web analytics

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUSKA RIAU SUKSES LAKSANAKAN KULIAH UMUM: “GEN-Z SADAR TEKNOLOGI, AKHLAK TERPUJI”

uin-suska.ac.id Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau sukses menyelenggarakan Kuliah Umum untuk mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025. Bertempat di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa UIN Suska Riau, acara yang diadakan pada Kamis, 19 September 2024, ini dihadiri oleh 504 mahasiswa baru Fakultas Sains dan Teknologi. Kuliah umum kali ini mengusung tema “Gen-Z Sadar Teknologi, Akhlak Terpuji,” yang berlangsung secara hybrid (luring dan daring).

Prof. Edi Erwan, S.Pt., M.Sc., Ph.D., selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, hadir memberikan sambutan pembuka. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kuliah umum ini merupakan agenda penting yang selalu dilaksanakan pada awal semester setiap tahun akademik. “Kegiatan ini merupakan wahana untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan mahasiswa baru. Sebagai civitas akademika, kami berharap lulusan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga memiliki akhlak yang baik serta kemampuan koordinasi yang kuat”, jelas Prof. Edi.

Beliau juga menekankan pentingnya mahasiswa menjalani proses perkuliahan dengan baik dan mengikuti semua program yang telah dirancang secara sistematis. “Pesan saya, semoga kalian semua dapat menjalani perkuliahan hingga selesai dengan baik dan dapat mengamalkan nilai-nilai yang diperoleh selama di kampus”,tambahnya.

Dr. Hartono, M.Pd, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, dalam sambutannya menegaskan pentingnya kombinasi antara ilmu pengetahuan dan akhlak. “Hidup ini berjalan sesuai dengan hukum alam. Orang sukses di bidang apapun selalu memiliki tingkat kerja keras dan motivasi yang tinggi. Namun, sukses tidak hanya bergantung pada ilmu semata, namun juga harus dengan karakter yang baik.

Beliau menegaskan bahwa prinsip “akhlak sebelum ilmu dan adab sebelum pengetahuan” adalah slogan yang dipegang teguh oleh Fakultas Sains dan Teknologi. “Ilmu tanpa adab dan akhlak tidak ada artinya, dua pertiga dari ilmu tersebut tidak akan berguna. Oleh karena itu, mahasiswa harus mengedepankan akhlak yang terpuji dalam mengejar cita-cita mereka”, ujarnya.

Acara kuliah umum ini menghadirkan dua narasumber dengan latar belakang yang berbeda, yakni dari dunia praktisi dan akademisi. Narasumber pertama adalah Yurisdian, S.SI.T., ST., S.Ipem., M.Eng., M.Si., Ph.D, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan Dinas Perhubungan Kampar. Narasumber kedua adalah Prof. Dr. Ir. Kudang Boro Seminar, M.Sc., seorang Guru Besar dari Departemen Teknik Mesin dan Biosistem, serta Departemen Ilmu Komputer Institut Pertanian Bogor (IPB).

Kedua narasumber berbagi pandangan mengenai peran teknologi di era modern serta pentingnya akhlak yang baik dalam mendampingi kemajuan teknologi. Mereka mengingatkan mahasiswa untuk menjadi generasi yang tidak hanya melek teknologi, tetapi juga memiliki nilai moral dan etika yang kuat sebagai bekal menghadapi tantangan masa depan.

Kuliah umum ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa baru dalam menjalani perkuliahan di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau, serta menjadi fondasi yang kokoh dalam mengembangkan potensi mereka di bidang Teknologi dengan akhlak yang terpuji.