web analytics

SENAT UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU MENERIMA KUNJUNGAN DARI INSTITUT KAJIAN MALAYSIA DAN ANTARABANGSA (IKMAS), UNIVERSITI KEBANGSAAN MALAYSIA

uin-suska.ac.id Untuk mencapai akreditasi perguruan tinggi yang unggul, maka penguatan kolaborasi dengan perguruan tinggi Luar Negeri menjadi satu tuntutan. Tanggung jawab dalam memajukan Lembaga bukan hanya pada pimpinan Lembaga Eksekutif kampus tetapi juga Senat Universitas sebagai Lembaga Legislatif. Ketua Senat UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Prof. Dr. H. Syamruddin, MA bersama Sekretaris dan Anggota Senat telah menerima kunjungan Dr. Haris Zuan, Felo Peneliti dari Institut Kajian Malaysia dan Antarabangsa (IKMAS), Universiti Kebangsaan Malaysia pada hari Rabu, tanggal 4 September 2024 di Ruang Rapat Senat Lantai 5 Rektorat. Dalam pengarahannya, Prof. Dr. H. Syamruddin, MA menyampaikan ucapan selamat datang dan rasa bahagia atas kunjungan Dr. Haris Zuan. Melalui pertemuan dan silaturahmi antar kedua Lembaga di Negeri Serumpun akan menjadi simbiosis Mutualisme terutama dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dr. Haris Zuan memulai presentasi dengan menampilkan profil Universiti Kebangsaan Malaysia dan dilanjutkan dengan memperkenalkan Institut Kajian Malaysia dan Antarabangsa (IKMAS) dan Ikatan Kajian Malaysia-Indonesia (IKMI) yang baru didirikan dibawah naungan IKMAS. Bentuk Kerjasama kedua institusi yang ditawarkan adalah peluang melanjutkan kuliah di Pascasarjana (S2 dan S3), IKMAS akan menyediakan aturan khusus bagi mahasiswa dari Indonesia, seperti pengecualian kelas Bahasa Melayu selama 2 semester untuk penulisan Tesis dan Disertasi dalam Bahasa Melayu, serta peluang mendapat bantuan penelitian melalui dana penelitian yang terdapat di IKMAS.  Dr. Haris Zuan juga menawarkan kerjasama penelitian dan penerbitan karya ilmiah antara Felo Peneliti IKMAS dengan dosen UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Kegiatan ini dihadiri oleh Prof. Edi Erwan, M.Sc, PhD (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama) dan Prof. Dr. H. Mas’ud Zein, M.Pd (Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan), Anggota Senat dan Katim Kerjasama.  Prof. Dr. H. Mas’ud Zein, M.Pd menyampaikan ucapan terima kasih dan mengajak Civitas Akademika UIN Sultan Syarif Kasim Riau agar peluang yang ada dimanfaatkan oleh para dosen dalam rangka meningkatkan kualitas SDM Unggul serta kolaborasi penelitian dan penerbitan sebagai usaha mewujudkan kampus Gemilang Terbilang. Anggota Senat UIN Sultan Syarif Kasim yang hadir juga terlihat antusias ketika dibuka sesi diskusi dan tanya jawab mengenai program yang ditawarkan oleh IKMAS, UKM. Pertemuan ditutup dengan tukar menukar cendera hati dan foto bersama.