web analytics

WAKIL DEKAN III F.USH BEKALI MABA TENTANG RADIKALISME DAN TERORISME

uin-suska.ac.id Dalam kelanjutan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK)  Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Tahun Akademik 2021/2022 di hari kedua ini bertempat di gedung rektorat lantai 5 melalui via Zoom dan chanel youtube UIN Suska Riau, pada Selasa, (7/9/2021). Dalam PBAK pagi ini dibagi menjadi beberapa sesi

Narasumber pada sesi selanjutnya Dr. H.M. Ridwan Hasbi, Lc, MA selaku Wakil Dekan III Fakultas Ushuluddin, beliau sudah menjabat sebagai wakildekan III bidang ini sudah dua periode kali ini menjelaskan kepada mahasiswa baru dengan tema “Radikalisme dan Terosisme (Bijak Dalam Beragama) Dalam paparannya menjelaskan tentang radikalisme yang dalam bahasa arab terbagi menjadi 3 bagian yaitu Al-‘unf : Lawan lemah lembut dan kasih sayang, berarti penggunaan kekuatan secara ilegal (main hakim sendiri) untuk memaksakan kehendak dan pendapat, At-Tatarruf: Radikal, Ekstrem, dan berlebihan. At-Tatarruf ad-dini berarti segala perbuatan yang berlebihan dalam beragama, lawan kata al-Wasath (tengah/moderat) yang memiliki makna baik dan terpuji, dan yang terakhir, Al-Guluw secara bahasa berarti berlebihan atau melampaui batas sering digunakan untuk menyebut praktik pengamalan agama yang ekstrem sehingga melebihi batas kewajaran.

Dalam studi Ilmu Sosial, Radikalisme sebagai pandangan yang ingin melakukan perubahan yang mendasar sesuai dengan interpretasinya terhadap realitas sosial atau ideologi yang dianutnya atau radikalisme merupakan suatu sikap yang mendambakan perubahan secara total dan bersifat revolusioner dengan menjungkirbalikkan nilai-nilai yang ada secara drastis lewat kekerasan. Secara singkat radikalisme adalah embrio lahirnya terorisme

 “Penyebab Radikalisme ini dikarenakan Pengetahuan Agama setengah-setengah, literasi memahami teks-teks Agama terbatas, wawasan esensi Agama minim, sibuk dalam masalah Furu`iyah, berlebihan dalam mengharamkan dan membid`ahkan” ujarnya.

Narasumber berharaf dengan adanya PBAK secara online ini maba bisa memahami bagaiamana pergerakan yang nantinya bisa menjerumuskan atau mengarahkan kepada kebaikan. Selama menjalani perkulihan selama di UIN Suska Riau.

Penulis             : Robil

Fitografer        : Indah

Editor              : Kasubag Humas