web analytics

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Berhasil Gelar Tarbiyah Suska Conference Series (TSCS) 2024   

uin-suska.ac.id Bertempat di Auditorium Lt.5, Gedung Rektorat, Tarbiyah Suska Conference Series (TSCS) 2024 telah sukses digelar dengan menghadirkan sejumlah narasumber utama dari berbagai negara (15-16/08/2024). Forum ilmiah bertaraf Internasional yang dilaksanakan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan ini merupakan konferensi tahunan, dimana seri ke-3 di tahun 2024 mengangkat tema: “Innovation and Knowladge Integration in Education for Sustainable Development”. Sebagaimana dilaporkan oleh Ketua Panitia TSCS 2024, Zetri Rahmat, M.Pd, “TSCS yang dilaksanakan secara berseri ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi para akademisi, peneliti, praktisi, dan mahasiswa pendidikan guru dari berbagai perguruaan tinggi level Nasional bahkan dari Luar Negeri”.

Dalam International Conference TSCS Seri ke-3 ini, Prof. Chokchai Yuenyong, Ph.D dari Khon Kean University Thailand, Dr. Eseta Tualaulelei dari University of Southern Queensland, Australia, dan Dr. Kartini Binti Abdul Muthalib dari IPG Kampus Perempuan Melaka Malaysia merupakan Invited Speakers yang menyajikan sub-tema terkait Pendididkan Guru dengan pendekatan ilmiah didukung dengan pembahasan isu-isu terkini serta solusi-aplikatifnya guna mengoptimalkan program pendidikan guru khususnya di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.  

Sebagai salah satu fakultas tertua dan menjadi Leading Sector di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, pelaksanaan TSCS Berseri ini sangat concern dengan program pengembangan sumber daya manusia yang utuh khususnya untuk “Pendidikan Guru”. Untuk mewujudkan tujuan, Prof. Dr. Hairunas, Rektor sekaligus Keynote Speaker dalam kegiatan ini menggarisbawahi pentingnya para calon Guru bahkan akademisi untuk memiliki “inovasi, kreativitas dan integritas dalam pendidikan guru mencapai program pembangunan berkelanjutan, integrasi pengetahuan berbasis keislaman, pendidikan ekonomi dan wirausaha, pemanfaatan teknologi dalam pendidikan guru, penguatan aspek pedagogi”.

 

Selain di forum akademik yang terbuka dan dapat diikuti oleh para dosen, mahasiswa dan para pengambil kebijakan, hasil penyelenggaraan International Conference TSCS Seri ke-3 juga akan dipublikasikan dalam jurnal ilmiah terindeks. Sebagai akademisi yang concern dengan dunia pendidikan guru ini diharapkan bahwa “hasil karya akademik para dosen yang disajikan dalam konferensi ini dapat juga diakses dan disitasi oleh para pendidik maupun pengambil kebijakan. Hasil pemikiran oleh para narasumber dalam forum-forum akademik ini juga diharapkan memberikan manfaat bukan hanyak untuk Lembaga/Institusi Pendidikan di Indonesia namun juga ke universitas lain di Luar Negeri”, pungkas Zetri Rahmat.