web analytics

Fakultas Ekonomi dan ILmu Sosial UIN Sultan Syarif Kasim Riau Taja The 2nd International Conference on Economics and Social Sciences (ICESS) 2024

Dalam rangka memajukan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial sebagai Lembaga  yang  unggul dengan integrasi keilmuan yang dilandasi oleh akhlakul karimah, profesionalisme, inovasi dan kepedulian, maka menjadi suatu kebanggaan bagi Fakultas untuk dapat menyelenggarakan kegiatan yang bertaraf internasional. The 2nd  International Conference on Economics and Social Sciences (ICESS) kembali diadakan setelah sukses digelarnya ICESS pertama setahun yang lalu. The 2nd  International Conference on Economics and Social Sciences (ICESS) tahun ini mengusung tema “Navigating the Future Challenge Literacy: Islamic Economics, Business and Public Policy Perspectives” dengan menghadirkan 4 (empat) pembicara atau keynote speakers dari luar negeri yaitu: Prof. Dr. Nurul Shahnaz Mahdzan dari University of Malaya Malaysia, dan Dr. Anwar M Radiamoda, SCL.,Ph.D Director Shariah Center Mindanao State University of Philipinnes yang hadir secara offline dan Dr. Md Azizur Rahman dari Daffodil University of Bangladesh serta  Dr. Abdunrohman Mukem dari Chulalangkorn University of Thailand yang hadir secara online. Sedangkan pembicara dari Indonesia sendiri adalah salah seorang dosen Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Dr. Julina, SE.,M.Si, yang juga merupakan Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial. Moderator yang bertugas memandu jalannya diskusi yaitu Hesty Wulandari, M.Phil.,M.Sc, Ak yang merupakan dosen Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau.

Kegiatan international conference ini dilaksanakan pada hari Kamis Tanggal 17 Oktober 2024 secara Hybrid yang juga disiarkan langsung melalui streaming dan dapat dilihat melalui channel Youtube. Bertempat di Ballroom Hotel Pangeran Pekanbaru yang dimulai pukul 08.00 wib hingga 16.30 wib ini diawali dengan upacara pembukaan yang dibuka dengan tari persembahan oleh sanggar tari Pondasi, dirangkai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Mars UIN Suska, setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan pembacaan do’a. Pada kesempatan ini ditampilkan juga video ucapan selamat dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bapak Sandiaga Uno atas terselenggaranya acara ini. Kemudian acara dilanjutkan dengan laporan ketua panitia Dr. Desrir Miftah, SE., MM, Ak, CA dan kata sambutan oleh Dekan ibu Dr. Mahyarni, SE., MM yang sekaligus membuka acara ini.

Pada kesempatan ini dilakukan juga penyerahan plakat dan sertifikat kepada pembicara atau keynote speakers dan sejumlah co host dan sponsor yang berperan penting dalam terlaksananya kegiatan ini. Adapun cohost terdiri dari UIN Ar Raniry Banda Aceh, Institut Bisnis dan Tekhnologi  Pelita Indonesia, Universitas Lancang Kuning, Universitas Islam Riau, Universitas Mathla’ul Anwar Banten, Insititut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai, Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN, Universitas Trisakti, STAIN Abdurrrahman Kepualauan Riau dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sedangkan untuk sponsor panitia berhasil menggandeng Bank Syariah Indonesia (BSI), Toko buku Zanafa, PT.Mitra Beton Mandiri, PT Babada Wasaka (Rotte), Kantor Akuntan Publik (KAP) Griselda Wisnu Arum, Baznas Provinsi Riau, serta PT Zahir Internasional. Kegiatan dilanjutkan dengan peluncuran jurnal internasional baru milik Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial yaitu InJBM, IJARAA dan jurnal pengabdian Masyarakat, Community Insight.

Adapun Peserta yang hadir secara offline berjumlah kurang lebih 200 orang yang terdiri dari para tamu undangan, para Co host, sponsor, dosen mahasiswa, panitia, tim humas dan tim publikasi. Sedangkan peserta yang hadir secara online melalui zoom berjumlah kurang lebih 900 orang.  Semua paper yang masuk berjumlah kurang lebih 140 artikel, dimana 75 artikel berasal dari penulis  eksternal dan 65 artikel berasal dari penulis internal. Melibatkan 46 reviewer yang terdiri dari 14 reviewer eksternal, serta 32 reviewer internal.  Untuk Presenter yang tampil secara online terdiri atas 121 artikel yang pesertanya dibagi menjadi 15 room. Sedangkan untuk sesi parallel session  secara offline dibagi menjadi 3 kelompok yang terdiri masing- masing  8 (delapan) orang peserta dengan 1 (satu) orang moderator dan 1 (satu) orang pembahas.

Dalam sambutannya Dekan mengatakan sangat berterima kasih kepada narasumber yang telah hadir baik secara offline maupun online. Dengan adanya sharing ilmu pengetahuan diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang luas bagi kalangan akademisi dan masyarakat pada umumnya tentang hal-hal yang berhubungan dengan literasi baik dibidang ekonomi Islam, keuangan  maupun kebijakan publik. Selanajutnya tak lupa ucapan terimakasih dan penghargaan diberikan kepada jajaran pimpinan,  ketua panitia, panitia,  mahasiswa, para co host dan sponsor serta seluruh pihak yang terlibat yang tidak dapat disebutkan satu persatu hingga acara ini dapat terlaksana dengan sukses.

Sebelum acara berakhir, disampaikan pengumuman best presenter dan best paper dari masing-masing bidang ilmu baik ekonomi, bisnis dan public policy beserta penayangan/pemberian sertifikat secara online yang disambut meriah oleh para peserta. Untuk diketahui bahwa penilaian untuk best paper dan best presenter dilakukan setelah melalui seleksi dan penilaian yang seksama oleh tim reviewer dengan memperhatikan kriteria yang baku yang ditetapkan oleh panitia dan dinilai secara objektif. Seluruh rangkaian acara akhirnya ditutup dengan pidato yang disampaikan oleh Wakil Dekan II Dr. Mahmuzar, M.Hum. Pada pidato yang disampaikan, beliau mengucapkan selamat dan terimakasih kepada seluruh pihak yang berperan serta demi terselenggaranya kegiatan ini dengan baik dan berharap agar kegiatan ini dapat tetap terealisasi setiap tahunnya. Semoga ditahun-tahun mendatang International Conference on Economic and Social Sciences (ICESS) dapat dilaksanakan dengan lebih baik dan penuh dengan semangat kebersamaan.