“PENTINGNYA LISTENING DALAM PENGUASAAN BAHASA INGGRIS”

uin-suska.ic.id Turut hadir narasumber pada hari kedua tanggal 16 november 2021 pada hari selasa bertempat di hotel asnof pekanbaru sesi kedua kali ini adalah Douglas David Evans, MA- TESOL. Beliau menyampaikan materi mengenai Listening Comprehension dan merupakan pemateri handal yang memiliki skill penyampaian materi secara native speaker yang berasal dari Kanada. Ada 3 bentuk TOEFL yang diselenggarakan, yaitu internet-based TOEFL (iBT), computer-based TOEFL (CBT), dan paper-based TOEFL (PBT). Masing-masing tes ini memiliki ciri dan jenis kecakapan (proficiency) yang berbeda.
Listening merupakan satu kemampuan yang diuji di tiga bentuk TOEFL (iBT, CBT dan PBT). Berbeda dengan speaking yang tidak masuk dalam materi ujian di PBT, namun ada di iBT dan CBT. Ini mengindikasikan pentingnya listening sebagai kemampuan yang harus dikuasai peserta untuk seluruh bentuk ujian TOEFL.
Meskipun beberapa peserta agak kesulitan untuk mengartikan apa yang telah di sampaikan narasumber, tetapi mereka tetap antusias untuk mengikuti pelatihan ini dan selalu berusaha untuk focus dengan apa yang disampaikan oleh narasumber.
Saat di tanya oleh narsumber kesulitan apa yang biasa dialami dalam pengerjaan soal listening, ada yang mengatakan bagian tersulit ketika mendengarkan dengan dialeg yang berbeda, cara pengucapan yang terlalu cepat sampai kepada grammar nya.
Sesekali ketika peserta merasa bosen dan lelah narasumber mengajak peserta untuk berdiri sejenak dan meregangkan otot-otat yang sudah kaku dan peserta pun kembali tersenyum dan bersemangat kembali untuk mengikuti pelatihan.
Narasumber sesi dua ini tidak hanya mengasah kemampuan listening peserta tetapi juga mengasah kemampuan reading peserta denga cara meminta peserta untuk membaca beberapa text yang ada dalam contoh latihan.
“Ada beberapa tips dan trik untuk membantu anda dalam pengerjaan soal listening ini. Yang pertama adalah Mengidentifikasi topic utama, yang kedua mengetahui pola nya dan tidak perlu mencatat terlalu banyak ketika sedang mendengarkan’.


Penulis: Sukmawati
Fotografer: Mukhtarsyah., S.Hi
Editor: Kasubag Humas

About Jasnida Jasnida

Check Also

LPPM UIN SUSKA RIAU DUKUNG VISI MISI WALI KOTA DUMAI

Pada jumat 3 Desember 2021 melalui Rapat audiensi di Dumai yang dipimpin oleh Hermanto Usman …