REKTOR BUKA SECARA RESMI BIMTEK PIMPINAN DAN ANGGOTA DPRD KABUPATEN SIAK

uin-suska.ac.id peningkatan kapasitas dan kredibilitas dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan tanggungjawab semua warga Negara Indonesia. Sebagai bentuk usaha yang harus dilakukan adalah dengan berbagi ilmu  dan berkolaborasi dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UIN Suska Riau bekerja sama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Siak melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas dan Bimbingan Teknis Pimpinan Anggota DRPD Kabupaten Siak. Melalui kegiatan ini akan terbangun sinergisitas antara Akademisi dan Pemerintah Daerah dalam pembangunan Daerah dan Indonesia kedepannya.  Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu, 17/07/2021 ini bertempat di Hotel Labersa Kampar Riau dibuka secara resmi oleh Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. Khairunnas Rajab, M.Ag.

Pelaksanaan kegiatan yang menerapkan protokol  kesehatan Covid-19 ini dihadiri oleh narasumber dari Widyaswara Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dan Moneve BPSDM Provinsi Riau.. Ketua DRPD kabupaten Siak  H. Azmi, SE dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam peserta yang akan mengikuti kegiatan ini berjumlah 40 orang yang terdiri dari Pimpinan dan Anggota DRPD Kabupaten Siak dan berlangsung selama dua hari kedepan dengan Narasumber dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, jelas Azmi. Melalui kegiatan ini azmi berharap terciptanya tatanan pemerintahan yang baik sehingga selayaknya sebagai badan legislatif dapat mengoptimalkana perannya sebagai fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan dan pertanggungjawaban dan pengawasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), sehingga akan terciptanya tata pemerintahan yang baik, transparan dan akuntabel. Inilah inti yang harus kita dapatkan dari kegiatan “Peningkatan Kapasitas dan Bimbingan Teknis Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Siak”, harapann Azmi. Kita juga berikan materi  pilihan yang diangkat antara lain Pertama Undang-undang 7 tahun 2017 tentang pemilu diambang batas parlemen, Kedua Mekanisme penyusunan pokok-pokok pikiran, Ketiga Penguatan alat kelengkapan DPRD dalam menunjang kinerja anggota DPRD Kabupaten Siak.

Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. Khairunnas Rajab, M.Ag memberikan sambutan

Sementara itu Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. Khairunnas Rajab, M.Ag dalam sambutan mengatakan bahwa selama ini Kabupaten Siak telah memberikan dan memperhatikan mahasiswa-mahasiswa khususnya dari Kabupaten Siak yang ada di  UIN Suska Riau. pada tahun ini pemda Siak minta kepada UIN Suska Riau untuk menyiapakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dalam rangka mempersiapkan generasi muda kedepan yang bisa mewujudkan cita-cita luhur yang sudah menjadi azam dari Pemerintahan Kabupaten Siak. Beberapa waktu yang lalu Pemerintah Kabupaten Siak menyampaikan sebuah komitmen dengan UIN Suska Riau untuk memberikan kepercayaan agar putra putri Kabupaten Siak yang berprestasi dan yang tidak mampu melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi dengan alasan keadaan ekonomi bisa diterima dan mendidik mereka.

Untuk saat ini paling tidak sudah ada Sembilan orang yang  sudah ditetapkan lulus sebagai mahasiswa UIN Suska Riau. Ini adalah bentuk komitmen Pemerintahan Kabupaten Siak yang mempercayakan UIN Suska Riau sebagi lembaga yang dipercaya untuk mendidik putra putri mereka, jelas Rektor.

Penggalungan Corcarde oleh Rektor UIN Suska Riau

Kedepannya UIN Suska Riau akan menyediakan lahan untuk membangun Rumah Susun Mahasiswa (Rusunawa) bagi Pemerintah Daerah untuk mahasiswa yang akan kuliah di UIN Suska Riau. Demikian juga dengan anggaran pendidikan untuk masyarakat Siak agar bisa di tingkatkan  demi mutu dan kualitas pemimpin masa akan datang. Diakhir sambutan dengan mengucapkan Bismilahirrahmanirrahin Rektor UIN Suska mebuka secara resmi kegiatan Peningkatan Kapasitas dan Bimbingan Teknis Pimpinan dan anggota DPRD kabupaten siak.

Penulis : M. Huzaini

Foto : Robil Alam Nur

Editor : Kasubag Humas

About Jasnida Jasnida

Check Also

REKTOR SERAHKAN SECARA SIMBOLIS PEMBAYARAN SELISIH TUNJANGAN KINERJA DOSEN UIN SUSKA RIAU

uin-suska.ac.id  Suasana gembira bercampur haru terlihat pada wajah beberapa orang dosen yang sudah menjalani masa pensiun …