TINGKATKAN SDM FAKULTAS ORMAWA FTK ADAKAN PEKAN KREATIF MAHASISWA

uin-suska.ac.id indonesia merupakan salah satu negara merdeka dengan jangka waktu yang cukup lama, namun hal tersebut tidak menjadi tolak ukur terciptanya suatu peradaban emas.

Dari segi minat baca tulis misalnya.. Indonesia merupakan urutan ke 41 dari 46 negara miris bukan?

sadar akan pentingnya hal tersebut organisasi mahasiswa lingkup fakultas tarbiyah dan keguruan UIN suska riau mengadakan pkm ( pekan kreatif mahasiswa)

Acara tersebut diisi oleh pemateri pemateri hebat yang berasal dari fakultas tarbiyah dan keguruan sendiri dan telah meraih berbagai penghargaan di berbagai bidang khususnya dibidang karya tulis ilmiah.

Pekan kreatif mahasiswa tersebut terbuka umum kepada mahasiswa mahasiswi ftk yang berminat dengan kuota 50 peserta sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Acara tersebut dihadiri oleh wakil dekan III, ketua SEMA ketua DEMA dan seluruh ketua HMJ lingkup tarbiyah dan keguruan.

Acara tersebut berlangsung selama 2 hari , dimana hari pertama peserta merupakan utusan dari setiap ormawa fakultas dan diisi oleh pemateri hebat zetri rahmat M.Pd yang memaparkan bagaimana membuat proposal dan sponsorship yang baik dan menarik bagi berbagai instansi.

Kemudian di hari ke II diisi oleh pemateri hebat Aldheva ilhami M.Pd yang memaparkan teknik membuat karya tulis ilmiah yang baik dan benar, peserta PKM dan para panitia sangat antusias dalam acara tersebut, hal ini dibuktikan dengan meriahnya acara tersebut hingga akhir acara.

wakil dekan III fakultas tarbiyah dan keguran Dr. Amirah diniaty M. Pd Kons menyampaikan bahwa acara ini merupakan wadah bagi mahasiswa ftk untuk melatih soft skill mereka dan menyiapkan peserta dalam berbagai event perlombaan baik regional, nasional bahkan internasional, sebab tidak akan mungkin kita menuntut mereka untuk mengikuti perlombaan jika kita tidak melatih dan menyiapkan wadah berproses bagi mereka ujar beliau yang kerap dipanggil ibunda dilingkungan fakultas tarbiyah dan keguruan UIN suska riau ini.

Ketua dema ftk mudiul hayat pasaribu mengatakan bahwa beliau sangat bangga dengan antusiasme para peserta dan berharap besar akan semakin banyak nya mahasiswa ftk yang berminat dalam karya tulis ilmiah untuk menjadi Mahasiswa ftk yang lebih produktif, kreatif, mandiri dan inovatif untuk ftk yang lebih gemilang dan UIN suska riau yang lebih cemerlang.

Ketua panitia Muhammad faldi hermawan berharap bahwa PKM ini adalah dapat meningkatkan kualitas Tarbiyah dan pola fikir mahasiswa Tarbiyah bisa lebih kreatif dalam pembuatan proposal dan Karya Tulis Ilmiah. Beliau juga berharap di tahun depan mahasiswa bisa mengikuti lomba tentang karya tulis ilmiah dan peserta dari UIN banyak mengikutinya, karna mereka sudah mempunyai landasan awal di kegiatan PKM ini.
PKM ini bukan hanya untuk itu saja tetapi juga untuk mempererat hubungan seluruh ormawa ftk karna saya melihat hubungan ormawa ini agak renggang maka oleh itu saya berharap dilaksanakan kegiatan ini semua ormawa FTK bisa kompak dalam segala hal.
Ini adalah awal langkah kita untuk mencapai FTK yang cermelang dan terbilang.
Nurul khumairah mahasiswi
Pendidikan Kimia yang merupakan peserta pada acara tersebut menyampaikan bahwa kegiatan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) sangat membantu dia dalam pengembangan kemampuan khususnya dalam bidang karya tulis dan mengetahui bagaimana cara membuat LKTI yang baik serta menarik. Kegiatan ini juga melatih mahasiswa untuk aktif, berani berbicara serta mengeluarkan pendapat dan melatih berfikir out of the box. Hasil penting dari kegiatan ini selain membantu membuka pikiran dan melatih mahasiswa untuk lebih paham tentang karya tulis juga menjadi jembatan ukhuwah islamiyah lebih terjalin antar mahasiswa dengan adanya pengelompokan kelompok karya tulis dengan berbeda Prodi dan Semester. Sehingga dia pribadi dan juga teman-teman nya menginginkan adanya program pengembangan kemampuan mahasiswa seperti PKM ini dapat terus dilaksanakan menjadi program yang bisa rutin dijalankan.


Penulis : yayat
Editor : Kasubag Humas

About Jasnida Jasnida

Check Also

REKTOR AJAK ASN MEWUJUDKAN UIN SUSKA YANG GEMILANG DAN TERBILANG

uin-suska.ac.id Senin pagi tanggal 17/01/2022 Aparatur SipilNegara (ASN) di lingkungan UIN Suska Riau telah berjejer rapi …