web analytics

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Rayakan Lebaran ke Dua Idul Adha dengan Pelaksanaan Pemotongan Hewan Qurban

uin-suska.ac.id Kemeriahan hari Raya Idul Adha 1445 H di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, selain melaksanakan Sholat Idul Adha pada Senin, 17 Juni 2024 di Masjid Al-Jami’ah juga dilanjut pada hari Selasa, 18 Juni 2024 penyembelihan hewan Qurban dihalaman Masjid. Kegiatan seperti sudah menjadi agenda rutinitas terjadwal Universitas yang di laksanakan oleh pengurus Masjid Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penyembelihan hewan Qurban ini menjadi bukti kecintaan kepada Allah dan meniru pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim as, yang dilestarikan oleh umat Islam hingga saat ini.

Pada kesempatan hari penyembelihan hewan Qurban ini tampak hadir Rektor Prof. Dr. H. Khairunnas Rajab, Wakil Rektor II, pimpinan Unit, Lembaga, Ketua beserta Pengurus Masjid Al-Jami’ah, Wakil Ketua dan Pengurus Ikatan Alumni (IKA) UIN Sultan Syarif Kasim Riau, BSI sebagai Mitra, Mahasiswa, Security dan tenaga cleaning Servis di lingkungan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Dalam wawancara singkat Tim Humas, Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Prof. Dr. H. Khairunnas Rajab, M.Ag menyampaikan ucapan terima kasih civitas akademika yang telah menyalurkan hewan Qurbannya melalaui Masjid Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ini, demikian juga BSi sebagai Mitra dan IKA Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Ini merupakan pengorbanan yang luar bisa dalam rangka mewujudkan suatu tugas mulia yang mana setiap kita sangat di anjurkan untuk berqorban sesuai dengan perintah Allah yang sudah diawali dan dicontohkan oleh Nabi Ibrahim as, dan ini merupakan warisan dari Nabi Ibrahim yang lestari hingga hari ini dan hingga hari kiamat, (terang Prof. Khairunnas).

Ditambahkan Prof. Khairunnas, semoga syariat ini diperlukan untuk kita semua dalam rangka merajut, melestarikan kebersamaan dengan pengorbanan, membangun kebathinan, kemistri yang kuat antara elemen-elemen masyarakat muslim yang ada. Justru itu Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau terus menerus setiap tahun melakukan upaya penyembelihan dalam rangka mendapatkan nilai-nilai dari pengorbanan bahwa kita semua harus bersatu padu, saling memberi, saling berbagi dan daging qurban akan menyatukan kita semua, karna secara psikologis, memberikan ruang untuk kita dalam membangun psikological yang lebih positif.

Dr. H. Masyhuri Putra, Lc., M.A selaku Ketua Pengurus Harian Masjid Al-Jamia’ah memberikan keterangan bahwa pada Idul Adha tahun 1445 H ini pengurus akan melakukan penyembihan hewan Qurban sebanyak empat ekor sapi dan satu ekor kambing. Hewan Qurban ini berasal dari Dosen dan Tendik dua ekor sapi dan satu ekor kamping, IKA Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau satu ekor sapi dan BSI sebagai mitra satu ekor sapi. Dipenghujung keterangannya Dr. H. Masyhuri Putra menyampaikan setelah daging qurban ini kita pisahkan dari tulang dan kita potong-potong serta kita bungkus dan akan kita distribusikan di internal lingkungan civitas akademika, Security dan Cleaning Service serta masyarakat di lingkungan kampus, (tututrnya)

Sementara itu, Yudi selaku perwakilan IKA Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau berharap IKA selalu bisa ikut dan berpartisifasi dalam pelaksanaan Qurban di kampus tercinta ini. Hal senada juga disampaikan oleh buk yayat dari BSI sebagai mitra, beliau mengucapkan terima kasih untuk tahun ini kami kembali bisa ikut berpartisifasi dalam menyumbangkan hewan Qurban dari BSI.