FST UIN SUSKA RIAU LAKSANAKAN SNTIKI KE 13

uin-suska.ac.id Sebagai langkah menyonsong dunia teknologi dan digitalisasi era modern, Fakultas Sains dan Teknologi (FTS) UIN Suska Riau membuat trobosan-trobosan dengan mengadakan seminar yang berbasis digital. Pada seminar nasional kali ini dilaksanakan pada Kamis (18/11/2021) bertempat di lantai V gedung Rektorat UIN Suska Riau dengan mengangkat tema “ Literasi dan Infrastruktur Digital dalam Dunia Pendidikan Mendukung Kampus Merdeka”. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring dan luring ini dibuka langsung oleh Dekan FST Dr. Hartono, M.Pd dan dihadiri oleh Wakil Dekan FST dan para Dekan dilingkungan UIN Suska Riau serta Dekan-Dekan FST sebelumnya.
Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Insustri (SNTIKI) ini menghadirkan narasumber yang telah berpengalaman dan bereputasi nasional. Adapun narasumber yang akan memberikan materi antara lain Pertama Dedy Permadi, Ph.D. (Staf Khusus Menteri Bidang Digital dan SOM – Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan lnformatika RI) dengan judul materi Kebijakan Literasi Digital Mendukung Kampus Merdeka, Kedua Jamalul lzza (Ketua Umum APJII) dengan judul materi lnfrastruktur Digital Mendukung Kampus Merdeka, Ketiga Derris Stiawan, Ph.D., IPU. (Koordinator COMNETS-RG Universitas Sriwijaya Palembang) dengan judul materi Literasi Digital Mendukung Kampus Merdeka (Keamanan dan Keterampilan) dan Keempat Prof. Dr. Ir. Richardus Eko lndrajit, M.Sc., MBA., Mphil., MA.(Rektor dan Guru Besar Universitas Pradita,Banten) dengan judul materi Literasi Digital Mendukung Kampus Merdeka (Etika dan Budaya).
Ketua Panitia Pelaksana Fitra Lestari, ST., M.Eng., Ph.D. yang juga Wakil Dekan I FST dalam sambutannya mengatakana bahwa dengan kegiatan SNTIKI ini kita bisa melahirkan jurnal-jurnal yang bisa terakreditasi secara nasional sehingga menjadi stimulus peningkatan suasana akademik serta bisa berkontribusi dalam pengembangan keilmuan. Sementara itu tema yang diangkat pada kegiatan kali ini mengungat semenjak tahun 2020 hingga saat ini kita masih dilanda pandemi covid-19. Sehingga hal ini berdampak pada kegiatan perkuliahan ditambah lagi dengan adanya regulasi MBKM (Merdeka Belajar-Kampus Merdeka). Harapan kita dengan tema ini bisa berkontribusi terhadap kondis yang sekarang ini.
Sementara itu Dekan FST Dr. Hartono, M.Pd dalam pengarahannya mengatakan bahwa SNTIKI ini merupakan program rutin tahunan FST. Sementara berkenaan dengan tema yang diangkat Hartono mengatakan tema tersebut sangat berkaitan erat dengan kondisi kita pada hari ini terutama kondisi dunia pendidikan kita. Dalam paparan materi nantinya ada tiga hal penting yang akan disampaikan antara lain Literasi Digital, infrastruktur digital dan MBKM. Saat ini Literasi Digital sudah merupakan sumber utama rujukan belajar dan sudah mulai meninggalkan buku-buku teks. Sementara itu infrastruktur digital untuk saat ini meskipun pembelajaran online diberlakukan namun masih banyak kalangan mahasiswa, pelajar dan siswa yang belum tersentuh dengan infrastruktur digital yang baik dan memadai. Sedangkan MBKM disamping memerlukan literasi digital, didukung infrastruktur digital yang baik tetapi kita juga harus bangun kerjasama antara Perguruan Tinggi, Perusahaan, Lembaga dan Instansi yang satu sama lain saling mendukung akan suksesnya MBKM ini.
Dalam kegiatan seminar ini panitia juga akan memilih beberapa Paper dari dosen dan melaksanakan kompetisi poster dari mahasiswa FST yang mereka buat secara kelompok.

Penulis : M. Huzaini
Foto : Robil Alam Nur
Editor : Kasubag Humas

About Jasnida Jasnida

Check Also

LPPM UIN SUSKA RIAU DUKUNG VISI MISI WALI KOTA DUMAI

Pada jumat 3 Desember 2021 melalui Rapat audiensi di Dumai yang dipimpin oleh Hermanto Usman …