Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau dan UIN SGD Bandung Taja Webinar Internasional bekerjasama dengan universitas di Abu Dhabi dan Jerman

uin-suska.ac.id Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sultan Syarif  Kasim (Suska) Riau dan FST UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung berkolaborasi menyelenggarakan Webinar Internasional dengan tema Entrepreneurship in Sustainability. Webinar diadakan dua seri. Seri pertama pada Kamis 4 November 2021 dan seri kedua pada Selasa 23 November 2021. Masing-masing dari dua seri webinar dihadiri lebih 450 peserta. Webinar ini juga terselenggara atas kerjasama dengan Khalifa University Abu Dhabi, Technical University of Applied Sciences Amberg-Weiden Germany, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

Pembicara pada webinar seri pertama adalah Prof. Hadi Susanto dari Departement of Mathematics, Khalifa University dan Prof. Dr. Ir. Suhono Harso Supangkat, M.Eng. dari Institut Teknologi Bandung.

Dalam seri pertama, Dekan FST UIN SGD Bandung, Dr. Hasniah Aliyah, M.Si. menyampaikan pentingnya institusi akademik untuk mengarahkan dan menyemangati generasi muda untuk menjadi entrepreneur.

Prof. Hadi Susanto dari Khalifa University Abu Dhabi menyampaikan presentasi bertajuk “Bloom and Pattern in Phytoplankton Model” yang mengusulkan postulat bahwa dengan mengetahui model pertumbuhan phytoplankton, kita dapat mengurangi efek dari pemanasan global.

Prof. Suhono dari ITB Bandung yang menjadi pembicara kedua di sesi pertama menyampaikan topik “How to Make your City Smart?“. “Smart city bertujuan mendigitalisasikan masyarakat, yang mencakup smart economy, smart environment dan smart society,” katanya.

Di akhir sesi pertama, Dekan FST UIN SGD Bandung dan Dekan FST UIN Suska Riau, Dr. Hartono, M.Pd. memberikan sertifikat kepada pembicara.

Webinar internasional seri kedua, dihadiri oleh 480 peserta. Pembicara pada seri kedua adalah Ir. Hendro Nurhadi, Dipl., Ing., Ph.D, Kepala Pusat Unggulan IPTEK (PUI) Mekatronika dan Otomasi Industri, ITS Surabaya dan Prof. Dr.-Ing. Magnus Jaeger dari Technical University of Applied Sciences Amberg-Weiden Germany.

Dekan FST UIN Suska Riau yang diwakili oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni Dr. Kunaifi, ST, PgDipEnst, M.Sc. dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa model kolaborasi antara FST UIN Suska Riau dan UIN SGD Bandung perlu dilestarikan dalam kegiatan-kegiatan lain. Beliau juga memuji kesuksesan acara yang dikoordinir oleh Corry Corazon Marzuki, M.Si. dari FST UIN Suska Riau dan Dr. Rismawati Ramdani dari FST UIN SGD Bandung.

WD III Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau, Dr. Kunaifi, ST., PgDipEnSt., M.Sc. membuka Webinar Seri kedua.

Ir. Hendro Nurhadi, Dipl., Ing., Ph.D dari ITS Surabaya yang dipandu moderator Dr. Rina Mardiati, M.T. dari FST UIN SGD Bandung mempresentasikan topik “How did ITS develop autonomous car (iCar) and what’s next?“. “Teknologi i-Car yang dikembangkan oleh ITS dilengkapi Global Positioning System (GPS) dan Light RADAR (LiDAR)” katanya.

Pada kesempatan terakhir, Prof. Dr. Magnus Jaeger mempresentasikan judul “Industrial process and energy transition to reaching the goal of reducing the CO2-emission target” dipandu moderator Fitra Lestari Norhiza, S.T., M.Eng., Phd. yang juga Wakil Dekan bidang Akademik FST UIN Suska Riau. Materi Prof Jarger menyoroti kebutuhan energi di sektor industri yang erat kaitannya dengan emisi karbon yang dihasilkan. “Untuk mengurangi emisi maka perlu transisi energi dari energi fosil ke berkelanjutan terutama berbasis energi terbarukan” kata Prof Jaeger dengan logat Jerman yang kental.

Era digital telah membuka kesempatan yang luas bagi berbagai institusi untuk bekerjsasama, walaupun dipisahkan oleh jarak yang jauh, tidak hanya antar provinsi, namun juga antar negara. FST UIN Suska Riau dan FST UIN SDG Bandung membuktikan model kerjasama yang efektif. Peserta webinar menyampaikan pesan kepada kedua universitas, “ditunggu webinar berikutnya.”

Penulis: Corry Corazon Marzuki dan Aulia Ullah.

Editor: Kunaifi.

About Jasnida Jasnida

Check Also

LPPM UIN SUSKA RIAU DUKUNG VISI MISI WALI KOTA DUMAI

Pada jumat 3 Desember 2021 melalui Rapat audiensi di Dumai yang dipimpin oleh Hermanto Usman …