“MORE PRACTICE AND BELIEVE IN YOURSELF KUNCI SUKSES DALAM LISTENING TOEFL TEST”

uin-suska.ac.id Pelatihan TOEFL bagi dosen UIN Suska Riau yang diselenggarakan di Royal Hotel Asnof masih berlangsung. Peserta masih terlihat antusias untuk mengikuti pelatihan di hari ketiga sesi pertama ini. (17/11/2021)
Pemateri pada pelaksanaan di hari ke tiga sesi pertama ini adalah Mr. Ferdinand H. P. Wouda dari Belanda. Beliau menyampaikan materi mengenai strategi dalam memahami listening dalam penggunaan bahasa inggris.
Listening merupakan salah satu komponen dalam memahami bahasa inggris dengan baik dan benar dan juga salah satu bentuk test yang harus dikerjakan dalam TOEFL. Jika dalam mendengarkan (listening) anda tidak bisa menemukan poin utama dari narasumber atau dari percakapanya, anda masih punya kesempatan untuk menjawab pertanyaan dengan cara menerpakan proses eliminasi yaitu dengan cara menghilangkan jawaban yang mungkin bisa salah. Topik utama dalam listening biasanya muncul setelah awal pembukaan di awal percakapan.
Dalam materinya beliau menyampaikan bahwa “ Ada beberapa point penting yang harus di perhatikan ketika mengerjakan soal listening dalam pelatihan ini diantaranya yakni : temukan ide pokok dalam percakapan, focus pada struktur kalimat, dengarkan intonasi dan gaya bahasanya, perhatikan kalimat transisi. ’” Jelas Mr. ferdinand
“ Meskipun pelatihan ini waktunya sangat singkat Insyallah akan bisa memberikan keuntungan yang maksimal bagi peserta yang sungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan ini, dengan harapan peserta diakhir sesi pelatihan ini memperoleh skor tinggi diatas 500. Yang paling terpenting adalah selalu latihan untuk mengerjakan soal-soal dalam listening dan percaya pada diri sendiri’ Tambah Ferdinan.


Penulis: Sukmawati
Fotografer: Mukhtarsyah.,
Editor : Kasubag Humas

About Jasnida Jasnida

Check Also

LPPM UIN SUSKA RIAU DUKUNG VISI MISI WALI KOTA DUMAI

Pada jumat 3 Desember 2021 melalui Rapat audiensi di Dumai yang dipimpin oleh Hermanto Usman …