web analytics

LAWATAN POLITEKNIK JELI KELANTAN KE UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU PERKUAT JARINGAN KOLABORASI PENDIDIKAN

uin-suska.ac.id Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau menerima kunjungan delegasi Politeknik Jeli Kelantan, Malaysia, dalam rangka mempererat jaringan kolaborasi di Bidang Pendidikan dan Riset. Acara ini berlangsung di Kampus UIN Suska Riau dan dihadiri oleh sejumlah pimpinan universitas serta tamu dari Politeknik Jeli Kelantan, Jumat 27/09/2024.

Delegasi Politeknik Jeli Kelantan yang berjumlah 12 orang dipimpin oleh Dr. Mohd Daud Bin Isa. Kunjungan ini menjadi momentum penting untuk membangun kerja sama di berbagai bidang, terutama dalam pengembangan pendidikan, riset, dan teknologi antara kedua institusi.

Acara dimulai dengan sambutan dari Rektor UIN Sultan Syarif Kasim, Prof. Dr. H. Hairunnas, M.Ag. Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya kolaborasi lintas negara sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, khususnya dalam menghadapi tantangan global.

“Kolaborasi antara universitas dan politeknik Internasional seperti ini tidak hanya memperkuat hubungan Bilateral, tetapi juga membuka jalan bagi pertukaran pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen. Kami sangat mengapresiasi lawatan dari Politeknik Jeli Kelantan, dan berharap kerja sama ini dapat menghasilkan dampak positif bagi kedua institusi,” ungkap Prof. Hairunnas.

Selanjutnya, sambutan disampaikan oleh perwakilan Politeknik Jeli Kelantan, Dr. Mohd Daud Bin Isa. Beliau menyatakan antusiasme pihaknya terhadap potensi kerja sama dengan UIN Suska Riau, terutama dalam mengembangkan program-program pendidikan berbasis teknologi dan pertanian.

Lawatan ini juga dihadiri oleh beberapa pimpinan dari UIN Suska Riau, di antaranya Wakil Rektor III, Prof. Edi Erwan, S.Pt., M.Sc., Ph.D, yang bertanggung jawab atas Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama. Ia menyambut baik rencana kolaborasi ini, terutama dalam rangka meningkatkan mobilitas mahasiswa Internasional dan meningkatkan wawasan global mahasiswa UIN Suska Riau. Selain itu, turut hadir pula Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (AAKK), Drs. Yasrizal, M.A, serta Dekan-dekan dari beberapa fakultas  di antaranya Dekan Fakultas Pertanian dan Peternakan, Dr. Arsyadi Ali, S.Pi., M.Agr.Sc, dan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. Hartono, M.Pd. Para pimpinan fakultas ini hadir bersama wakil dekan dan Dosen-dosen dari fakultas terkait.

Lawatan delegasi Politeknik Jeli Kelantan ini merupakan awal dari hubungan yang lebih erat antara kedua institusi. Rencana tindak lanjut yang konkret akan disusun dan diimplementasikan dalam waktu dekat, termasuk penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) sebagai landasan formal bagi kerja sama di masa mendatang.

Kolaborasi ini diharapkan tidak hanya memperkuat hubungan antara UIN Sultan Syarif Kasim Riau dan Politeknik Jeli Kelantan, tetapi juga memberikan dampak positif bagi mahasiswa dan dosen dari kedua institusi. Pertukaran pengetahuan, pengalaman, dan teknologi akan menjadi pilar utama dalam mewujudkan visi bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di tingkat Regional maupun Internasional.