web analytics

PIMPINAN UIN SUSKA RIAU IKUTI SOSIALISASI PMA 29 TAHUN 2020 MELALUI ZOOM METTING

uin-suska.ac.id Kementerian Agama (Kemenag) Republik (RI) melalui bagian Organisasi Tata Laksana (Ortala) laksanakan sosialisasi Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 29 Tahun 2020. PMA ini berisi tentang  Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024 di lingkungan Kemanag RI. Mengingat PMA ini sangat perlu disosialisasikan kepada semua Stakeholder di lingkungan Kemenag sementara kita masih dalam suasana covid-19 maka kegiatan ini dilaksanakan secara zoom. Kegiatan yang laksanakan pada Senin (04/10/2021) yang lalu dipusatkan di kantor Kemanag RI Jakarta dan diikuti oleh semua tingkat satuan kerja dan Stakeholder Kementerian Agama di seluruh Indonesia. Sementara di UIN Suska Riau kegiatan zoom ini ikuti oleh Rektor, Wakil Rektor I, II  dan III, para Dekan, Wakil Direktur Pascasarjana dan Kepala Biro yang di pusatkan di ruang rapat pimpinan laintai IV gedung Rektorat.

Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Akhmad Lutfi dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara  sosialisasi Road Map Reformasi Birokrasi Tahun 2020-2024 hanya bisa dilakukan melalui pertemuan virtual, namun ini sangat penting sebagai upaya akselerasi implementasi Road Map Reformasi Birokrasi Kementerian Agama. Sosialisasi Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024  Kementerian Agama bertujuan untuk mensosialisasi Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024  Kementerian Agama yang merupakan PMA nomor 29 Tahun 2020, sekaligus melakukan bimbingan teknis penerapan aplikasi SIMRB, Sim Informasi manajemen reformasi birokrasi sebagai sarana monitoring dan evaluasi pelaksanaan PMA 29 2020.

Sementara itu Sosialisasi Road Map Reformasi Birokrasi tahun 2020-2024 sudah seharusnya dilakukan secepatnya, mengingat tahun ini kita sudah memasuki triwulan akhir dan tahun kedua pelaksanaan Road Map Reformasi Birokrasi Kementerian Agama 2020-2024” Ungkap Akhmad.

Di akhir sambutannya Lutfie menjelaskan sosialisasi Road Map Reformasi Birokrasi tahun 2020-2024 yang dilaksanakan secara virtual dan di ikuti seluruh tim reformasi birokrasi baik pusat maupun daerah tingkat satuan kerja Kementerian Agama di seluruh Indonesia.

Prof. Dr. Nizar Ali, M.Ag selaku Sekretaris Jenderal Kementerian Agama “ Memyampaikan apreasisi kepada tim Organisasi Tata Laksana (ORTALA) yang menyelenggarakan kegiatan ini, walaupun masih dalam suasana pandemi covid-19 namun tetap berlangsung walaupun secara virtual. Karena ini menjadi mandatory nasional dalam reformasi birokrasi, sehingga perlu melakukan penyesuaian, adaptasi dan juga melakukan perubahan. Diharapkan bisa memacu secara cepat reformasi birokrasi di Kementerian Agama sehingga nanti akan tercapai reformasi birokrasi yang diharapkan. Hal ini menjadi sangat penting untuk diketahui semua pihak Stakeholder Kementerian Agama terkait dengan Road Map (Peta Jalan) reformasi birokrasi. Kedepannya masing-masing bisa bertanggung jawab mengawal reformasi birokrasi ini, jelas Nizar.

Dengan adanya Quick Wins dalam kerangka strategi pelaksanaan reformasi birokrasi dan merupakan program percepatan dalam bentuk inisiatif kegiatan yang menggambarkan percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi Kementerian Agama.

Oleh karena itu, “reformasi birokrasi bertujuan untuk peningkatan budaya birokrasi, pemerintah yang bersih, melayani dan responsive. Sasarannya adalah birokrasi Kementerian Agama yang bersih dan akuntabel, kapabel, pelayanan publik bidang agama yang prima” jelas Nizar.

Penulis : Sri Hastuti

Foto : Indah Puspita Sari

Videografer : M. Huzaini

Editor : Kasubag Humas