KEJAR LULUS ITP DAN ETS ANIMO PESERTA PELATIHAN SEMAKIN TINGGI

uin-suska.ac.id  Pelatihan yang di selenggarakan Pusat Bahasa UIN Suska Riau Kamis 18/11/2021 yang bertempat di royal asnof hotel telah memasuki hari ke empat. Pelatihan hari ke 4 sesi dua ini para peserta diperkuat dengan kemampuan reading mereka. Dengan menghadirkan Abdul Hadi, MA, Ph.D sebagai narasumber. Abdul Hadi mengajarkan materi mengenai Reading comprehension.

Di awal pertemuan beliau mengatakan “ Ada 2 macam test TOEFL yang di akui di luar negeri  yang pertama adalah TOEFL ITP (Test of English as a Foreign Language – Institutional Testing Program) adalah salah satu tes yang dikeluarkan oleh ETS (Educational Testing Service) yaitu lembaga yang resmi mengeluarkan tes TOEFL, berpusat di Pricenton, AS. Sedangkan bentuk tes yang ke dua adalah ETS. ETS  adalah satu-satunya pemegang lisensi tes TOEFL di Indonesia.Jadi Hasil TOEFL dari Penyelenggara ITP yang dikelola IIEF nilainya setara dengan TOEFL Internasional (yang mendapat pengakuan ETS), merupakan tes TOEFL yang resmi dikeluarkan oleh ETS melalui IIEF’ Jelas hadi

“Jika ingin mendapat beasiswa dari American Indonesian Exchange Foundation   (AMINEF) atau Australia award  para peserta di wajibkan menggunakan test yang di akui di luar negeri yaitu ITP dan ETS” jelas Hadi.

Mendengar beasiswa AMINEF dan Australia Award bisa di raih salah satunya dengan meningkat kan score TOEFL animo peserta dalam mengukuti pelatihan semakin tinggi , karna seperti yang di ketahui 2 beasiswa ini paling di cari oleh para dosen untuk melanjutkan study mereka ke luar negeri.

Pada sesi reading ini para peserta untuk menyelesaikan reading section diantara kesilatan yang mereka alami adalah para peserta tidak mempunyai cukup kosakata dalam bahasa inggris, karena teks yang terlalu panjang jadi para peserta agak kesulitan untuk menemukan inti dari bacaan. Dari berbagai kesulitan yang di hadapi oleh peserta narasumber mencoba memahami dan memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi maslahah tersebut mulai dari strategi secara umum yang di gunakan sampai dengan yang biasa di gunakan oleh narasumber.

Dengan diadakan pelatihan reading section ini para peserta pelatihan diharapkan bisa mendapatkan trik baru dalam mengerjakan soal pada TOEFL test sehingga bisa mendapatkan score yang tinggi dan bisa melanjutkan study ke tempat yang di inginkan.

Para peserta juga berharap agar Pusat Bahasa bisa mengadakan kembali kegiatan yang seperti dengan waktu yang lebih banyak lagi.

Penulis            : Sukmawati

Photografer   : Muktarsyah

Editor             : Kasubag Humas

About Jasnida Jasnida

Check Also

LPPM UIN SUSKA RIAU DUKUNG VISI MISI WALI KOTA DUMAI

Pada jumat 3 Desember 2021 melalui Rapat audiensi di Dumai yang dipimpin oleh Hermanto Usman …