web analytics

WAKIL REKTOR I UIN SUSKA RIAU KENALKAN BUDAYA AKADEMIK KAMPUS

uin-suska.ac.id Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK)  Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Tahun Akademik 2021/2022 yang diselenggarakan pada Senin, (6/8/2021) pada siang ini dibagi menjadi dua sesi dengan dua narasumber. Narasumber sesi pertama Dr. Hj. Helmiati, M. Ag. Sekaligus Wakil Rektor II Bidang Akademik dan Pengembangan kelembagaan UIN Suska Riau dengan tema “ Pengenalan Budaya Akademik Dan Sistem Pembelajaran di UIN Suska Riau”. Dalam paparan materinya menyatakan bahwa Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan yang diselenggarakan ini menandai adanya perubahan status dari siswa menjadi mahasiswa. Kegiatan PBAK ini menjadi momentum tranformasi mahasiswa yang diharapkan memegang tanggung jawab sebagai agent of change dan menjadi pembawa perubahahan di masyarakat.

Dalam administrasi akademik ada beberapa kegiatan akademisi yang perlu di ketahui  mahasiswa dan perlunya memahami sistem pendidikan di kampus serta memiliki sense of belonging terhadap kampus dan memiliki tanggung jawab untuk menuju arah yang kita cita-citakan. Seperti sistem studi mahasiswa, tahun akademik, mata kuliah, beban studi,cuti kuliah, alpa studi.

Sedangkan pada sesi kedua Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan mengetengahkan materi tentang “ Mempersiapkan Generasi Penerus Yang Kuat” yang disampaikan oleh Wakil Dekan III Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau  Dr. Kunaifi, S.T., PgDipEnSt., M.Sc Dr. Menurut Narasumber, dampak dari revolusi teknologi yang tinggi menyebabkan setiap warga dunia dapat terkoneksi menggunakan teknologi mobile.oleh karena itu kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapi industri 4.0.

Adapun persipan diri yang harus dilakukan adalah Berpikir kritis yaitu dengan cara mengidentifikasi inkonsistensi, dan kesalahan dalam penalaran, berpikir desain yaitu mampu memecahkan masalah secara praktis dan kreatif, kreatif adalah terus menerus memikirkan ide, produk atau layanan baru yang di sempurnakan, komunikasi efektif, efisien dan profesional, kolaborasi dalam bekerja dengan tim sangat penting karena sebagian besar tugas akan bersifat kolaboratif. Dalam organisasi, antar organisasi atau bahkan antar negara.

Penulis             : Sri

Fotografer       : Indah

Editor              : Kasubag Humas

Narasumber sesi kedua Wakil Dekan III FAste
Sesi II Wakill Rektor I dan peserta PBAK