Tujuan puasa adalah mencapai ketakwaan. Ketakwaan adalah memelihara diri dari segala yang membahayakan dan menyengsarakan hidup, dengan melaksanakan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan-Nya.
Ketakwaan dapat dipandang sebagai ukuran derajat kemanusiaan manusia. Semakin tinggi ketakwaan seseorang, semakin tinggi derajat kemanusiaannya.
Ketakwaan dalam arti sebenarnya mencerminkan bukan hanya ketakwaan pribadi, tapi juga ketakwaan yang mampu melahirkan kebajikan komunitas, yang berguna bagi orang banyak.
Dapat dikatakan manusia yang mulia di mata Allah adalah manusia yang bermanfaat bagi dirinya dan orang banyak. Orang yang tidak bermanfaat bagi orang banyak bukan orang saleh dan bukan pula orang bertakwa.
Manfaat bagi orang banyak adalah ukuran atau bukti kebaikan, yang sekaligus adalah ukuran ketakwaan dan kesalehan. Rasulullah Muhammad SAW mengatakan bahwa manusia yang paling baik adalah yang paling bermanfaat bagi orang banyak. Tetapi harus diingat bahwa semua perbuatan yang dilakukan untuk kesalehan harus disertai dengan niat untuk mengabdi kepada Tuhan. Jika suatu perbuatan tidak disertai niat untuk mengabdi kepada Tuhan, akan timbul godaan kuat untuk pamer diri (riya’).
Puasa yang berhasil mencapai tujuannya, yaitu ketakwaan, melahirkan sifat-sifat terpuji seperti kejujuran, kesabaran, ketabahan, kepedulian sosial, kedermawanan, kasih sayang, keramahan, dan toleransi. Puasa yang lebih tinggi kualitasnya bukan hanya menahan diri dari perbuatan yang membatalkannya, tetapi juga menahan diri dari perbuatan-perbuatan tercela seperti: berbohong, menipu, memfitnah, bergunjing, mendengar yang tidak bermanfaat, melakukan kekerasan, menghina, dan mencaci-maki.
Pesan takwa dalam puasa ini perlu dipahami di tengah gejala menguatnya sentimen di kalangan Barat terhadap Islam. Bahwa Islam adalah musuh Barat pascakeruntuhan komunisme di Eropa Timur. Jauh masa sebelum keruntuhan komunisme, sentimen permusuhan itu sebenarnya juga telah ada, tetapi penguatan sentimen itu belum mendapat tempat, sebab ketika komunisme masih berdiri kokoh, barat mempunyai dua musuh, Islam dan komunisme.
Praktis penguatan sentimen itu mendapat tempat. Sehingga intensitas terhadap Islam sebagai sebuah agama, umat dan komunitas sosial semakin tinggi. Barat yang telah mencapai suatu bangunan peradaban yang tinggi dengan modal kapitalisme dan imperialisme, menganggap peradaban mereka adalah superior dan Islam adalah inferior.
Dalam pandangan Barat, Islam adalah agama teroris, terkebelakang dan tidak beradab. Islam tidak lagi dilihat sebagai agama yang menawarkan kemuliaan, ketinggian, keharmonisan dan kebersamaan.
Terlepas dari permusuhan itu, yang jelas dunia telah memecah Islam menjadi dua dimensi asumsi. Pertama, Islam dalam dimensi keselamatan dan keamanan. Kedua, Islam dalam wujud terorisme. Dimensi Islam dalam bentuk kedua ini benar-benar telah mengakar dalam benak sebagian besar masyarakat Barat, Eropa dan segelintir masyarakat Asia. Mereka melihat Islam adalah terorisme.
Terorisme yang mereka tuduhkan terhadap Islam tersebut pada dasarnya merupakan pembajakan terhadap nilai ajaran jihad dalam Islam. Bom-bom yang diledakkan dengan jelas menunjukkan ideologi kekerasan yang dililitkan dengan keagungan ajaran agama Islam. Islam oleh pengusung ideologi terorisme, dijadikan sebagai legitimasi teologis dan justifikasi untuk kekerasan yang mereka lakukan.
Kasus bom bunuh diri dan deretan pemboman lain di wilayah nusantara dengan kentalnya sentimen agama dalam lima tahun terakhir, selalu berakar pada konsep “jihad” di dalam Islam. Jihad kerap diartikan sebagai perjuangan fisik yang berbuntut pada penghalalan atas penyerangan, kekerasan, bahkan permusuhan terhadap pihak lain. Sebenarnya, terorisme dalam bentuk yang ultim seperti kasus bom bunuh diri, hanyalah sisi parsial dari ekstremisme beragama.
Dalam muatan ajarannya, semua makna itu telah dipenuhi oleh Islam. Artinya, makna kebebasan ini tidaklah muluk-muluk, dan tidak pula bersifat teori belaka. Dalam berbagai hukum dan aturannya, semua ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan Islam itu merujuk pada makna tersebut di atas. Islam lahir untuk membebaskan manusia dari segala macam bentuk penindasan, Islam lahir untuk menyejahterakan, membahagiakan dan memberi jaminan keamanan bagi umat manusia. Dan banyak lagi jaminan Islam bagi tegaknya hak-hak azazi manusia.