Ahtifah ukir prestasi Internasional

Mengukir prestasi Internasional, tak harus dari Universitas terkemuka. Hal itu dibuktikan Ummu Ahtifah, mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau.
Mahasiswa semester enam ini kembali berhasil menorehkan prestasi terbaiknya di tingkat internasional. Menerbitkan artikel ilmiah di Jurnal International Bereputasi Bulgaria, Applied Mathemathical Science. Penelitian ilmiah yang ditulis oleh Ummu Athifah mengangkat judul tentang “Survival Time Data Modeling for Diabetics During the Covid-19 Pandemic Using Several Sensitive Distributions (Weibull, Gamma, and Normal Logs)” dan dapat diakses langsung melalui link http://www.m-hikari.com/ams/index.html. Penelitian ini dibimbing langsung oleh DR. Rado Yendra, M.Sc, Dosen Senior pengampu Mata Kuliah Matematik Fakultas Sains dan Teknologi sekaligus peraih Rekor MURI tahun 2021. Penghargaan MURI bernomor Sertifikat No.: 10056/R.MURI/X/2021 dinobatkan sebagai Dosen yang Memiliki Situs Web dengan Video Kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi Terbanyak.

Sebelum dinyatakan layak dan memenuhi syarat untuk dipublikasikan ke jurnal internasional, hasil penelitian Ummu Athifah telah diuji dan direview oleh Muhammad Marizal, M.Sc dan Rahmadeni, M.Sc. Keduanya merupakan dosen senior yang mengampu mata kuliah Matematika di Fakultas Sains dan Teknologi. Dalam sesi ujian, kedua penguji menekan bahkan hasil uji kelayakan hasil riset mahasiswa juga sangat menentukan layak tidaknya article atau karya ilmiah dipublikan dalam jurnal internasional bereputasi.

Menurut DR. Rado Yendra, M.Sc, penelitian kolaborasi dengan mahasiswa ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kemampuan akademik para mahasiswa baik dalam bidang riset terlebih lagi menerbitkan hasil karya ilmiahnya dalam jurnal bereputasi di tingkat internasional. “Mahasiswa perlu dibimbing, dibina dan didorong untuk melakukan berbagai kajian ilmiah dalam bentuk penelitian akademik sekaligus menerbitkanya dalam beberapa jurnal ilmiah di tingkat internasional. Ke depan, program pembinaan bagi mahasiswa baik di Fakultas Sains dan Teknologi maupun fakultas-fakultas lain di lingkungan UIN Suska Riau perlu lebih prioritaskan terutama dalam format penelitian bersama dan publikasi di jurnal internasional bereputasi”, ungkap Rado Yendra.

Dukungan serupa juga disampaikan oleh Edi Erwan, S.Pt.,M.Sc.,Ph.D selalu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, bahwa prestasi mahasiswa dalam melakukan penelitian dan menerbitkanya dalam jurnal international terindex Scopus menjadi indikator utama dalam ajang Apresiasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (ADIKTIS), Kementerian Agama dan peningkatan akreditasi program studi. “Mahasiswa yang berhasil menerbitkan karyanya dalam jurnal ilmiah bereputasi dan terindek Scopus selain akan mengharumkan nama UIN Suska Riau di tingkat internasional juga menjadi modal untuk meraih penghargaan ADIKTIS maupun akreditasi program studi”, tutur Edi Erwan.

Hasil penelitian kolaborasi mahasiswa dan dosen yang dipublikasikan dalam jurnal internasional ini dapat menjadi stimulus dan pembuktian baik bagi para mahasiswa di UIN Suska Riau maupun secara kelembagaan terutama Kementerian Agama RI, bahwa karya-karya mahasiswa juga dapat diakui oleh dunia akademik global sekaligus menjadi barometer pencapaian visi UIN Suska Riau yang Gemilang dan Terbilang”. Rektor UIN Suska Riau, Prof. DR. Hairunas, M.Ag sejak dilantik oleh Menteri Agama RI telah memasang target dan program prioritas untuk membina dan membantu para mahasiswa agar mampu melakukan riset-riset ilmiah dan diterbitkan dalam jurnal ilmiah bereputasi dan terindeks Scopus. “dalam beberapa kali kesempatan, saya selaku Rektor UIN Suska Riau terus mendorong civitas akademika termasuk mahasiswa untuk terus berprestasi baik secara akademik maupun non-akademik di tingkat nasional terlebih lagi Internasional terutama penerbitan karya ilmiah di jurnal internasional terindeks Scopus”, terang Hairunas.

Penulis: Muhammad Absor, M.Pd
Editor: Suardi, M.Kom

About Jasnida Jasnida

Check Also

REKTOR AJAK ASN MEWUJUDKAN UIN SUSKA YANG GEMILANG DAN TERBILANG

uin-suska.ac.id Senin pagi tanggal 17/01/2022 Aparatur SipilNegara (ASN) di lingkungan UIN Suska Riau telah berjejer rapi …