkembangan dewasa ini termasuk teknologi. Kemudian ia juga menjabarkan bagaimana dunia pesantren ternyata telah memberikan nilai tambah dan solutif bagi kehidupan saat ini sehingga keberadaan pendidikan pesantren sangat diperhitungkan.

Khairunnas Rajab juga mengingatkan para santri jika ingin meraih sukses untuk mengamalkan nilai nilai ketaqwaan yang selama ini diajarkan. Nilai ketaqwaan seperti tidak sombong, tidak merasa hebat, tidak iri, tidak dendam merupakan nilai yang sangat berharga untuk mengantarkan kepada sebuah keberhasilan dalam menjalani kehidupan ini. Dalam kuliah umum di depan ratusan santri putra dan putri Perguruan Thawalib itu, Khairunnas Rajab juga bercerita bagaimana ia dulu sekolah di Perguruan Thawalib sampai bisa kuliah S1 sampai S3 di berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri bahkan mengantarkan dirinya menjabat Rektor UIN Suska Riau. Dalam kuliah umum tersebut sejumlah santri juga berdialog langsung dengan Prof Khairunnas Rajab. Acara kuliah umum ditutup dengan pemberian penghargaan Yayasan Thawalib kepada Khairunnas Rajab oleh Sekretaris Umum Yayasan Thawalib Irwan Natsir yang didampingi Anggota Pembina Yayasan Thawalib Dr Rizal Pahlefi dan Wakil Sekretaris Fahmi.

Sumber: www.riaupos.jawapos.com

About Jasnida Jasnida

Check Also

REKTOR SERAHKAN SECARA SIMBOLIS PEMBAYARAN SELISIH TUNJANGAN KINERJA DOSEN UIN SUSKA RIAU

uin-suska.ac.id  Suasana gembira bercampur haru terlihat pada wajah beberapa orang dosen yang sudah menjalani masa pensiun …