SEKJEN KEMENAG RI : PENTINGNYA SMART KAMPUS DALAM MASA DIGITALISASI

uin-suska.ac. sebagai tanda dimulai perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2021/2022, Pascasarjana UIN Suska Riau laksanakan kuliah umum dengan tema “Urgensi smart kampus  dalam rangka mewujudkan tri dharma perguruan tinggi yang unggul dan berkualitas”. Sekjen Kemanag RI sebagai penyampai materi pada kuliah umum ini berharap agar kedepan seluruh perguruan tinggi menjadi smart kampus. Kegiatan yang dilaksanakan secara zoom pada Kamis, (09/09/2021) dipusatkan di salah satu hotel di Pekanbaru dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Tampak hadir secara offline Sekjen Kemenag RI sebagai narasumber, Rektor, Wakil Rektor dan Dekan dilingkungan UIN Suska Riau, Direktur Pascasarjan dan Kakanwil Kemenag Riau beserta kepala bidang dan beberapa kakankemenag Kabupaten/kota diwilayah Riau

Direktur Pascasarjana UIN Suska Riau Prof. Dr. Ilyas Husti,MA dalam sambutannya menyampaikan bahwa hari ini merupakan silaturrahmi ta’aruf mahasiswa baru dengan seluruh pimpinan dalam menghadapi perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2021/2022. Tema yang kita diangkat saat ini sesuai dengan kondisi kita yang masih dalam suasana covid-19 yang sudah banyak merubah sistem kita. Dalam dunia pendidikan perubahan terbesar terjadi pada sistem belajar yang selama ini melalui tatap muka atau offline menjadi sistem online. Disinilah akan kita kaji nantinya bagaimanna dampak transper knowledge kepada mahasiswa dan efektifmya dalam rangka pembinaan pendidikan karakter baik dipendidikam tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Oleh karna itu melalui kuliah umum bersama Sekjen Kemenag RI ini akan kita bahas masalah smart kampus atau infrastruktur kampus yang dilengkapi dengan sistem Information Technologi (IT), SDM yang like IT dan menyiapkan sarana prasarana yang berbasis IT, terang Prof. Ilyas.

Sekjen Kemenag RI Prof. Dr. Nizar Ali, MA dalam penyampaian materi kuliah umumnya menyatakan bahwa perkembangan IT saat ini melebihi kapasitas nalar manusia. Demikian juga perkembangan kajian-kanjian yang begitu cepat berkembang, ini maknanya bahwa IT tidak bisa ditinggalkan dalam konteks era zaman sekarang. Sehingga pak sekjen menyatakan bahwa smart kampus menjadi sebuah konsep, perguruan tinggi berbasis cyber menjadi penting. Karena itu perguruan tinggi mengalami saat ini mengalami tantangan yang luar biasa diera perubahan ini diantanya adalah untuk melahirkan lulusan yang bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman. Jadi dosen dan mahasiswa saat ini harus responship terhadap perkembangan teknologi dalam menciptakan smart kampus ini, terang Prof. Nizar.

Menurut Prof. Nizar paling tidak ada tiga syarat bagi sebuah perguruan tinggi dalam menciptakan smart kampus denganlayanannya berbasis IT, hal ini juga sesuai juga dengan salah satu progam kemenag pada pada tahun 2021 ini cyber Islamic university. Diantara syarat menciptakan smart kampus yakni Pertama infrastruktur IT (server, benwit dan fiver optiknya), Kedua Sumber Daya Manusia (SDM) menguasai IT dan Ketiga aplikasi-aplikasi sistem, jelas Nizar.  

Sementara itu Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. Hairunnas, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasi kepada Sekjen Kemenag RI yang telah memberikan pencerahan yang luar biasa buat UIN Suska. Dan sesungguhnya UIN Suska Riau sudah memulai terhadap apa yang sudah disampaikan pak Sekjen tersebut dan kita harus melek teknologi demi menciptakan UIN Suska Riau gemilang dan terbilang. Rektor juga berharap ditangan Direktur baru Prof. Dr. Ilyas Husti, MA Pascasarjana menjadi lebih baik. Pada kesempatan ini Rektor juga menyampaikan bahwa alumni Sains dan Teknologi kita sudah berkontribusi besar dalam tenaga ahlinya di perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Sementara itu untuk pengembangan pembelajaran digitalisasi kampus selain aplikasi zoom, google meet dan sebagainya, sekarang UIN Suska sudah membuka aplikasi baru yang disebut dengan “e learning UIN Suska Riau” dan sedang diaplikasikan pada seluruh fakultas. Harapan kedepan mari kita masukkan dalam program kinerja utama menjadikan UIN Suska Riau menjadi kampus digital, tegas Rektor.

Penulis : M. Huzaini

Foto : Sri Hastuti

Editor : Kasubag Humas

Prof. Khairunnas RAjab, M.Ag Rektor UIN Suska Riau
Prof. Dr. H. Ilyas Husti, MA Direktur Program Pascasarjana UIN Suska Riau
Wawancara Tim Humas Setelah selesai materi didampingi oleh Rektor UIN, Direktur PPs, Kakanwil dan Kaprodi PPs

About Jasnida Jasnida

Check Also

PRODI PGMI AWALI SEMESTER GANJIL DENGAN MEMULAI KULIAH UMUM

uin-suska.ac.id Untuk mengawali perkuliahan semester ganjil tahun ajaran 2021- 2022 Prodi PGMI ( Pendidikan Guru …