web analytics

MENAG BERHARAP ASESSMEN CALON PIMPINAN TINGGI PRATAMA KEMENTERIAN AGAMA MAMPU MEMBAWA PERUBAHAN

uin-suska.ac.id setelah melakukan seleksi administrasi Seleksi asessmen calon pimpinan tinggi pratama Kementerian Agama tahun 2021, selasa (24/08/21) melakukan tahapan berikutnya yakni asessmen kompetensi. Kegiatan yang dilaksanakan secara zoom dan dipusatkan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dibuka langsung oleh Menteri Agama (Menag) secara virtual dan dihadiri oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi dan para Staf Khusus Menteri Agama. Hadir di Wisma Syahida, Sekejen Kemenag RI Prof. Nizar Ali, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Amany Lubis, Plt Kepala Biro Kepegawaian Akhmad Lutfi, Inspektur Wilayah IV Suhersi. Pelaksanaan asessmen secara online menggunakan aplikasi zoom ini akan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 24 hingga 26  Aguustus 2021dengan materi Hari Pertama Proposal Writing, In Basket Exercise dan Tes Psikologi. Hari Kedua Presentasi dan Wawancara dan hari Ketiga Kelanjutan Presentasi dan Wawancara.

Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Dr. Amany Lubis, MA dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Agama (Kemenag) RI telah mempercayakan kepada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai lokasi seremonial acara pembukaan asessmen calon pimpinan tinggi pratama Kementerian Agama tahun 2021. Hal bertujuan untuk mewujudkan kemenag baru sebagai inisiasi oleh Gus menteri untuk mendukung segala upaya diberbagai bidang terutama mendukung penyedian sumber daya manusia yang berkualitas dan berintegritas yang nantinya akan menghasilkan pelayanan yang prima dengan tata kelola birokrasi yang kredibel, bersih dan berwibawah. Untuk itu kami mengucapkan selamat kepada 31 unit kerja yang mengemban tugas sebagai panitia lokasi asessmen diantaranya IAIN, UIN, IAKN, UHN. Kanwil dan MAN diseluruh Indonesia semoga berjalan lancar dan sukses, sementara itu kepada 180 peserta asessmen kami ucapkan selamat menempuh ujian berikan yang terbaik semoga bisa sukses menjadi yang terbaik, ucap Rektor.

Sekjen Kemenag RI Prof. Dr. Nizar Ali, M.Ag sebagai Ketua Panitia Seleksi asessmen calon pimpinan tinggi pratama Kementerian Agama tahun 2021, dalam laporannya menyampaikan bahwa Berdasarkan UU No. 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil Negara mengamanahkan bahwa pengisian jabatan pimpinan tinggi dilakukan secara terbuka dan kompetitif dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan latihan, rekam jejak jabatan dan integritas serta persyaratan lain yang dibutuhkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini sesuai dengan program percepatan repormasi birokrasi yang salah satu diantaranya adalah program system promosi secara terbuka. Sementara itu pelaksanaan asessmen ini bertujuan menilai kompetensi pelamar dengan menggunakan metode asessmen center dengan standar kompetensi jabatan sebagamana telah diatur dalam permen PAN dan RB No. 38 tahun 2017 tentang standar kompetensi jabatan ASN, jelas Nizar.

Dengan proses asesmen ini dapat mengasilkan kompetensi pelamar dengan standar kompetensi yang telah ditetapkan untuk sehingga menghasilan pejabat yang berintegritas, professional, inovatif serta dapat menjadi role model  dan mampu membumikan moderasi beragama. Asessmen ini menggunakan system gugur dengan kategori nilai 68 kebawah pelamar tidak dapat melanjutkan pada tahapan selanjutnya. asesmen kompetensi berlangsung selama tiga hari, 24 – 26 Agustus 2021 dengan peserta sebanyak 180 orang untuk berkompetisi pada 22 formasi jabatan yang dibuka.

Menteri agama RI Yaqut Cholil Qoumas dalam arahannya menyampaikan bahwa pelaksanaan pengisian jabatan ini merupakan amanah dari undang-undang dan rangkaian pelaksanaan seleksi terbuka. Mengingat besarnya organisasi kementerian agama dengan spectrum yang sangat luas, sehingga dengan situasi seperti saat ini membutuhkan kinerja para pejabat tinggi yang optimal dan tidak kenal lelah untuk melakukan inovasi-inovasi. Jadi kami menjamin pelaksanaan asessmen ini terlaksana secara objektif, transparan sehingga tidak ada sedikitpun cacat dalam proses pelaksanaanya. Dengan proses transparansi ini, kita akan mendapatkan pejabat tinggi di Kementerian Agama yang mampu untuk memenuhi harapan public, tegas Manag.

Sementara itu Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. Khairunnas, M.Ag dalam melakukan peninjauan dilokasi pelaksanaan asessmen untuk panitia UIN Suska Riau yang bertempat di lantai III gedung Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) memberikan ucapan selamat kepada tiga orang tenaga kependidikan UIN Suska Riau yang sukses bersain secara nasional serta tiga orang dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau. Rektor berpesan sambil mengingat bahwa Negara kita adalah plural dan majemuk, seandainya telah lolos dan menjadi pejabat tinggi nantinya berbuatlah untuk lebih baik demi kebaikan Kementerian Agama serta saling menghargai, mengakomodir dan menghormati antara sesama, ujar Rektor.

Penulis : M. Huzaini

Foto : M. Huzaini

Editor : Kasubag Humas