TIM UIN SUSKA RIAU RAIH RANKING LIMA BESAR KOMPETISI PENELITIAN KONTEN UJARAN KEBENCIAN INTERNASIONAL

 

 

uin-suska.ac.id Diawal tahun 2022 UIN Suska Riau kembali mengukir prestasi yang gemilang di tingkat Internasional dalam bidang penelitian tentang deteksi konten ujaran kebencian (hate speech) di media sosial menggunakan teknologi informasi. Kegiatan yang telah dilaksanakan pada 13 – 17 Desember 2021 lalu bertempat di India. FIRE berpusat di Eropa yang menghimpun para peneliti dari Italia, Prancis, Spanyol, Swiss, Belanda, Swedia dan Denmark dan diadakan oleh internasional Hate Speech and Offensive Content Identification in English and Indo-Aryan Languages (HASOC).
Menurut team leader UIN Suska Surya Agustian, even ini merupakan bagian dari agenda konferensi internasional Forum for Information Retrieval Evaluation (FIRE). “Alhamdulillah, prestasi ini sudah sangat baik bagi UIN Suska karena baru pertama kali berpartisipasi di tingkat dunia. Kita meraih peringkat lima dan delapan untuk kategori Bahasa Inggris. Peringkat 13 dan 18 untuk Bahasa India,” kata Surya.
Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa “Salah satu topik riset yang sangat cepat berkembang adalah bidang pengolahan bahasa alami manusia dan pemrosesan teks digital,” kata alumni SMAN 8 Pekanbaru ini. Ditambahkan bahwa percakapan di media sosial sering menyebabkan polemik dan pertengkaran, bahkan perpecahan di masyarakat. Mulai dari sentimen antar kelompok, sampai penggunaan bahasa kasar dan ujaran kebencian individu atau kelompok.
Surya menyatakan putra daerah Riau memiliki potensi dan kecakapan bidang riset teknologi informasi yang tidak kalah dari kota-kota besar di Jawa, bahkan tingkat internasional. Reski Saputra asal Pekanbaru dan Aidil Fadilah asal Pelalawan sudah membuktikan prestasi sangat baik dalam kompetisi internasional ini, sebagai anggota tim UIN Suska.
Segenap pimpinan dan civitas akademika UIN Suska Riau mengucapkan selamat dan sukses kepada Tim dari UIN Suska Riau yang telah mendapatkan prestasi yang gemilang di tingkat Internasional. Semoga hal ini bisa dikembang di kapus tercinta kita dan menjadi pondasi atau dasar awal bagi para dosen dalam melakukan penelitian

Penulis : M. Huzaini
Editor : Kasubag Humas

About Jasnida Jasnida

Check Also

REKTOR AJAK ASN MEWUJUDKAN UIN SUSKA YANG GEMILANG DAN TERBILANG

uin-suska.ac.id Senin pagi tanggal 17/01/2022 Aparatur SipilNegara (ASN) di lingkungan UIN Suska Riau telah berjejer rapi …