AKADEMIK UIN SUSKA RIAU ADAKAN “COMMUNICATION SKILL OLEH MIND INSPIRA”

uin-suska.ac.id Salah satu penyebab utama timbulnya konflik disfungsional atau konflik yang menghambat produktivitas kerja suatu instansi adalah kesalahan dalam komunikasi atau miss communication. Komunikasi yang efektif perlu dibangun dalam suatu instansi untuk menghasilkan nilai maximum, sehingga akan terjadi akselerasi nilai positif bagi setiap staf. Kemampuan komunikasi masing-masing orang adalah berbeda dan sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Oleh sebab itu, untuk mencapai efektifitas komunikasi setiap staf harus mampu memahami unsur-unsur komunikasi, bagaimana berkomunikasi secara efektif dan bagaimana membangun emosi cerdas untuk komunikasi efektif serta dapat bersosialisasi dengan baik. Untuk itu UIN Suska Riau menyelenggarakan kegiatan Refreshement dan Penguatan Tim sosialisasi SPAN PTKIN Tahun 2021 dengan tema “Communication Skill oleh Mind Inspira” yang di taja oleh Subbag Layanan Akademik UIN Suska Riau bertempat di Hotel Ayola First Point Pekanbaru, pada Minggu (5/12/2021).

“Kegiatan ini dibentuk dalam rangka pesiapan sosialisasi SPAN PTKIN 2022 mendatang, untuk itu kami mengundang narasumber yang nantinya mampu memberikan inspirasi dan ilmu pengetahuan tentang komunikasi yang baik dan benar pada steakholder yang kita harapkan dan pada kegiatan kali ini mengangkat tema communication skill.  Berdasarkan dari data jumlah peserta yang hadir sebanyak 28 orang yang tediri dari bagian Akademik, bagian Keuangan , PTIPD, Humas dan seluruh staf pimpinan” papar Hadi Saputra pada sambutannya yang juga merupakan sebagai panitia.

Dr. Hj. Helmiati, M. Ag. Selaku wakil Rektor I dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini dalam rangka untuk melatih communication skill terutama dalam konteks sosialisasi SPAN PTKIN di UIN Suska Riau. Communication skill mempunyai arti yang sangat penting untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di UIN Suska Riau agar kita bisa bersama-sama membawa UIN Suska Riau ke arah yang akan kita capai yaitu untuk mewujudkan UIN Suska Riau sebagai kampus yang gemilang dan terbilang.

“Bicara tentang Communication skill, keterampilan berkomunikasi dalam menyampaikan pemikiran, ide, gagasan, perasaan kita kepada yang lain dengan tujuan dia memahami dengan baik tidak salah paham dengan apa yang kita sampaikan kemudian memberikan respon balik sesuai yang kita harapkan. Oleh karenaitu, communication skill perlu latihan dan semakin sering kita latihan serta membiasakan diri maka keterampilan berbicara kita jug akan menjadi lebih baik lagi” jelas Helmiati.

Sementara itu Wakil Rektor III Edi Erwan, S.Pt., M.Sc., Ph.D, menyampaikan bahwa kita harus terus memperbaiki dan meningkatkan skill-skill yang kita miliki sehingga tujuan organisasi kita Visi dan Misi UIN suska Riau bisa tercapai. Kegiatan ini berfokus pada peningkatan communication skill yang digunakan antara staf dengan staf, serta staf dengan pimpinan di lingkungan UIN Suska Riau. “ Kedepannya saya berharap akan ada skil-skill lain yang perlu di tingkatkan, misalnya listening skill yaitu kemampuan mendengarkan pesan-pesan verbal yang muncul sehingga bisa kita terjemahkan dan tindak lanjuti dengan langkah-langkah kerja sesuai dengan SOP yang kita laksanakan. 

Pemateri yang dihadirkan dalam kegiatan ini adalah Antoni Syafwan (CEO dari Mind Inspira) beserta Tim. Peserta yang hadir mengikuti dengan penuh semangat dan di sesi terakhir diisi dengan game antara peserta untuk meningkatkan kemampuan berbicara yang baik.

Penulis : Sri Hastuti

Foto      : Indah

Editor   : Kasubag Humas

About Jasnida Jasnida

Check Also

REKTOR AJAK ASN MEWUJUDKAN UIN SUSKA YANG GEMILANG DAN TERBILANG

uin-suska.ac.id Senin pagi tanggal 17/01/2022 Aparatur SipilNegara (ASN) di lingkungan UIN Suska Riau telah berjejer rapi …