web analytics

KEMENTERIAN AGAMA MELALUI BIRO ORTALA TINJAU EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM KERJA DAN KEDUDUKAN JABATAN FUNGSIONAL DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU

uin-suska.ac.id Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau menyelenggarakan acara strategis yang bertujuan untuk mengevaluasi implementasi sistem kerja dan kedudukan jabatan fungsional di Kementerian Agama pada hari Rabu 24/07/2024. Acara ini diadakan di Auditorium Lantai 5 Gedung Rektorat Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, menandakan komitmen UIN Suska Riau dalam mengembangkan tata kelola dan manajemen kepegawaian yang efektif di lingkungan Pendidikan Tinggi Islam tersebut.

Acara evaluasi ini dihadiri oleh Tim Biro Organisasi dan Tata Kelola Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI yang dikoordinir oleh Analis SDM Aparatur Ahli Madya Kementerian Agama Dr. Luqman Hakim, S.Ag., M.Pd, Kepala Biro AUPK Dr. H. A. Munir, MA, Kabag/Katim, para jabatan fungsional serta perwakilan dari jabatan pelaksana sebagai administrator sehari-hari. Kehadiran mereka mencerminkan keseriusan institusi dalam memperbaiki proses kerja dan memastikan bahwa struktur jabatan fungsional sesuai dengan kebutuhan organisasi dan standar yang ditetapkan.

Pembukaan acara dilakukan oleh Dr. H. A. Munir, MA, yang menjabat sebagai Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan UIN Suska Riau. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya evaluasi sistematis terhadap kerja dan posisi jabatan fungsional sebagai landasan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pelayanan kepada seluruh stakeholder UIN Suska Riau.

Dr. Luqman Hakim, S.Ag., M.Pd, memberikan paparan yang mendalam mengenai prinsip-prinsip manajemen kepegawaian dan praktek terbaik dalam evaluasi jabatan fungsional. Luqman Hakim membawa pengalaman yang luas dan relevan, serta berbagi wawasan tentang bagaimana Kementerian Agama menerapkan strategi evaluasi untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan publik di seluruh Wilayah Indonesia.

Selain presentasi, acara ini juga menghadirkan sesi diskusi interaktif antara peserta dengan narasumber. Diskusi ini melahirkan pertukaran gagasan, pengalaman, dan solusi praktis dalam menghadapi tantangan yang dihadapi dalam manajemen kepegawaian dan administrasi publik. Kolaborasi ini tidak hanya memperkuat jaringan kerja antar instansi, tetapi juga mendukung terciptanya inovasi dan perbaikan berkelanjutan dalam pelayanan publik di masa depan.

Dengan komitmen bersama antara Biro Ortala Kementerian Agama dan UIN Suska Riau, diharapkan bahwa hasil evaluasi ini akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam memperbaiki tata kelola pemerintahan, meningkatkan transparansi, dan memenuhi harapan masyarakat terhadap layanan publik yang lebih baik. Evaluasi ini tidak hanya menjadi tonggak penting dalam perjalanan UIN Suska Riau untuk menjadi pusat pendidikan unggulan, tetapi juga sebagai komitmen mereka untuk memperkuat nilai-nilai integritas dan keunggulan dalam mengelola sumber daya manusia secara efektif.